Seperti Indonesia, setiap kota di Jepang memiliki satu hasil bumi khas yang menjadi produk unggulan. Khusus di kota Shiojiri, Perfektur Nagano, produk tersebut ialah anggur.


Kota tersebut begitu terkenal akan produk anggurnya, dia bahkan mengklaim memiliki satu-satunya stasiun kereta Jepang yang dihiasi kebun anggur.







Stasiun kereta tersebut sengaja didesain untuk menarik perhatian pelancong dalam dan luar negeri ketika mengunjungi Shiojiri.


Baca juga: Suka Tanaman Hias? Wajib Punya 6 Alat Bertanam Ini


Di bawah pengawasan petani anggur Shiojiri, para relawan dan staf Japan Rail merawat kebun tersebut agar terjaga kualitasnya.




Anggur yang diproduksi Shiojiri memang sudah terkenal dengan kualitasnya di seantero Jepang. Salah satu hasil olahannya yakni wine Kikyohagara Merlot dapat dijual 10 ribu yen atau sekitar 13 juta rupiah per botolnya.






Anggur yang ditanam di stasiun merupakan varietas dari Red Merlot dan White Niagara yang akan dipanen pada musim gugur dan diproduksi menjadi Shinshu Wine.


Baca juga: Monumen Ikonis Jepang Terancam Hilang Akibat Covid-19


Setiap September, stasiun kereta Jepang unik ini juga sering menggelar acara Wine Bar untuk memamerkan wine Shiojiri di bawah naungan kebun anggur.




Pada acara tersebut, pengunjung yang membeli tiket kereta akan mendapatkan segelas wine asli Shiojiri. Sayangnya akibat pandemi COVID-19, masih belum jelas apakah acara tersebut akan tetap dilangsungkan.


Sumber: Inhabitat
Foto & Teaser: Twitter, Inhabitat