[email protected], sebuah figur boneka beruang yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Keluar dengan beragam ukuran, warna serta keunikannya masing-masing. Figur ini seringkali diminati oleh para kolektornya dari seluruh penjuru dunia. Tapi tahukah Anda, bahwa di balik ketenarannya, [email protected] juga memiliki fakta-fakta yang harus diketahui saat hendak membelinya.


Pertama kali diluncurkan pada 2001



Gq


[email protected], figur yang dirancang dan di produksi oleh perusahaan asal Jepang yang terkenal dengan plastic figurines, Medicom Toy. Pertama kali dirilis pada 27 Mei 2001 sebagai hadiah gratis kepada para peserta World Character Convention in Tokyo. Saat itu boneka beruang ini tampil berwarna putih sederhana yang hanya menampilkan logo [email protected] dengan ukuran 70 mm (100%). 

Medicom Toy’s “Linus” [email protected] 1000%, 400%, 100%


Figur boneka ini sendiri terdiri dari sembilan bagian, kepala, dada, pinggul, lengan, tangan, kaki dengan sambungan yang dapat bergerak. Oleh karena itu, [email protected] disebut sebagai anthropomorphized bear karena kemiripannya dengan manusia. 


Memiliki beragam ukuran dengan fungsi masing-masing

Hypebeast


Pertama kali keluar dengan ukuran 100% atau 70 mm yang sekarang menjadi ukuran umum figur ini. Tetapi secara keseluruhan, [email protected] memiliki ukuran berkisar antara 50% hinga 1000% yang tentunya memiliki fungsi masing-masing di setiap ukurannya, seperti:


JAM HOME MADE x Medicom Toy Bearbrick 50% / Hypebeast


50% (35mm) - [email protected] ini biasanya dirilis dalam bentuk gantungan kunci

70% (50mm) - Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2006, yang ditujukan sebagai barang koleksi. Sejak saat itu pula, banyak yang memakai fomat ini sebagai bentuk dari lucky charm. Untuk menanggapi hal ini Medicom pun merilis 70% [email protected] yang dihiasi dengan label menguntungkan yang dapat disesuaikan.

The Staple x atmos Bearbrick 100%, 400% / Hypebeast




100% (70mm) - Menjadi format paling klasik dan umum yang tersedia dalam blind boxes

200% (145mm) - Format yang relatif lebih baru dan hanya dirilis dalam seri "Chogokin" dan terbuat dari die-cast metal dengan berat 400g

 400% [email protected] Royal Selangor Arabesque Magic / Royal Selangor


400% (280mm) - Format paling umum kedua yang biasanya dipilih oleh para kolektor saat membeli [email protected]

1000% (700mm) - Menjadi ukuran [email protected] reguler terbesar yang biasanya dijadikan cadangan sebagai koleksi patung.


Hadir dengan seri dan tipe yang berbeda

Gq


Semua rilis [email protected] dapat dikategorikan ke dalam seri dan tipe. Setiap tahunnya, masing-masing seri dirilis pada musim panas atau musim dingin dan setiap seri ini di berikan nomor urut dari empat jenis yang berbeda. Jenis ini terdiri dari basic, standard, artist, dan secret, desain tanpa pemberitahuan yang mungkin bisa menjadi hasil dari desain kolaboratif. 




Semua [email protected] adalah edisi terbatas yang jarang dirilis ulang. Semua seri ini diletakkan didalam blind boxes yang setiap kotaknya hanya berisikan satu gambar, jadi selamat mencari!


Sumber teaser: Gq