Siapa bilang jika keramik hanya bisa digunakan untuk lantai saja? Ternyata, keramik juga bisa digunakan sebagai salah satu elemen dekor ruangan. Selain itu, penggunaan keramik sebagai dinding juga dapat menghadirkan nuansa baru ke dalam ruangan. Jika Anda tertarik untuk memadupadankan keramik aneka warna dan corak, intip inspirasinya di bawah ini!


Menggunakan keramik aneka warna dan corak untuk tangga

Menggunakan keramik aneka warna dan corak untuk tangga

                                                                               (Foto: Dok. La Fuente Import / Pinterest)




Untuk menghadirkan nuansa ruangan yang unik dan berbeda, Anda bisa menggunakan keramik aneka corak dan warna pada anak tangga. Akan tetapi, jika rumah Anda mengusung konsep minimalis, Anda tetap bisa menerapkan ide ini dengan menggunakan keramik satu warna senada, misalnya monokrom, dengan dua corak keramik yang berbeda. 


Satu tipe keramik, tetapi menekankan pada permainan warna dan layout

Satu tipe keramik, tetapi menekankan pada permainan warna dan layout

                                                       (Foto: @gaelleleboulicautpics / @Vogueliving)


Agar ruangan terlihat lebih estetik, Anda bisa menerapkan ide ini. Anda hanya perlu menggunakan tipe keramik yang sama. Tentukan palet warnanya, dan pilih mana yang akan menjadi warna dominan dan mana yang akan menjadi aksen. Setelah itu, tata keramik-keramik tersebut sesuai dengan palet warna yang sudah ditentukan. 


Memadupadankan antara keramik dengan wallpaper

Memadupadankan antara keramik dengan wallpaper

                                                   (Foto: @christoffer_regild_photography / @Vogueliving)


Keramik juga bisa Anda padupadankan dengan wallpaper bermotif. Pilih keramik dengan warna yang match dengan wallpaper, sehingga menghasilkan ruangan yang unik dan indah. 


All-white

All-white

                                                (Foto: Prue Ruscoe (@prueruscoe) Arsitek: cm Studio (@cmstudio)


Ide padu padan keramik lainnya yang bisa Anda terapkan ke dalam hunian Anda adalah menggunakan keramik berwarna putih pada seluruh ruangan. Ide ini akan memberikan kesan ruangan yang bersih dan luas. Tambahkan furnitur kayu untuk memberi kesan hangat pada ruangan. 


Menggunakan keramik bercorak untuk dinding

Menggunakan keramik bercorak untuk dinding

                                                                                        (Foto: Dok. CASA Indonesia)


Jika Anda ingin menciptakan ruangan dengan desain yang unik, Anda bisa menggunakan keramik bercorak pada dinding ruangan, seperti pada gambar di atas. Tipnya, pilihlah skema warna yang berkomplemen terhadap satu sama lain. Jika Anda memiliki beragam ide, tetap pada satu gaya agar mempermudah mengemukakan desain yang selaras. 


Keramik motif sebagai wastafel

Keramik motif sebagai wastafel

                                                                            (Foto: Center of Decor / Pinterest)




Selain dapat digunakan untuk dinding dan lantai, keramik juga bisa Anda gunakan untuk menghias wastafel. Anda dapat memanfaatkan sisa keramik dinding dan lantai, sehingga Anda tidak perlu membeli wastafel mahal. Namun, jika Anda memiliki budget yang berlebih, Anda bisa membeli wastafel keramik dengan warna dan corak yang menarik. 


Mengaplikasikan keramik satu warna dengan corak yang berbeda

Mengaplikasikan keramik satu warna dengan corak yang berbeda

                                        (Foto: Dok. Newtonceramic Tileboutique (@newtonceramic_tileboutique)


Menggunakan dua corak keramik berbeda dalam satu ruangan? Tentu saja bisa! Anda dapat memilih dua corak keramik berbeda yang memiliki warna senada untuk diaplikasikan dalam satu ruangan. Pilih warna yang tidak terlalu mencolok, sehingga dapat menjadi aksen menawan di dalam rumah. 


Menggunakan keramik dengan warna dan tipe yang berbeda

Menggunakan keramik dengan warna dan tipe yang berbeda

                    (Foto: Derek Swalwell ( @derek_swalwell ) Arsitek: Doherty Design Studio ( @dohertydesignstudio ) )


Ingin menciptakan kamar mandi yang lebih estetik dan menarik? Anda dapat mengkreasikan keramik dengan warna dan ukuran berbeda untuk memisahkan area basah dan kering di kamar mandi. 


Pada area basah yang seringkali dilengkapi bathtub ataupun shower head dapat menerapkan keramik dengan ukuran kecil pada sebagian lantai dan dinding, karena cenderung akan tahan air. Sementara itu, pada area kering, Anda dapat menerapkan keramik dengan ukuran yang lebih besar pada sebagian lantai dan dinding lainnya. Pastikan Anda memperhatikan kombinasi kedua warna keramik tersebut, agar menghasilkan kesan menarik. 


Mengombinasikan keramik dengan beton ekspos

Mengkombinasikan keramik dengan beton ekspos

                                                                (Foto: Manoj Sudhakaran Arsitektur: ma+rs)


Menciptakan desain kamar mandi yang segar dan relax dapat dilakukan dengan membuat bukaan yang lebar agar pencahayaan dan udara alami dapat masuk secara leluasa. Selain itu, mengkombinasikan antara keramik motif timur tengah dengan beton ekspos dapat menciptakan suasana baru dan berbeda bagi kamar mandi. 


Meletakkan keramik dengan pola chevron

Meletakkan keramik dengan pola chevron

                                    (Foto: Sandra Rojo (@sandrarojo) Desain Interior: Noé Prades (@noeprades_studio))


Anda dapat mengeksplorasi peletakan keramik untuk menciptakan kesan yang unik. Semisal, keramik persegi panjang pada dinding bisa dipasang dengan pola chevron. Jangan potong rata sisi atas keramik, biarkan pola zigzag menjadi keunikan pada kamar mandi Anda. Kombinasikan dengan keramik heksagon pada lantai dan pilih warna yang senada dengan cat dinding seperti warna kuning yang menyegarkan.


Teaser: Desainer Interior: Dan Gayfer Design / Instagram @casaindonesia)