Di tengah proses perancangan rumah, tanpa sengaja menemukan beberapa sudut rumah yang bingung ingin didesain menjadi ruangan apa. Kebingungan ini mungkin dikarenakan posisi ruang yang berada di sudut dan terletak pada angle yang tidak lazim. Bisa pula area ini dirasa terlalu kecil untuk diubah jadi satu area khusus.







Dengan sudut rumah minimalis yang tricky ini, tips desain apa sajakah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah area ini menjadi lebih fungsional?

Menjawab pertanyaan ini, yuk simak beberapa inspirasi desain yang disuguhkan oleh studio desain berbasis di Bandung, yaitu Interlook


1. Attic menjadi ruang kerja

Dengan langit-langit yang landai akibat bersambungan langsung dengan atap rumah, membuat Anda musti lebih kreatif untuk merancang ujung area attic ini. Salah satu idenya adalah menyulap sudut area ini menjadi ruang kerja pribadi yang kini kian esensial di masa pandemi serta musala kecil khusus untuk keluarga di rumah.




Baca juga, 5 Tips Mendesain Musholla untuk Rumah Minimalis


2. Area bawah tangga menjadi ruang TV

Solusi desain ini termasuk populer digunakan dalam memanfaatkan area di bawah tangga. Bagian bawah diberi kabinet built-in untuk penyimpanan sekaligus menempelkan TV. Dengan kabinet dan tangga menciptakan sudut berbentuk L, area ini bisa terasa lebih kasual dengan menaruh karpet bulat serta puff untuk bersantai sembari menonton drama favorit. 




Baca juga, Cerdas! 9 Desain Lemari Bawah Tangga Ini Sangat Efisien


3. Ruang tersisa di kamar tidur menjadi walk-in closet

Jika di tengah proses mengolah layout untuk kamar tidur menemukan space berlebih, Anda bisa memanfaatkannya menjadi walk-in closet. Ini terutama bagi yang memiliki banyak pakaian namun tidak ingin membuat kamar terasa sempit.



Baca juga, Cara Mudah Buat Rak Dinding Minimalis di Rumah


4. Teras mini menjadi area bersantai

Dengan sebuah hanging chair dan coffee table, Anda bisa merubah teras yang berukuran mungil menjadi sudut bersantai di taman belakang rumah. 






Baca juga, 10 Inspirasi Desain Teras Rumah Minimalis yang Teduh


5. Optimalkan dinding di pantry

Memiliki area pantry terbatas sehingga dirancang dalam bentuk sebaris di salah satu sudut rumah, bukan berarti Anda menyerah untuk memiliki dapur berestetika yang diimpikan. Rancang dinding menjadi tempat menaruh peralatan masak dengan menerapkan perforated wooden wall yang tak hanya praktis untuk menaruh peralatan makanan, tapi menyumbangkan visual manis di dapur rumah minimalis Anda.





Baca juga, 9 Inspirasi Rak Dinding Kecil Serba Guna untuk di Rumah


6. Sudut belakang rumah menjadi area jemuran

Belakang rumah yang kerap digunakan sebagai tempat menaruh mesin cuci serta peralatan bersih-bersih, bisa dioptimalkan menjadi tempat jemuran juga. Taruh rangkaian kerangka metal pada langit-langit serta sematkan tangkai jemuran versi lipat sehingga meningkatkan kapasitas jemuran di belakang rumah.




7. Ruang Tamu Mini

Sudut interior rumah minimalis begitu pula di apartemen bisa diubah menjadi ruang tamu bersifat lebih informal. Gunakan satu coffee table di tengahnya yang ditemani dengan rangkaian puff serta karpet yang fluffy untuk mengubah sudut rumah ini menjadi tempat jamuan kolega yang manis.








Sumber foto: Interlook