Dapur adalah ruang wajib di sebuah hunian. Berapapun luasan dapur atau kitchen set Anda, elemen yang perlu ada adalah sink (tempat cuci piring), kompor, dan preparation area. Produk yang tidak bisa diabaikan adalah sink karena Anda membutuhkan untuk mencuci piring dan alat masak. Tidak dianjurkan mencuci di wastafel atau tempat cuci tangan karena dapat menyumbat pipa saluran pembuangan. 


Sedangkan untuk kompor, jika Anda tidak punya ruang terlalu besar, Anda menggunakan portable stove atau kompor listrik fleksibel yang menggunakan kabel sehingga bisa dipindah dan disimpan dengan mudah.





Baca juga, Tips Memilih Kompor untuk Dapur, Jangan Sampai Salah!



Karena tempat cuci piring atau sink merupakan sebuah komponen di dalam rumah yang akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga pemilihan wastafel cuci piring tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Material sink itu bermacam-macam seperti porselen, tembaga, stainless steel hingga besi tuang atau cast iron.


Semua brand biasanya meluncurkan produk dengan pilihan bowl yang beragam, mulai dari satu, dua, bahkan ada yang sampai tiga bowl. Di samping bowl, juga ada tempat meniriskan piring atau bahasa awamnya disebut "kupingan" sink. Dapur kecil disarankan menggunakan single bowl agar tidak memakan tempat terlalu banyak. 


6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia

Ikea Grundvattnet


Tips dari CASA Indonesia: Sebelum Anda membeli, jangan tergiur dengan harga yang murah, karena ada barang ada harga. Memiliki produk dapur itu adalah investasi jangka panjang jadi sebaiknya belilah produk yang berkualitas tinggi karena bisa Anda pakai 5-10 tahun ke depan. Apa yang membedakan harga? Jawabannya bisa beragam.

Pertama, merk. Jika brand itu sudah memiliki nama yang terkenal, harganya cenderung mahal namun kualitas materialnya bisa dipercaya. Kedua, bahan. Sebaiknya cek dulu produk secara langsung dengan mengetok. Anda bisa membedakan mantap atau ringkihnya produk dari suaranya. Semakin nyaring, semakin kurang berkualitas. 



Fotografer: @evelynmullerfotos / Arsitek: @marina.carvalho.arquiteta


Pastikan juga ukuran sink dengan area dapur. Tentu Anda tidak mau kan sudah membeli sink yang Anda suka, namun setelah dipasang di dapur malah terlihat jomplang. Antara terlalu kecil atau kebesaran sehingga tidak ada ruang untuk menaruh bahan-bahan makanan.

Disarankan sediakan area di top table untuk mempersiapkan makanan (memotong, mengaduk, dll) minimal 50-60 cm. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa membeli papan kayu yang bisa diletakkan di atas sink untuk menambah "ruang kerja".



Arsitek: Fandy Gunawan Studio / @fandygunawanstudio


Berikut ini CASA Indonesia akan memberikan 6 pilihan sink terbaik 2021 yang bisa Anda cocokan dengan kitchen set Anda.


1. Blanco Biscuit 441769 

Bentuk sink Blanco Diamond undermount yang seamless dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan dapur praktis sehari-hari Anda. Dengan ukuran 32.5-in x 18.5-in, Anda punya banyak ruang untuk membilas, mencuci, merendam, menyemprot, dan lainnya. Tak hanya terlihat elegan, durabilitasnya tidak diragukan lagi. Bahan Silgranit Blanco ini telah dipatenkan akan tahan lama, memiliki permukaan halus yang tahan terhadap goresan dan panas hingga 536°F.


6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia

Blanco


Jangan khawatir karena garpu atau bagian bawah wajan panas tidak dapat merusak Blanco sink. Permukaan yang berwarna-warni dan tidak berpori juga membuat mangkuk tahan dari semua noda, asam rumah tangga, dan larutan alkali serta mudah dibersihkan. Blanco ini hadir dalam 8 pilihan warna yaitu Anthracite, Biscuit, Café, Cinder, Concrete Gray, Metallic Gray, dan Truffle.


6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia


2. Teka stone 60 L TG 

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah cukup familiar dengan Teka. Brand sink yang menjanjikan garansi produk hingga 25 tahun. Mengapa Teka berani memberikan garansi hingga seperempat abad? Jawabannya hanya satu yaitu kualitas sink yang memang sangat kuat bahkan bisa digunakan turun generasi ke generasi. 




6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia

Teka


Wastafel Teka Tegranit+ telah berkembang menjadi area kerja bagi pecinta dapur yang mencari inovasi, kepraktisan, dan fungsionalitas di dapur. Stone, Forsquare, dan Square adalah rentang baru untuk produk Tegranit+ baru kami. Mereka dibuat dengan Quartz berkualitas tinggi, bahan yang sedang naik daun. 80% Quartz dikombinasikan dengan resin akrilik untuk mendapatkan bahan yang solid, tahan terhadap guncangan termal, benturan dan kotoran. Selain itu, tersedia dalam berbagai warna. 


6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia


Baca juga, Ide Desain Wastafel atau Sink Cuci Piring & Cara Memilihnya


3. Ikea Grundvattnet

Biasanya saat membahas Ikea, kebanyakan orang hanya terpikirkan tentang pilihan furnitur atau rekomendasi layout rumah yang pintar di showroomnya. Anda tentu sering melihat diorama kitchen di showroom Ikea dan menemukan banyak inspirasi kitchen set, tapi tahukah Anda bahwa mereka juga menjual wastafel atau sink cuci piring?


6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia

Ikea


Berukuran 46 x 16 x 9 cm, sink ini terlihat sangat modern dan minimalis untuk dapur Anda. Ikea Grundvattnet juga hadir dalam variasi single bowl. Yang seru dari produk ini adalah aksesori wadah penyaring atau baki untuk mengeringkan piring. Bisa dipasang dengan mudah sehingga bisa menambah ruang di atas sink selayaknya meja dapur, misalnya untuk memotong sayur.


4. Modena COMO KS 5140

Kembali lagi dengan brand yang sekaran menjadi top of mind di masyarakat Indonesia, yaitu Modena. Modena terkenal dengan variasi home appliances yang mutakhir, mulai dari kulkas, sink, cooker hood, kompor, dan lainnya. Salah satu koleksi Modena terbaru pilihan CASA Indonesia adalah COMO KS 5140 dengan model topmount installation. Single bowl namun ukurannya sangat lapang yaitu 80 x 50 x 22 cm. 

6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia

Modena


Sink bermaterialkan stainless steel ini dilengkapi oleh noise absorbers berupa muffle coating dengan rubber padding. Jika Anda membeli produk ini akan dilengkapi oleh Strainer With Basket Filter And Lid, Installation Pipes, dan Stainless Steel Colander.


5. Franke Box Centre 

Bagi Anda yang memilih produk berdasarkan negara pembuatnya adalah Jerman, maka Franke bisa jadi salah satu pilihan Anda. Sink yang CASA Indonesia pilih ini memiliki aksesori yang jarang dimiliki brand lain yaitu tempat penyimpanan nampan, pisau, dan lainnya. 

6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia

Franke


Franke Box Center menjawab kebutuhan memasak dengan ketertiban yang memuaskan. Produk ini memiliki pengaturan wastafel-dan-drainer tradisional. Selayaknya namanya Box Center yang lengkap dengan aksesorinya, produk ini dapat mengubah sink dapur Anda menjadi tempat kerja yang praktis. Semua kebutuhan Anda untuk persiapan makanan dapat diraih dengan mudah di sink Anda.

Aksesori: talenan plastik dan kayu serta mangkuk saringan inox sangat tertata rapi di dalam mangkuk kompartemen.


6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia


6. Domo DK 5140

Semua produk Domo memiliki kualitas yang baik, walaupun namanya masih terasa asing di beberapa orang. Domo hadir dengan bentuk sink yang mengikuti tren dan cocok dengan berbagai jenis kitchen set. Brand Domo mengutamakan tingkat keamanan pemakaian dan ramah lingkungan sehingga merupakan investasi ideal bagi masa depan. 


6 Model Kitchen Sink Modern Terbaik 2021, Yuk Cuci Piring casa indonesia

Domo


Produk-produk DOMO juga dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bagi yang memilki dapur yang cukup besar, Domo DK 5140 bisa menjadi pilihan. Ukurannya 75 x 48 x 20 cm dan berbahan stainless steel. 


Foto teaser: Box Center BWX 220-54/27 SBR Stainless Steel dari Franke