Di tengah situasi yang membuat mood terasa tidak karuan, kehadiran sebuah ruang publk terbuka dengan area hijau yang luas di kawasan jadi sebuah alternatif untuk melepas penat sembari menikmati teduhnya suasana sekitar yang nyaman. Bagi Anda yang memang sedang merasa bosan, namun khawatir ke luar rumah karena sulit untuk menghindari kontak dari banyak orang, salah satu tempat di BSD ini bisa jadi destinasi Anda di masa pandemi ini.




Salah satu destinasi hangout terbaru ini bernama Kumulo. Kumulo merupakan sebuah creative compound dengan tema outdoor yang menampung 25 micro-shops. 25 tenants yang mengisi Kumulo ini hadir dari latar belakang bisnis yang beragam, seperti food & beverages, home décor, serta beauty and wellness.


5 Fakta Menarik Sebelum Berkunjung ke Kumulo di BSD


Berlokasi di The Breeze BSD City, Kumulo yang dirancang oleh Accossa Lab dan Dua Studio memanfaatkan dengan baik area terbuka di lokasi tersebut. Tidak hanya sekadar jadi sebuah one stop entertainment, keberadaan Kumulo sebagai sebuah creative compound juga memiliki harapan untuk dapat mengembangkan industri kreatif lokal bersama-sama.


Baca juga: Wow, Hotel Terbaik di Dunia ini Ada di Indonesia!


Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi Kumulo yang sedang dalam masa trial run, berikut adalah lima fakta menarik yang perlu Anda ketahui.


1. Bangunan yang berjarak


5 Fakta Menarik Sebelum Berkunjung ke Kumulo di BSD


Jika sering melihat area one stop entertainment dengan toko yang saling berdekatan satu sama lain, spot para tenants di Kumulo didesain dengan berjarak. Menurut Albert Arron Pramono selaku founder Accossa Lab, desain berjarak antara satu bangunan dan yang lainnya ini memberi kemudahan untuk para tenants dalam menghadirkan karakter masing-masing di setiap konsep toko yang ada.


2. Jadi tempat kumpulnya orang-orang kreatif


5 Fakta Menarik Sebelum Berkunjung ke Kumulo di BSD


Berada di lahan terbuka hijau yang luas, Kumulo juga bisa jadi destinasi Anda untuk mengajak teman-teman atau komunitas kreatif berkumpul bersama . Suasana yang teduh serta ekosistem kreatif yang mendukung, membuat kumulo jadi destinasi yang tepat untuk menggali potensi serta inspirasi untuk berkreasi. 




Baca juga: Seperti Bangunan Kuno! Ternyata Tempat Ini Sebuah Kafe


3. Bangunan modular hampir tidak berpondasi


5 Fakta Menarik Sebelum Berkunjung ke Kumulo di BSD


Accossa menggunakan bangunan prefab atau bangunan temporer untuk kebutuhan toko para tenants di Kumulo. Pemilihan bangunan modular prefab didasari dari efesiensi biaya yang digunakan, sustainability, serta kemudahan dalam merancang bentuknya yang unik. Keunikan ini juga jadi daya tarik tersendiri agar para tenants dan pengunjung dapat memahami karakteristik dari setiap store yang ada. Dengan menggunakan konsep modular, bangunan yang didirikan tidak perlu membutuhkan area yang dalam untuk membuat pondasi, sehingga tidak merusak kondisi tanah existing.

4. Creative Community Pertama di BSD


5 Fakta Menarik Sebelum Berkunjung ke Kumulo di BSD


Kehadiran Kumulo juga merupakan sebuah penanda keberadaan creative community pertama di BSD yang mewadahi dan mendukung perkembangan pelaku ekonomi kreatif, UMKM, dan start up di BSD. Kumulo juga memiliki community area yang menawarkan ruang untuk para tenants dapat menginisiasi showcase yang kolaboratif.


Baca juga: Cafe Instagrammable dengan Kaws Raksasa, Hanya di Sini!


5. Tempat hangout ramah untuk bersepeda


paulushyu


Selain sebagai tempat berkumpulnya komunitas kreatif dan start up di industri kreatif, Kumulo juga jadi tempat favorit untuk orang lain berkumpul melakukan hal yang digemari. Di Kumulo sendiri, Anda yang memiliki sepeda atau skuter dapat membawanya ke dalam area hingga ke depan toko. Selain itu, Anda juga dapat mengajak hewan peliharaan kesayangan seperti anjing untuk mengitari Kumulo sesuai dengan regulasi yang ada.


Foto teaser: dok. Adoel Sohib

Konten foto: dok. Kumulo & Accossa Lab