Pertama kali jatuh cinta pada dunia arsitektur di akhir masa kuliah, Rida Sobana paham betul jika ilmu arsitekturnya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Menurutnya di dalam ilmu arsitektur ada strategi atau pakem khusus yang harus diterapkan, namun apa yang dilakukan nantinya memiliki potensi desain yang tidak terbatas. 


Rida Sobana Bicara Tentang Potensi Arsitektur Nusantara




Kini, pria yang menjabat sebagai direktur untuk DP Architects, firma arsitektur asal Singapura tersebut terus menjalani passion yang sangat digemarinya. Selama 25 tahun berkarya sebagai seorang arsitek, Rida Sobana banyak melihat perkembangan arsitektur di berbagai belahan dunia.


Baca juga: Kenali Sosok yang Merestorasi Lukisan Raden Saleh ini!


Rida Sobana Bicara Tentang Potensi Arsitektur Nusantara


Di Asia Tenggara misal, menurut pengalamannya, kawasan ini memiliki keunikan dan ruang yang dinamis untuk mengaplikasikan ragam praktik arsitektur berdasarkan budaya dan kondisi socio-economics-nya. Permintaan yang bervariasi juga melahirkan pendekatan baru untuk diterapkan pada setiap proyek arsitektur yang dikerjakan. 


Rida Sobana Bicara Tentang Potensi Arsitektur Nusantara




Menurut pandangannya, para praktisi di Indonesia kerap kali mengandalkan material daur ulang sebagai cara dalam menjaga lingkungan agar tetap sustainable. Sedangkan di Singapura, untuk mengatasi persoalan climate change, para praktisinya memilih untuk menggunakan pendekatan smart technology. Meskipun berbeda, setiap pendekatan yang diambil pun akan berguna sebagai informasi untuk disalurkan kepada client guna meningkatkan kewaspadaan serta berupaya meminimalisasi krisis lingkungan yang seiring waktu terus berjalan.


Rida Sobana Bicara Tentang Potensi Arsitektur Nusantara


Sebagai seorang direktur, pria yang merancang Alun-Alun Bandung ini pun bertugas mengawasi jalannya segala proyek skala besar yang sedang dikembangkan di Indonesia dan juga wilayah Asia Tenggara lainnya. Proyek-proyek hasil tangan dinginnya di antaranya meliputi Central Park di Jakarta, Sengkang Health Campus dan Our Tampines Hub di Singapura, RMZ Ecoworld di India, serta The Dubai Mall di Uni Emirat Arab.


Baca juga: Temukan 10 Inspirasi Desain Rumah di Lahan Terbatas Ini


Rida Sobana Bicara Tentang Potensi Arsitektur Nusantara


Selain itu, Rida Sobana pun tetap memberi arahan serta bimbingan untuk para talenta yang tergabung di DP Architects agar dapat memaksimalkan potensi keahliannya di bidang desain serta business development & sustainability. Untuk proyek yang sedang berlangsung, Rida Sobana kini sedang bertugas mengawasi jalannya pembangunan Collins Boulevard, Arumaya Residence, dan Menara Syariah at PIK 2 yang semuanya berlokasi di Jakarta.


Sumber foto: dok. DP Architects