Pentingnya edukasi terhadap anak usia dini sudah menjadi sorotan bagi para orang tua di seluruh dunia. Banyak wadah yang disediakan untuk berimajinasi dengan beragam aktivitas yang mengasah kemampuan berkembang.







Playhouse Academy, sebuah preschool yang terletak di lantai 7, Palma Tower, Jakarta Selatan menjadi solusi terkini untuk pendidikan anak usia dini. Dengan mengedepankan kurikulum, fasilitas terbaik dan juga kebersihan, sekolah dengan luas kurang lebih 600 meter persegi ini menyediakan tiga ruang kelas, area playground, perpustakaan, loker, toilet dan multipurpose hall


Baca juga, Jika Sekolah Didesain Seperti Taman Bermain Anak




Terinspirasi oleh sekolah yang berada di Reggio Emilia, Italia, Monica Marthen (founder) dan Astrid HW-Levi (founder cum principal) mementingkan hal-hal yang mengedepankan nuansa natural dari segi desainnya.




Dengan menggandeng Kids Republik sebagai perancang interior dan built in furniture, keinginan tersebut mereka terapkan di dinding ruangan dengan kombinasi warna yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti solid wood berwarna cokelat dengan paduan hijau, biru, dan kuning untuk memancarkan kesan alami.


Baca juga, Sekolah Ini Mengeluarkan Ide Unik Selama Pandemi


Dinding di area utama juga sengaja dibuat melengkung guna menampilkan kesan dinamis dan bentuk yang aman untuk anak. 






Karena lingkungan merupakan guru ketiga setelah orang tua dan guru sendiri, lingkungan juga menjadi poin krusial bagi Playhouse Academy. Tidak hanya mendapatkan pelajaran konvensional, anak-anak di sini juga diajarkan untuk bertanggung jawab.




Mulai dari pergi ke toilet sendiri, menutup toilet, mencuci tangan, hingga membiasakan meletakkan sepatu di loker sebelum beraktivitas. Ketika bertelanjang kaki, anak-anak juga dapat melatih sensori dari tubuh mereka sendiri.


Baca juga, New Normal, Sekolah Ini Terapkan Physical Distancing


Fasilitas lainnya adalah kelas yang terbagi ke dalam tiga ruangan yang sudah dilengkapi dengan wastafel dan disesuaikan dengan usia anak. Variasi mainan dan aktivitas di dalamnya pun cukup beragam. Mulai dari mobil-mobilan, peralatan berjualan, dan alat kerajinan tangan menjadi medium yang dapat membantu tumbuh kembang anak.




Di area playground yang berbentuk seperti pohon, mereka dapat bermain slide, trampoline, dan kolam bola. Selain aktivitas dalam bentuk permainan, anak-anak juga bisa mengasah kemampuan mereka dalam bermain musik atau menari ballet sembari disaksikan para orang tua di dalam multipurpose hall yang telah disediakan.



Sumber foto + teaser: Dok. CASA Indonesia