Bata merah merupakan material bangunan yang cukup digemari di lingkungan beriklim tropis. Selain relatif murah, bata merah juga kuat dan dapat memberikan rasa sejuk untuk bagian dalam rumah.


Di Teheran, studio Hooba Design Group mengaplikasikan bata merah secara unik. Mereka merancang gedung perkantoran yang 100% menggunakan bata merah.




Keputusan tersebut tidak muncul tiba-tiba. Karena kliennya sendiri merupakan produsen bata, Hooba Design Group memutuskan untuk menggunakan produk kliennya sebagai material utama bangunan.


Baca juga: Temukan 10 Inspirasi Desain Rumah di Lahan Terbatas Ini


Mereka coba menembus batasan penciptaan material bata merah, salah satunya melalui spectacle brick, bata dengan lubang di tengahnya untuk diaplikasikan sebagai jendela.






Teheran dicatat sebagai salah satu kota dengan polusi tertinggi di dunia. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa Hooba Design Group menggunakan bata.




"Bata menyerap polusi udara dan debu lebih sedikit ketika digunakan dalam jangka waktu yang panjang," ujar pendiri Hooba Design Group Hooman Balazadeh.




"Jika digunakan sebagai solusi bersama di berbagai titik di Teheran, strategi ini dapat menurunkan angka polusi kota secara keseluruhan," tutupnya.


Sumber: Frameweb
Foto & teaser: Hooba Design Group