Berawal dari model bisnis berskala menengah yang menawarkan oleh-oleh serta sajian pempek khas Palembang di Jambi, Pempek Selamat kini telah menjadi salah satu nama besar dalam dunia kuliner Tanah Air. Sejak tahun 2000, gerainya sudah tersebar di Pulau Sumatera dan saat ini telah hadir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan sebagai gerai ke-12.


Rahasia Bisnis Makan Pempek dengan Gaya Kekinian




Brand Selamat sendiri merupakan kata yang diambil dari nama keluarga Marcel Selamat, generasi kedua dari keluarga tersebut dan direktur dari Pempek Selamat. Pertama kali dioperasikan oleh generasi sebelumnya, restoran pempek ini terbilang revolusioner saat pertama kali hadir di Jambi.


Baca juga: Cuma Ada 300 Di Dunia! Buku Eksklusif Karya Eko Nugroho


Rahasia Bisnis Makan Pempek dengan Gaya Kekinian


Pempek Selamat menjadi restoran pempek pertama dengan menghadirkan konsep restoran modern yang menawarkan servis serta kenyamanan maksimal bagi para pelanggannya di sana. Ide tersebut lahir untuk menjadi yang berbeda di kala hampir semua resto yang menghidangkan sajian tersebut masih memiliki presence lokal yang kental.


Rahasia Bisnis Makan Pempek dengan Gaya Kekinian


Dalam pencarian resepnya, proses yang dijalani keluarga ini penuh dengan dinamika. Marcel bercerita mengenai ubahan kuantitas bumbu yang berapa kali dijalani untuk mendapatkan cita rasa khas yang juga dapat dinikmati oleh kebanyakan orang di Indonesia. Untuk menjaga agar kualitasnya tetap terjaga, di tahun 2005 Pempek Selamat memiliki pabrik di Jambi yang menghasilkan pempek hingga 40.000 pieces per harinya dan hanya disuplai untuk outlet-nya sendiri.


Baca juga: Atasi Rindu Makan Di Luar Dengan 5 Frozen Food Ini


Rahasia Bisnis Makan Pempek dengan Gaya Kekinian




Marcel Selamat memaparkan perihal alasan mengapa dirinya lebih tertarik untuk melanjutkan bisnis keluarga dibanding memilih melahirkan brand baru yang menyesuaikan dengan personalnya. Menurut Marcel mengembangkan bisnis keluarga untuk menjadi lebih kreatif dan agresif dari sebelumnya merupakan sebuah tantangan yang menarik. Baginya, untuk mempertahankan sebuah nama yang dipupuk dan dikembangkan hingga saat ini menghadirkan rasa bangga yang tak terhingga. Selain itu, alasan lain hadirnya Pempek Selamat di Jakarta pun menurutnya karena ia yakin kalau brand yang digawanginya saat ini memiliki potensi untuk menjadi lebih besar.


Rahasia Bisnis Makan Pempek dengan Gaya Kekinian


Meskipun membawa nama yang sama, Pempek Selamat yang hadir pertama kali di Jakarta di akhir tahun 2019 lalu ini menawarkan beberapa hal berbeda. Pertama adalah logo dan tipografi dari nama restonya sendiri. Typeface yang dipilih membuat nama restoran ini menjadi terkesan kekinian dengan tetap menghadirkan nuansa retro yang menggambarkan sejarah restoran yang dimulai dari Jambi.


Rahasia Bisnis Makan Pempek dengan Gaya Kekinian


Khusus untuk gerai yang berada di Kemang ini, Pempek Selamat menggandeng Bitte Design Studio untuk merancang interiornya. Interior gerai Pempek Selamat pertama yang ada di Pulau Jawa ini didesain untuk menghadirkan atmosfer yang elegan. Hal tersebut terlihat dari pemilihan warna cokelat yang mendominasi serta gaya resto yang menyerupai restoran khas New York dengan sedikit elemen modern tropis di dining area yang ada di bagian belakang.


Baca juga: 100architects Merenovasi Jembatan Ikonik di Shanghai


Rahasia Bisnis Makan Pempek dengan Gaya Kekinian


Hadir dengan presentasi mewah, setiap sajian yang ditawarkan Pempek Selamat masih berada di range harga yang kompetitif dan terjangkau. Hidangan andalan seperti pempek lengger dan kapal selam menjadi menu favorit berkat rasa yang otentik dan porsi yang cukup memuaskan. Asam jawa menjadi bahan utama dalam racikan cuko agar nyaman di lambung para penikmatnya.


Foto Profil; Eddy Sofyan / CASA Indonesia

Foto F&B: dok. Her World Indonesia

Foto Interior & Eksterior: dok. Fostive Visual