Keinginan klien akan kantor agency dengan interior bernuansa Jawa tidak semata-mata direalisasikan oleh Mastaka Studio lewat proyek terbarunya.


Di atas lahan seluas 125 meter persegi di kawasan Jakarta Selatan, perusahaan konsultan interior asal Jakarta itu juga mengunggah elemen interior bernuansa modern dan meramunya dengan elemen tradisional Jawa.







Hasilnya adalah nuansa natural khas tradisional Jawa yang tetap menguarkan semangat modern, cozy, dan stylish.


Baca juga: Bagus dan Keren! 8 Stool Terbaik versi CASA Indonesia


"Agar terlihat modern, unsur-unsur kebudayaan Jawa seperti batik dan wayang kami implementasikan pada media atau material yang mewakili kesan modern," ujar Principal Designer Mastaka Studio, Taufik Mulyaman.




Perpaduan tersebut langsung terasa pada lantai pertama kantor. Di ruangan tanpa sekat yang berfungsi sebagai resepsionis dan lounge untuk tamu dan karyawan, ikon-ikon tradisional Jawa terlihat gamblang.






Kombinasi elemen-elemen natural seperti kayu dan bata merah khas rumah-rumah tradisional Jawa berbaur dengan beton ekspos dan struktur besi bergaya industrial nan modern.


Baca juga: Seluas 17 M2! Rumah ini Berdiri di Tengah Kota Taiwan


Pada sisi kiri dari pintu masuk, hadir divider plat besi berpola batik kawung yang membatasi lounge dengan tangga menuju ruang manajer dan ruang staff di lantai dua.




Motif batik kawung juga hadir sebagai ornamen elegan yang menduduki wall treatment kayu horizontal dan melatari meja resepsionis. Motif yang sama juga digunakan sebagai ceiling ornament pada ruang direktur.


Bagi Mastaka Studio, motif batik kawung sengaja dipilih sebagai tema besar interior karena pola geometrisnya terkesan lebih modern dibanding batik lainnya.




"Selain itu, makna filosofis di dalam (motif batik kawung) juga mencerminkan pemimpin yang mampu mengendalikan hati dan perilakunya, serta melambangkan keperkasaan dan keadilan," tutup Taufik.


Fotografi oleh Joko Raditya & Taufan Dermawan, Courtesy of Mastaka Studio & HLZR
Desain Interior oleh Taufik Mulyaman (Mastaka Studio)
Kontraktor oleh HLZR