Di atas perbukitan New Santa Barbara, Spanyol yang menghadap langsung ke Laut Mediterania yang hangat, berdiri rumah dengan struktur besi hijau ekspos yang menarik perhatian.


Rumah seluas 230 meter persegi tersebut merupakan karya dari studio desain multidisiplin asal Inggris Space Popular yang berkolaborasi dengan biro arsitek lokal Estudio Alberto Burgos & Javier Cortina Maruenda.







Umumnya, struktur konstruksi disembunyikan di balik dinding atau ceiling. Namun di tangan Lara Lesmes dan Fredrik Hellberg, founder dari Space Popular, rangka besi berukuran 10x10 sentimeter tersebut jumawa, menegaskan konsep rumah yang sederhana namun efektif menjawab rumitnya regulasi properti di Spanyol.


Baca juga: Yuk, Intip Inspirasi Memanfaatkan Sudut Ruangan Rumah


Lewat rangka besi dengan grid berdimensi 9 meter kubik, massa bangunan bisa diatur sesuai keinginan dengan mengisi grid-grid tersebut menjadi ruangan. Regulasi Licencia de Obra Mayor yang mengatur renovasi berskala besar di Spanyol membuat hunian sulit 'tumbuh' lagi setelah selesai dibangun. Maka itu, grid yang kosong lalu bisa dimanfaatkan oleh penghuni sebagai awning untuk melebarkan area teduh pada hunian.




"Mereka menginginkan rumah yang berbeda tetapi tetap memenuhi ekspektasi sebagai rumah tinggal berukuran medium," ujar Lara & Fredrik menjelaskan keinginan kliennya pengembang properti suburban di Valencia. "Kami menawarkan sistem grid di mana mereka bisa menciptakan konfigurasi berbeda pada tiap hunian, menghindari replikasi tetapi tetap menjaga level standarisasi."






Dari segi estetika, warna hijau dipilih karena dapat berbaur dengan vegetasi sekitar, terlihat lebih hidup jika terpapar sinar matahari, rangka yang tersisa juga dapat menjadi elemen keberlanjutan antara interior dan eksterior.


Baca juga: Tips Ubah Sudut Rumah Minimalis Jadi Lebih Fungsional


Hijau lalu menjadi elemen dominan yang turut tampil pada kusen pintu dan jendela lebar untuk sinar matahari masuk. Rumah tetap berparas teduh meski tanpa kehadiran pohon-pohon rimbun yang menaungi. Masuk ke interior, langit-langit lengkung yang diciptakan melalui susunan half-offset bata merah saling melekat meski hanya menggunakan gesso sebagai perekat awal.




Guastavino vault namanya, menjadi salah satu keajaiban arsitektur kuno Catalonia yang masih diaplikasikan hingga saat ini.


Keajaiban arsitektur itu lalu digunakan untuk membangun tangga yang berada tepat di tengah-tengah massa bangunan. Lara & Fredrik memang enggan menciptakan rumah dengan koridor.




Tangga rumah lantas menjadi penghubung antara grid-grid yang menjadi ruangan dengan tingkat privasi berbeda di sekitarnya. Di setiap ruangan, furnitur modern dengan warna pastel dari merk furnitur lokal Spanyol, Teulat mengisi sudut-sudut lalu menyempurnakan hunian berparas teduh ini.


Foto & Teaser: Mariela Apollonio
Arsitektur oleh Space Popular, Estudio Alberto Burgos & Javier Cortina Maruenda