Saat stres atau merasa suntuk, menikmati pemandangan hijau dari alam merupakan obat terbaik yang bisa dimiliki manusia. Asupan vitamin H atau hijau ini dengan mudah bisa mengendurkan semua saraf-saraf otak yang tegang akibat pekerjaan atau kesibukan sehari-hari.


Namun, apa ini tandanya harus segera melaksanakan rencana travelling yang tertunda akibat pandemi?







Tanpa harus travelling, Anda bisa menikmati pemandangan menyegarkan dari alam saat berada di rumah. Caranya adalah dengan menambah sentuhan sederhana untuk area outdoor di rumah dengan furnitur maupun elemen desain yang cantik. 


Baca juga, 10 Taman Mungil dan Minimalis Sesuai Karakter Anda


Baik yang memiliki halaman rumah yang luas maupun dengan luasan terbatas, tips-tips dari desainer Katharine Pooley berikut ini bisa diterapkan sesuai dengan kegemaran dan tipe rumah modern Anda. Apa sajakah tips yang bisa Anda terapkan di halaman rumah modern sehingga menjadi lebih cantik?



1. Ganti peralatan makan saat bersantap di area outdoor

Sesekali Anda bisa mengadakan sesi brunch di halaman rumah dan tentunya ini perlu ditemani dengan rangkaian peralatan makan yang cantik agar membuat momen ini terasa lebih indah. Caranya dengan menggunakan dinnerware terbuat dari kaca yang seketika memantulkan cahaya dengan manis saat digunakan di luar rumah. Tak luput pula hiasi meja makan Anda dengan napkin, tatakan piring, hingga taplak meja terbuat dari hasil sulaman untuk melengkapi momen spesial ini.




Baca juga, 10 Produk Menggemaskan yang Buat Rumah Terlihat Ceria


2. Gunakan teralis untuk menjaga privasi

Teralis adalah solusi untuk menjaga privasi saat bersantai di halaman rumah sehingga mengurangi rasa tidak nyaman akibat terekspos pada lingkungan luar atau tetangga. Disarankan untuk menggunakan teralis dengan garis-garis horizontal guna menciptakan kesan ruang yang luas. Tak hanya itu saja, Anda dengan mudah dapat menyematkan tanaman atau bunga merambat yang disukai sekaligus menjadi elemen estetika di area ini.




Baca juga, Tips Mudah Optimalkan Area Balkon dan Teras Minimalis


3. Disarankan pakai furnitur terbuat dari metal dan batu

Karena terekspos dengan lingkungan luar, furnitur yang terbuat dari metal maupun batu kerap lebih tahan dan minim akan maintenance. Kombinasi keduanya mampu menciptakan gaya kontemporer dan kekinian pada taman di rumah.




4. Sudut membaca

Hiasi salah satu sudut halaman atau teras di rumah dengan kursi panjang sebagai ruang untuk menikmati buku kesukaan Anda. Siapkan selimut hangat dan beberapa bantal untuk membuat kursi ini terasa lebih nyaman dan buat betah berlama-lama menikmati bacaan.




Baca juga, 8 Ide Membuat Taman Kecil di Sudut Rumah Minimalis


5. Menerapkan furnitur dengan sandaran tinggi

Bagi yang memiliki taman dengan ukuran luas, perabotan dengan sandaran yang tinggi dapat membantu membagi area outdoor menjadi beberapa segmen. Furnitur seperti ini membuat area taman terkesan lebih hangat dan mampu merangkul pengguna yang datang bersantai di dalamnya.






6. Waktunya barbeque bersama!

Bersama-sama memanggang dan menyiapkan makanan di halaman rumah bisa menjadi agenda intim menumbuhkan rasa akrab di tengah keluarga. Jika Anda memiliki dana lebih, tak ada salahnya melengkapi area outdoor dengan alat pemanggang yang mumpuni guna mengoptimalkan pengalaman seru ini.




Baca juga, Makin Rajin Masak Dengan 7 Alat Dapur Mudah Pakai Ini


7. Taman vertikal

Tanaman baik yang asli maupun artifisial bisa diterapkan pada dinding atau pagar berukuran lebar. Rangkaian taman vertikal ini mampu menciptakan kesan lush pada area outdoor membuatnya semakin nyaman dijadikan tempat bercengkerama dengan keluarga.




Baca juga, 10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat


8. Lengkapi dengan televisi

Bagi urban dwellers, ini saatnya memberikan sentuhan glamor pada teras rumah dengan menambahkan TV. Produk elektronik ini dapat diterapkan di area yang dilengkapi naungan serta dinikmati sembari duduk di sofa panjang di dekatnya.




9. Ciptakan area piknik bersama keluarga

Siapkan taplak meja dengan motif flora dan kembangkan di halaman rumah Anda ataupun di atas meja dan bench. Susun peralatan makan serta keranjang menggemaskan untuk melengkapi table setting dan jadilah area piknik bersifat kasual bersama keluarga.




10. Paviliun khusus bercocok tanam

Menciptakan kegiatan produktif di halaman rumah dapat dianggap sebagai achievement pribadi bagi yang gemar bercocok tanam. Ciptakan rumah kaca khusus untuk menaungi tanaman maupun buah yang Anda sukai sekaligus menjadi elemen indah di halaman rumah.





Sumber foto: Katharine Pooley / Petrie PR