Sesederhana apapun rencana acara pernikahan yang dibayangkan selama masa pandemi, pasti Anda tetap ingin menghadirkan sesuatu yang spesial saat merayakan hari penting ini. Dengan adanya jumlah batasan orang yang diperbolehkan berkumpul di satu venue atau acara, acara pernikahan sederhana semakin populer dan dipilih oleh pasangan muda masa kini.

Tak hanya menghemat budget dan bisa mengalokasikannya ke biaya kehidupan setelah menikah, dekorasi pernikahan sederhana terasa lebih intim serta hangat bagi pasangan yang menikah. Jika sebelum pandemi, ruang resepsi dipenuhi beragam elemen dekorasi, kini Anda cukup menerapkan beberapa elemen saja untuk menghidupkan suasana acara yang sakral ini.





Baca juga, Tren Dekorasi Pernikahan Saat Pandemi 2021


Backdrop

Elemen krusial dalam menciptakan dekorasi pernikahan sederhana dan cantik di masa pandemi adalah backdrop. Desain ini dapat digunakan sebagai latar saat akad nikah, holy matrimony, ataupun saat sesi foto bersama keluarga inti. Jadi, 1 item for all occasion.

Beberapa ide yang bisa diterapkan adalah permainan bunga. Dengan kerangka sederhana yang dihiasi dengan rangkaian bunga, suasana festive dengan mudah tercipta. Tanpa perlu banyak elemen untuk memenuhi backdrop, bunga merupakan cheet key untuk membuat dekorasi pernikahan sederhana yang indah.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 2

Studio Uli


Jika menyukai kesan yang lebih minimalis, rangkaian bunga dapat disandingkan dengan backdrop polos terbuat dari papan berukuran sekitar 1,5 x 3 m. Latar yang polos ini juga bisa menjadi siasat agar mempelai wanita dan pria menjadi lebih fokus dalam hasil foto. Dikarenakan latar polos membuat bisa lebih fokus terhadap ekspresi mempelai serta penampilan kedua mempelai.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 3

Studio Uli


Ide lain yang bisa diterapkan adalah mengeksplorasi bentuk papan backdrop polos. Latar tak harus terpaku dengan bentuk kotak ataupun segi panjang. Papan bisa saja berbentuk melengkung yang dibagi menjadi beberapa ukuran lebih kecil dari latar utama akan menghasilkan latar dekorasi yang dinamis. Kombinasikan dengan bunga kering yang ditaruh dalam vas atau pot sebagai elemen estetik memperindah backdrop untuk dekorasi pernikahan Anda. Jika memilih untuk menggunakan warna bunga dan tanaman kering yang lembut, vas berwarna terracota bisa menjadi aksen manis untuk mengisi dekorasi.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 4

Ailuosi Decor / Januar Gilang


Jika menyukai tema rustic, Anda dapat menggunakan kumpulan balok kayu yang dihiasi dengan macramé dan rangkaian bunga sebagai backdrop untuk momen istimewa Anda. Berkat elemen kayu yang dominan dalam ide ini, kerap kali bunga berwarna orange, kuning, merah, ataupun coral menjadi pilihan untuk mempercantik dekorasi. Ketimbang rangkaian bunga yang rapi dan simetris, gaya desain yang lebih wild lebih cocok untuk diterapkan pada tema ini.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 5

Etsy


Melaksanakan pernikahan di venue outdoor kian populer di masa pandemi ini. Demi selaras dengan lingkungan, tema rustic yang memanfaatkan tanaman yang dikeringkan juga bisa menjadi ide menarik. Contohnya saja, kerangka lingkaran bisa dilapisi dengan ilalang bunga kemoceng atau pampass grass dengan finishing touch berupa gantungan lampu pijar. Simple namun tetap terlihat spesial. Agar tidak terkesan terlalu kosong, susun beberapa krat kayu di kiri dan kanan latar utama guna mempercantik dekorasi Anda.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 6

ohmyveil


Baca juga, Dekor Rustik di Rumah Modern? 5 Produk Ini Wajib Ada!


Tiap pernikahan akan terasa hangat jika menampilkan sesuatu yang personal milik kedua mempelai. Tak perlu mencetak semua foto prewedding atau momen bersama sebelum menikah, Anda bisa menuliskan puisi atau quote yang disukai pada cermin dengan frame terbuat dari anyaman. Lalu, gantungkan pada backdrop bersama beberapa aksesori dekor bergaya natural.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 7

Sweet Bella Project


Ide lainnya adalah menggunakan papan akrilik, bisa transparan ataupun berwarna. Lettering yang indah menjadi poin penting untuk mengoptimalkan elemen estetik menggunakan material ini. Selain itu, karena permukaan yang transparan, backdrop seperti ini tidak menghalangi pemandangan hijau yang dimiliki area outdoor. Ide seperti ini tepat digunakan jika Anda lebih memilih untuk invest menggunakan venue dengan ruang outdoor yang memiliki lanskap atau pemandangan yang memukau. 


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 8

Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 9

Sweet Bella Project


Intimate Table Setting

Jika sebelumnya, resepsi pernikahan dipenuhi tamu dengan standing table, kini dengan tren acara dengan jumlah tamu yang sedikit serta fokus untuk keluarga inti saja, membuat dekorasi pada table setting menjadi poin desain yang penting.

Lupakan rangkaian bunga dengan ukuran besar, beberapa tangkai bunga dari beberapa tipe bunga dalam palet warna lembut sudah cukup untuk menghiasi round table. Vas bunga yang transparan serta beberapa lilin sudah cukup untuk mengelevasi dekorasi pernikahan untuk di meja. Lembut bukan berarti terpaku menggunakan satu warna saja. Kombinasikan bunga dengan beberapa warna berbeda, misalnya saja merah muda, ungu, dan biru. 




Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 10

Sweet Bella project


Ide lainnya adalah konsisten menggunakan bunga dalam satu warna yang kemudian dikombinasikan dengan elemen kaca. Hasilnya adalah dekor table setting yang sederhana namun tetap elegan. Selain itu, Anda bisa tambahkan sentuhan kecil namun membuat momen makan bersama jadi terasa spesial dengan small bouquet flower yang disematkan pada sandaran kursi.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 11

Ailuosi Decor / Januar Gilang



Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 12

Ling's Moment


Jika memilih menggunakan long table demi menjaga jarak para tamu, baby rose dan vas silver adalah elemen dekorasi yang cocok untuk diterapkan. Tidak mengambil terlalu banyak space di atas permukaan meja, namun mampu memberikan kesan antik dan manis pada table setting Anda.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 13

Novocom top


Bagi yang menyukai dekorasi berkesan natural, kombinasi bunga dengan daun kering bisa menjadi pilihan dekorasi di meja. Hadirkan elemen unik melalui perlengkapan tableware dengan finishing anyaman untuk menemani rangkaian bunga tersebut.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 14

Ivy & Bleu


Dekorasi pernikahan sederhana dengan setting yang intimate terkadang rasanya seperti sedang melakukan piknik bersama pasangan dan keluarga inti. Bagi yang memiliki area taman di rumahnya, ide ini bisa diterapkan dengan menggunakan beberapa potong kayu, lampu pijar, papan untuk tulisan, beberapa keranjang rotan yang gemas, serta dessert yang nikmat dan indah.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 15

Legacy event and design / Madison Paiige Photography


Anggap saja seperti sedang menikmati afternoon tea time, Anda dapat menerapkan dekorasi rangkaian bunga yang ditemani dengan beberapa potongan buah segar sebagai pemanis table setting Anda.


Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana Cocok di Masa Pandemi 16

Legacy event and design


Nah, kira-kira ide dekorasi manakah yang paling disukai untuk diterapkan dalam acara pernikahan Anda?





Foto teaser: Adore Blog