Siapa yang merasa pusing saat memikirkan beragam fasilitas yang perlu dipersiapkan demi menunjang perkembangan anak?

Idealnya, orang tua pasti ingin memberikan area yang cukup untuk anak-anak bermain, istirahat, sekaligus belajar saat di rumah. Terutama dengan situasi masa kini yang membuat hampir 100% kehidupan sehari-hari sang anak dihabiskan hanya di rumah demi keamanan serta kesehatannya.






Namun, apa mungkin memiliki area untuk bermain, tidur, dan belajar bagi anak di rumah? Pertanyaan ini tentu semakin membuat pusing bagi Anda yang tinggal di lahan terbatas.

Solusi yang bisa dilakukan adalah penerapan set furnitur yang dapat berubah sesuai dengan kebutuhan. Ini dapat Anda terapkan di kamar tidur anak sehingga ruang ini bisa bersifat fleksibel tanpa takut merasa sempit.


Fleksibel dan Anti Sempit! Solusi Jitu Kamar Tidur Anak / Clei 2

Cabrio In


Dengan memiliki area khusus untuk sang anak seperti ini, dapat membantu membangun kemandirian bagi si buah hati karena membuat mereka merasa memiliki sebuah area khusus yang harus mereka jaga sedemikian rupa.


Baca juga, Bikin Betah! Yuk Simak 10 Tips Desain Kamar Tidur Anak


Fleksibel dan Anti Sempit! Solusi Jitu Kamar Tidur Anak / Clei 3

Fleksibel dan Anti Sempit! Solusi Jitu Kamar Tidur Anak / Clei 4

Transformasi produk Cabrio In dari meja belajar menjadi tempat tidur


Selain itu, dengan furnitur yang bisa berubah sesuai dengan kegiatan yang perlu dilakukan (contoh, meja belajar saat jam belajar dan tempat tidur untuk istirahat di malam hari) secara tak langsung mengajarkan disiplin penggunaan waktu pada anak.






Kamar tidur anak yang fleksibel dan anti sempit dapat diciptakan menggunakan set furnitur yang mudah berubah seperti halnya rangkaian produk yang diperkenalkan oleh Clei. Namun, sebelum menentukan furnitur, ada baiknya memperhatikan dahulu konteks ruang serta fungsi akan bagaimana kamar tidur anak ini digunakan.


Tipe ruang luas memanjang

Untuk bentuk ruang seperti ini, sistem Kali Board dalam seri produk Ambiente Young 01 bisa diterapkan karena mengombinasikan kamar tidur dan ruang belajar. Panel dinding yang menempel pada meja dapat diturunkan dan berubah menjadi tempat tidur dengan panjang kurang lebih 2 meter. Permukaan meja pun terlipat dan beralih fungsi menjadi kaki tempat tidur.


Fleksibel dan Anti Sempit! Solusi Jitu Kamar Tidur Anak / Clei 5

Kali Board


Baca juga, Tips Merancang Kamar Tidur Anak Agar Tidur Nyenyak


2-3 orang anak menggunakan 1 kamar

Dengan adanya lebih dari satu orang anak yang menggunakan kamar, solusi yang kerap dilakukan adalah menggunakan bunk bed. Tempat tidur tipe ternyata bisa bertransformasi menjadi meja belajar seperti yang disajikan oleh produk Kali Due Board. Jika terdapat 3 orang anak yang akan tidur di kamar ini, Anda bisa menambahkan sofa seperti Altea Sofa yang saat dibuka lipatannya dapat digunakan sebagai kasur tidur.


Fleksibel dan Anti Sempit! Solusi Jitu Kamar Tidur Anak / Clei 6

Kali Duo Board


Baca juga, 20 Tempat Tidur Tingkat Untuk Solusi Kamar Tidur Kecil


Solusi selain bunk bed

Bagi Anda yang menginginkan kamar tidur anak tanpa bunk bed, padu padan produk Altea Sofa dan Cabrio In bisa menjadi solusinya. Kedua produk bisa menyediakan tempat tidur bagi dua orang anak dalam satu kamar tanpa khawatir saat harus naik dan turun tangga seperti halnya pada bunk bed. Area bermain dan belajar dengan mudah tersedia di kamar saat kedua produk dilipat merapat ke dinding.


Fleksibel dan Anti Sempit! Solusi Jitu Kamar Tidur Anak / Clei 7

Altea Sofa (Kiri) & Cabrio In (Kanan)




Sumber foto: Clei