Berniat untuk mempercantik taman atau sudut rumah Anda agar tampak lebih berwarna? Anda mungkin bisa mencoba menanam tanaman hias berdaun merah. Tanaman hias ini dapat memberikan warna berbeda pada taman atau sudut rumah Anda. Tak hanya itu saja, keberadaan tanaman hias yang menawan juga bisa membuat rumah lebih sejuk dan segar, serta dapat membantu menghilangkan stres atau penat. 


Jika Anda tertarik, terdapat beberapa jenis tanaman hias berdaun merah yang bisa Anda pertimbangkan. Kira-kira apa saja? Cari tahu di bawah ini!





1. Caladium 

Tanaman hias berwarna merah

(livelyroot.com)


Caladium, juga disebut sebagai tanaman keladi merupakan tanaman hias yang sangat unik dan cantik. Ini karena, tanaman hias ini memiliki dua atau lebih warna pada daunnya, seperti warna merah, hijau, putih, dan merah muda. Daun keladi berbentuk hati dengan corak yang unik. 


Dari segi perawatan, tanaman keladi membutuhkan cahaya matahari yang cukup, siram secara teratur sesuai kebutuhan berdasarkan kondisi iklim, dan beri pupuk secara teratur untuk menjaga nutrisinya.


Ada beberapa varian tanaman hias caladium yang memiliki daun berwarna merah cantik, antara lain: 


  • Caladium bicolor 'Florida Sweetheart' — Tanaman hias Caladium bicolor memiliki daun mewah dan berbentuk hati dengan tepi daun berwarna hijau bergelombang.
  • Caladium bicolor 'Florida Red Ruffles' — Tanaman keladi ini memiliki daun berwarna merah cerah atau merah muda gelap dengan tepi daun berkerut warna hijau tua. 
  • Caladium Freida Hemple — Pada bagian tengah daun tanaman hias Caladium Freida Hemple memiliki warna merah intens yang semakin menyebar dan melebur dengan warna hijau pada pinggiran daun. Selain itu, warna tulang daun varian tanaman keladi ini juga sangat serasi dengan warna merah pada bagian tengah daun, membuat tulang daunnya hampir tidak terlihat. Perpaduan dua warna ini akan menambah kesan cantik dan aksen dramatis pada interior rumah Anda. 


2. Flamingo Lily

tanaman hias merah

(anselandivy.com)


Flamingo lily, atau Anthurium andraeanum termasuk tanaman Anthurium unik dengan daun berbentuk hati warna merah dan hijau, serta bertangkai kuning-putih.


Tak hanya dapat mempercantik sudut rumah Anda, Flamingo lily ini juga dapat menjernihkan uap air dan melembabkan udara. Dari segi perawatan tanaman hias ini terbilang cukup mudah. Anda hanya cukup melakukan penyiraman rutin pada musim kemarau, dan tidak perlu melakukan penyiraman rutin pada musim hujan karena udara sudah cukup lembap. Selain itu, tanaman Flamingo lily juga membutuhkan cahaya matahari yang cukup. 


Baca juga : Tidak Mudah Layu & Mati, Ini Dia 10 Tanaman Hias Tahan Panas


3. Aglaonema 

tanaman hias merah

(plantsguru.com)


Tanaman Sri Rejeki atau Aglaonema memiliki beberapa varietas berdaun merah dengan bentuk elips yang lebar dan memanjang, serta coraknya yang menarik.


Tanaman Aglaonema dapat tumbuh dengan baik di bawah cahaya matahari tidak langsung dan kombinasi pot yang berpori dan berdrainase baik.


Berikut beberapa varietas aglaonema berdaun merah: 


  • Aglaonema Siam Aurora — Varietas tanaman Aglaonema ini memiliki daun hijau pada hampir seluruh bagian daunnya dan melebur dengan warna merah pada pinggiran daun.
  • Aglaonema Red Anjamani — Tanaman hias berdaun merah ini memiliki daun lonjong berwarna merah cerah dengan ujung daun yang runcing. Pada tepi daun terdapat warna hijau tipis dan urat hijau halus pada bilah daun.
  • Aglaonema Valentine — Memiliki daun merah besar dengan tepi dan berbintik-bintik berwarna hijau membuat tanaman hias ini sangat menarik.


4. Coleus

tanaman hias merah

(provenwinners.com)


Coleus merupakan jenis tanaman hias yang memiliki banyak varietas berdaun merah cerah. Tanaman Coleus memiliki daun berbentuk bulat seperti telur dengan tepi yang bergerigi. Bagi pemula, tanaman hias ini mungkin bisa menjadi pilihan karena perawatannya terbilang mudah. Meskipun begitu, Anda tetap perlu memerhatikan kebutuhan cahaya dan kelembapan supaya tanaman hias dapat tumbuh dengan baik. 




Berikut ini beberapa varietas tanaman hias coleus berdaun merah:


  • Coleus Wizard Scarlet — Varietas Coleus ini memiliki daun merah cerah dengan tepi berwarna hijau cerah. Coleus Wizard Scarlet dapat tumbuh dengan baik di pot dengan tanah yang tidak terlalu lembap atau terlalu kering, dan letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. 
  • Coleus Redhead — Tanaman Coleus Redhead berdaun bulat seperti telur berwarna merah tua yang menawan. 
  • Coleus Kong Red — Memiliki daun lebar berwarna hijau muda pada bagian luar daun dan berwarna merah pada bagian dalam daun. 


5. Polka Dot

tanaman hias merah

(provenwinners.com)


Tanaman hias Polka Dot memiliki daun bulat seperti telur dengan sentuhan warna merah atau merah muda yang menakjubkan. Disebut tanaman hias Polka Dot karena memiliki pola polanya yang berbintik-bintik pada daunnya. 


Berikut ini beberapa varietas tanaman Polka Dot berdaun merah:


  • Polka Dot Red Splash Select — Berdaun merah bulat telur dengan bercak bintik-bintik hijau kecil. 
  • Polka Dot Carmina — Varietas Polka Dot ini memiliki daun berwarna merah dengan corak bintik-bintik dan urat daun yang berwarna hijau. 


Baca juga : Ini 10 Tanaman Langka Di Indonesia yang Terancam Punah


6. Poinsettia


(ebay.co.uk)


Poinsettia merupakan tanaman hias indoor yang cukup populer. Tanaman hias ini memiliki daun lebar, berwarna merah mencolok, dan runcing. Warna merah terangnya dapat memberikan kontras pada sudut ruangan Anda. Namun, Poinsettia memerlukan perawatan yang cukup rumit karena Anda harus benar-benar memerhatikan kebutuhan cahaya, pupuk, dan air agar dapat tumbuh dengan baik. Tanaman Poinsettia membutuhkan tanah yang tidak terlalu lembap atau terlalu kering. Untuk itu, Anda perlu melakukan penyiraman setiap hari dengan sedikit air, beri pupuk dua minggu sekali atau satu bulan sekali, dan letakkan Poinsettia pada tempat yang dekat dengan sinar matahari. 


7. Nerve Plant (Fittonia)

tanaman hias merah

(bilabambi.com)


Nerve plant atau fittonia adalah tanaman hias tropis berukuran kecil dengan daun berwarna hijau dan urat berwarna merah. Daun fittonia berbentuk lonjong atau berbentuk bulat telur dengan pola yang cukup unik. 


Tanaman hias ini menyukai tanah yang lembap dan sejuk, tetapi tidak terlalu basah. Untuk itu, Anda hanya perlu menyirami bagian atas tanaman Fittonia dengan sedikit air, terutama pada musim panas. Beri pupuk secara berkala, satu bulan sekali, untuk memberikan nutrisi. 


Tanaman Fittonia tidak bisa terkena sinar matahari langsung karena dapat membuat daunnya terbakar. Tanaman hias yang cukup unik ini cocok diletakkan di kamar mandi atau tempat dengan pencahayaan yang rendah sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan. 


8. Begonia Daun Merah (Red Leaf Begonias)


(etsy.com)


Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai tanaman hias Begonia. Ternyata, tanaman Begonia memiliki varietas berdaun merah yang berkisar antara warna merah burgundy gelap hingga merah merah terang.


Berikut adalah beberapa varietas Begonia berdaun merah: 


  • Begonia rex-cultorum — Varietas Begonia berukuran sedang ini memiliki daun berwarna pink kemerahan dengan bercak gelap di tengah daunnya. 
  • Begonia rex Red Kiss — Memiliki daun merah dengan warna ungu-hitam pada bagian tengah daunnya. Warna merah tua dan ungu yang kontras memberi tanaman ini tampilan yang dramatis.
  • Begonia rex Red Bull — Begonia rex Red Bull memiliki daun berukuran kecil dan runcing, serta berwarna merah metalik cerah dan mengkilap dengan tepi daun bergelombang. 
  • Begonia Revelation Maroon — Varietas begonia yang satu ini memiliki daun berwarna merah burgundy yang mengkilap dengan urat berwarna hijau tua. 
  • Begonia Stained Glass — Begonia Stained Glass memiliki daun berwarna merah delima dengan tepi putih kebiruan dan urat hitam yang mencolok.



(Teaser: Voyte/ Pexels)