Inilah sosok di balik goresan cover majalah CASA Indonesia II/2020. Audhia Pramatha Putri, wanita muda yang sedang menimba ilmu di Bina Nusantara University jurusan DKV New Media ini memiliki kegemaran menumpahkan idenya melalui sebuah visualisasi.







Mencintai momen menggambar sejak TK, Audhi telah melahirkan beberapa karya berupa ilustrasi dengan medium cat air. Untuk mendapatkan inspirasi dalam berkarya ia hanya perlu untuk membayangkan sebuah kejadian atau apa yang ia inginkan, seperti ketika ia sedang menggambar makanan.




Walau masih berusia belia yaitu kelahiran tahun 1998, namun bukan berarti karyanya tidak bisa dinikmati oleh orang banyak. Karya-karyanya pun sudah pernah mendapatkan penghargaan hingga dipajang dalam sebuah Museum Kebangkitan Nasional di Jakarta.






Karya tersebut ialah sebuah ilustrasi sushi berjudul “Break Time, Sushi Time?” yang menggunakan media cat air dan terinspirasi oleh keinginannya untuk menikmati sushi sewaktu makan siang pada jam kerja. Hingga karya berjudul “Untangle” yang telah mendapatkan Merit Awards pada ASPac Indonesia 2019.




Berupa gambaran hewan laut yang mengangkat tentang isu lingkungan, dengan menggunakan bahan kain yang dililit oleh tali dan sedotan plastik, karya tersebut berhasil menjadi metafora dari sampah plastik yang seringkali menjerat hewan laut. Ia juga pernah menggambar ilustrasi berupa wajah pahlawan yang dipamerkan di salah satu ruangan Museum Kebangkitan Nasional pada Januari 2020 lalu.


Sumber foto + teaser: Dok. Audhia Pramatha