Apakah Anda sering melupakan penataan sudut ruangan rumah Anda? Terkadang, sudut ruangan rumah atau pojok rumah kerap menjadi tempat yang kurang mendapat perhatian dan dibiarkan kosong begitu saja. Sehingga sudut ruangan rumah menjadi tempat yang cenderung kotor dan berdebu. Dalam artikel ini, CASA Indonesia akan memberitahu beberapa cara bagaimana memanfaatkan sudut ruangan di rumah Anda, dijamin bisa buat Anda semakin betah di rumah. Simak!


Tempatkan Rak Buku Pojok

memanfaatkan sudut ruangan

                                                        (Memanfaatkan sudut ruangan rumah. Foto: Dok. IKEA)




Apakah Anda suka membaca dan menyimpan banyak buku? Jika iya, Anda dapat memanfaatkan sudut ruangan rumah Anda untuk menempatkan rak buku. Selain untuk menyimpan koleksi buku, menempatkan rak buku pada sudut ruangan juga dapat Anda jadikan sebagai perpustakaan pribadi. 


Manfaatkan Sebagai Tempat Belajar atau Tempat Kerja

Memanfaatkan sudut ruangan

                              (Memanfaatkan sudut ruangan rumah. Foto: Dok. The Merry Thought / Pinterest)


Bagi Anda yang bekerja dari rumah atau remote working, Anda pasti ingin memiliki ruang kerja khusus untuk mendukung produktivitas Anda saat bekerja. Nah, sudut ruangan rumah yang kosong dapat Anda manfaatkan sebagai tempat bekerja. Tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai tempat bekerja saja, Anda juga bisa memanfaatkan sudut ruangan yang kosong sebagai tempat belajar anak. Jika area sudut ruangan Anda terbatas, Anda dapat menggunakan floating desk


Manfaatkan Sudut Ruangan Kamar Sebagai Area untuk Menggantung Pakaian


                                                        (Memanfaatkan sudut ruangan rumah. Foto: Dok. IKEA)


Apakah pakaian-pakaian Anda sering berantakan? Jika iya, Anda dapat memanfaatkan sudut ruangan kamar tidur sebagai area untuk menggantung pakaian. Letakkan rak pakaian gantung untuk menggantung pakaian-pakaian Anda. 


Memanfaatkan Sebagai Dinding Galeri

Memanfaatkan sudut ruangan

              (Memanfaatkan sudut ruangan rumah. Foto: Dok. Chaney Mix & Match Designs Company / Pinterest)


Daripada membiarkan dinding sudut ruangan terlihat kosong, Anda bisa memanfaatnya sebagai dinding galeri. Galeri foto di dinding merupakan salah satu cara terbaik untuk menciptkan titik fokal di dalam rumah. Anda dapat memajang beberapa foto, lukisan, quotes sesuai dengan kreatifitas. Sentuhan terakhir, tambahkan sofa sehingga membuat sudut ruangan ini menjadi tempat favorit untuk bersantai. 




Letakkan Tanaman Hias

memanfaatkan sudut ruangan

                                        (Memanfaatkan sudut ruangan rumah. Foto: Dok. Way Fair / Pinterest)


Memiliki jendela sudut terkadang membuat sebagian orang merasa kesulitan untuk mendekorasi area tersebut. Namun, Anda dapat memanfaatkan sudut ruangan tersebut dengan meletakkan tanaman hias dan kursi ayunan, sehingga Anda dapat memanfaatkan area tersebut menjadi tempat bersantai sembari membaca buku. Dijamin Anda akan semakin betah berada di rumah!


Letakkan Rak Gantung (Floating Shelves)

Memanfaatkan sudut ruangan

                                        (Memanfaatkan sudut ruangan rumah. Foto: Dok. Urban Billy)


Jika Anda memiliki ukuran area rumah yang terbatas, Anda dapat memanfaatkan sudut ruangan kecil dengan meletakkan rak gantung (floating shelves). Di atas rak gantung, Anda bisa meletakkan berbagai tanaman hias, foto-foto, atau dekorasi-dekorasi lainnya. 


Memanfaatkan Sebagai Area Bermain

Memanfaatkan sudut ruangan

 (Memanfaatkan sudut ruangan rumah. Foto: Dok. Jess @peacyparade / Instagram)


Jika Anda memiliki anak, Anda membutuhkan area bermain khusus anak di rumah. Alih-alih menciptakan ruang khusus bermain, Anda dapat menghemat ruang di rumah dengan memanfaatkan sudut ruangan menjadi area bermain anak. Anda dapat meletakkan rak untuk meletakkan buku atau mainan Si Kecil. Tambahkan dudukan sofa yang lembut, sehingga anak menjadi lebih nyaman saat bermain atau membaca buku. 


Itulah tujuh inspirasi memanfaatkan sudut ruangan yang bisa Anda coba di rumah. Semoga membantumu, ya!


Teaser : Photo by Huy Phan from Pexels