Perusahaan aksesori mewah Cartier memiliki retail store dengan fasad yang dinamik dan glamor. Terletak di Osaka, Jepang toko ini berhasil diselesaikan oleh Klein Dytham Architecture (KDa) yang bekerja sama dengan pengrajin kayu lokal.


Fasad Toko Cartier Ini Terbuat dari Kayu Lho CASA Indonesia





Dalam projek ini, KDa menggunakan material kayu lokal untuk menciptakan fasad dengan nuansa yang mewah. Kayu ini dibentuk dengan detail dan seksama untuk menghadirkan pola berlian tiga dimensi dengan kesan yang sleek.

Walaupun terbuat dari kayu, fasad toko ini terlihat seakan terbuat dari metal.


Fasad Retail Store Ini Terbuat dari Kayu Lho CASA Indonesia


Kayu yang digunakan untuk membuat fasad ini adalah kayu hinoki dari pohon Japanese Cypress. Kayu ini dipilih karena memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap cuaca.


Baca juga, Fasad Toko Louis Vuitton Ini Berkilau Seperti Mutiara!


Pengrajin kayu profesional dari Kyoto menjadi pahlawan yang berhasil menyulap kayu-kayu hinoki dengan jumlah yang mencapai 2,500 unit.


Fasad Retail Store Ini Terbuat dari Kayu Lho CASA Indonesia


Material ini dipilih karena dalam projek ini KDa ingin menciptakan hasil karya dengan menggunakan material yang renewable dan recyclable.




Baca juga, 10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia


Tidak hanya material kayu, KDa juga memanfaatkan aluminium yang telah didaur ulang untuk menciptakan kerangka dari struktur fasad.


Fasad Retail Store Ini Terbuat dari Kayu Lho CASA Indonesia


Di siang hari, fasad terlihat memiliki warna emas yang bersih karena pantulan cahaya matahari. Sedangkan di malam hari, fasad yang terbuat dari kayu ini memancarkan cahaya yang berkilau dari LED lights yang dipasang di setiap kotak kayu.


Sumber teaser dan foto: Cartier
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara/