Bangunan hitam berlapis tembaga berdiri kokoh di tepi dermaga Windermere, Inggris. Bangunan ini merupakan karya The Studio London yang dipimpin oleh Kevin Carmody dan Andy Groarke yang merupakan sebuah bangunan museum Windermere Jetty untuk menampung koleksi perahu.







Carmody dan Groarke merancang fasilitas untuk Lakeland Arts yang sebelumnya difungsikan untuk menampung koleksi pribadi. Memanfaatkan lahan yang sebelumnya merupakan pabrik ekstraksi kerikil, bangunan ini berdiri di pinggiran kota dengan pemandangan danau yang dibingkai oleh bukaan besar pada struktur logam di dalamnya.




Baca juga: Menakjubkan! Intip Museum Arloji Kelas Atas di Swiss


Sang arsitek mendedikasikan fasilitas ini untuk konservasi perahu, sehingga struktur yang dihadirkan merupakan struktur ansambel logam yang kokoh untuk menopang beban koleksi perahu yang berat. Museum ini memiliki konsep yang bertujuan untuk membenamkan pengunjung dalam lanskap danau dan membawa mereka sedekat mungkin menuju air.




Groarke menjelaskan bahwa selain kepentingan museum, tujuan dari bangunan ini adalah untuk menghubungkan manusia, perahu, dan air serta menghargai warisan industri dari situs sebelumnya. Museum ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman dari koleksi-koleksi perahu yang unik serta pemandangan alam yang indah sebagai pusat perhatian utama dari bangunan ini.






Baca juga: Menarik! Desain Museum Ini Datang Dari Mimpi


Arsitektur museum dipengaruhi oleh arsitektur vernakular dengan konfigurasi bangunan compact yang terintegrasi dengan topografi tepi danau. Bagian tengah museum merupakan dermaga tertutup yang memungkinkan display perahu di atas air. Perahu dapat berlayar masuk dan keluar dari dermaga melalui pintu besar yang terbuka ke danau.




Bagian lain dari museum dibuat menjadi galeri konservasi, ruang pendidikan serta kafe yang sejajar dengan dermaga di dalam bangunan. Dengan sirkulasi tersebut, museum ini menghadirkan kontras hangat dengan eksterior gelap dari satu area dan lainnya.




Baca juga: Intip Huamao, Museum Seni Dengan Konsep nan Misterius



Sumber foto: Christian Richter milik The Studio London, Carmody dan Groarke
Teks oleh: Atsmara Tsaniya