Biro arsitek berbasis Tiongkok, 100architects telah memperkenalkan proyek "high loop" yaitu sebuah proposal intervensi perkotaan untuk merenovasi jembatan pejalan kaki di Puji Road, Shanghai.







Baca juga, Arsitek Jadi Gampang Presentasi ke Klien Saat Pakai Ini


Jembatan ikonik yang telah dibangun diatas sungai Suzhou pada tahun 1997 ini menghubungkan distrik Jing'an dan Zhabei. Jembatan ini sendiri telah melakukan renovasi pada tahun 2009 lalu, yaitu dengan adanya penambahan akses kendaraan kecil seperti sepeda dan skuter yang membantu meningkatkan konektivitas perkotaan.




Baca juga, Kembali Berulah, Banksy Hias Kereta Untuk Respon Covid


Memiliki panjang lebih dari satu kilometer, jembatan ini juga menjadi pemandangan mencolok yang menjadi representatif kota. Namun, untuk saat ini hal itu diremehkan karena jembatan ini masih menyembunyikan keunikan dan potensi luar biasanya di perkotaan.






Oleh karena itu, 100architects memiliki tujuan untuk merenovasi jembatan menjadi sebuah taman yang dapat menghubungkan dua distrik dan memiliki pengalaman unik melalui salah satu daerah terpadat di Shanghai.


Baca juga, Otopet Bisa Jadi Alternatif Transportasi Modis Anda




Konsep renovasinya adalah memberikan warna-warna berani dan cerah yang mengubah jembatan layang ini memiliki sirkulasi yang berbeda dengan warna.

Beragam aktivitas pun memiliki jalurnya masing-masing, seperti jalur berliku diberikan warna magenta guna memperlambat sirkulasi pejalan kaki. Lingkaran kontras yang mendorong pejalan kaki untuk melambat untuk menikmati perjalanan dan pemandangan, serta warna lainnya.


Sumber foto + teaser: Designboom