Mendengar kata Bogor, kemungkinan besar Anda akan menghubungkannya dengan Kebun Raya Bogor, Istana Presiden RI, ataupun jajanan lezat saat kuliner di sana. Terletak di ekstensi komplek Istana Negara di Taman Hutan Raya Bogor, kini telah hadir pusat kreatif atau Bogor Creative Hub untuk menaungi pelaku kreatif di daerah ini.

DIrancang oleh Local Architecture Bureau, lahan seluas 1,3 hektar diubah menjadi creative hub dengan desain fantastis. Desain yang tercipta merepresentasikan spirit dalam berkarya dengan ruang terbuka yang sekaligus bersanding dengan bangunan antik masa colonial Belanda berusia 200 tahun.





Baca juga, Paling Berkesan! Royal Tulip Gunung Geulis Resort Bogor





Terbagi atas 3 program ruang, yaitu auditorium, kelas, dan galeri, bangunan berbentuk huruf C ini dirancang untuk membuat tiap ruang memiliki akses ke area teras. Sehingga kegiatan di dalam ruang bisa terekstensi hingga ke ruang luar, tanpa perlu membatasi pergerakan atau aktivitas di pusat kreatif ini.






Repetisi kolom yang mengelilingi area outdoor di bangunan ini, menciptakan kesan semi tertutup namun tetap memberikan kebebasan menikmati pemandangan taman dari dalam interior. Bagian taman berfungsi sebagai outdoor plaza sekaligus menaungi aktivitas informal di masa mendatang.

“We try to respect as much as we could in order to harmonize between historical building & massive green forest by designing a simple, quite, non-provocative yet flexible for creative spirit” - Gemawang Swaribathoro

Dengan atap melengkung serta bangunan yang dominan berwarna putih, bangunan dianggap seperti kanvas kosong yang nantinya dapat diisi dengan jiwa serta semangat kreativitas yang penuh warna.






Sumber foto: DKD/Dedi Dwitomo