Bagi sebagian besar orang, memelihara hewan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres dan mengisi waktu luang yang tepat. Bagi Anda yang kurang menyukai memelihara hewan berbulu atau mamalia, Anda bisa mempertimbangkan untuk memelihara ikan hias, tepatnya ikan hias air tawar. 


Mengapa? Karena dari segi perawatannya, memelihara ikan hias air tawar dianggap lebih mudah, terlebih jika Anda pemula. Selain itu, ikan hias air tawar juga memiliki beragam jenis, corak, dan warna, hingga warnanya. 





Berikut ini jenis-jenis ikan hias air tawar kecil yang mudah dipelihara. Intip di bawah ini!


1. Ikan Cupang

 jenis ikan hias air tawar kecil

(bettafishaquarium.com)


Ikan cupang, disebut juga sebagai ikan betta, merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang terbilang cukup populer. Tidak mengherankan, ini karena ikan cupang memiliki pesonanya sendiri -- warnanya yang memikat dan mudah untuk dipelihara. Ini yang membuat sederet artis kepincut dengan pesona ikan cupang, seperti pasangan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara, hingga Ashanty. 


Ikan cupang memiliki beragam jenis dan warna yang indah. Jenis ikan hias air tawar ini dapat tumbuh hingga ukuran maksimum 3 inci atau sekitar 7 sentimeter. 


Dalam merawat ikan cupang, Anda harus cukup rajin untuk membersihkan akuarium dan mengganti airnya, setiap dua sampai tiga hari sekali, atau paling lama seminggu sekali. Disarankan untuk menggunakan air tawar dari sumur, karena memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan habitat asli ikan cupang. 


Pertimbangkan juga untuk menambahkan garam akuarium ke air akuarium Anda untuk mengurangi stres dan menyembuhkan luka, serta membantu meningkatkan kesehatan sirip ikan cupang. 


2. Ikan Guppy

 jenis ikan hias air tawar kecil

(aquafood.co.uk)


Tak hanya ikan cupang, ikan guppy juga menjadi jenis ikan hias air tawar lainnya yang cukup populer. Merawat ikan guppy bisa dikatakan cukup mudah, karena jenis ikan hias ini mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi air. Ikan Guppy memiliki karakter warna yang vibrant, namun ikan guppy jantan cenderung memiliki warna yang lebih vibrant dibandingkan dengan betina. 


Suhu air yang ideal untuk jenis ikan guppy adalah sekitar 10-29 derajat Celcius. Faktor terpenting dalam memelihara jenis ikan hias air tawar ini menjaga suhu agar tetap konsisten. Selain itu, perhatikan juga makanan untuk ikan guppy, yakni harus diberi makan campuran antara makanan nabati dan hewani. 


3. Ikan Mollies

jenis ikan hias air tawar kecil

(aquaticstoyourdoor.co.uk)


Ikan mollies adalah salah satu spesies ikan hias air tawar kecil yang dapat tumbuh sekitar 7-10 sentimeter. Bagi Anda pemula, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk memelihara jenis ikan hias air tawar ini, karena mampu beradaptasi dengan baik di berbagai kondisi air dan sangat mudah dirawat. 


Selain memiliki beragam warna yang cantik, hal menariknya lainnya dari ikan mollies adalah, jika biasanya ikan berkembang biak dengan cara bertelur, namun ikan mollies berkembang biak dengan cara melahirkan. 


4. Ikan Platy

jenis ikan hias air tawar kecil

(diapteron.co.uk)


Ikan platy hadir dalam berbagai warna dan sangat mudah dirawat. Inilah yang membuat ikan hias air tawar ini cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. 


Ikan platy memiliki karakteristik suka bergerombol dan dapat rukun dengan jenis ikan air tawar lainnya, seperti ikan guppy dan ikan mollies. 


Meskipun ikan platy termasuk omnivora, tetapi jenis ikan hias air tawar ini membutuhkan lebih banyak makanan herbivora. Idealnya, ikan platy membutuhkan campuran makanan nabati dan protein yang baik.


5. Ikan Swordtail

jenis ikan hias air tawar kecil

(azgardens.com)


Sekilas, bentuk ikan swordtail mirip dengan dengan ikan platy dan ikan guppy, dengan ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dan siripnya yang berbentuk seperti pedang. Pedang dalam bahasa inggris disebut sword. Inilah yang membuat ikan hias air tawar ini dinamakan ikan swordtail. 




Ada banyak variasi warna yang tersedia, dan ikan swordtail dianggap sebagai spesies yang sempurna untuk aquarist pemula. Ikan swordtail berkembang biak dengan cara bertelur di dalam perut, kemudian melahirkan dalam bentuk anak ikan. Saat melahirkan anak ikan, pastikan Anda menjauhkan dengan induknya karena induk ikan swordtail seringkali memakan anak ikannya sendiri. 


6. Ikan Zebra Danio

jenis ikan hias air tawar kecil

(Azul/ britannica.com)


Jika Anda mencari jenis ikan hias air tawar kecil, Anda bisa mempertimbangkan ikan zebra danio. Ini karena, ikan hias air tawar ini dapat tumbuh 5 hingga 7 sentimeter. 


Karakter ikan zebra danio ini adalah suka berkelompok, minimal 5, sehingga akan lebih mudah stres saat ditempatkan di dalam akuarium dengan jumlah yang terlalu sedikit. 


Dari segi perawatannya, ikan zebra danio terbilang sangat mudah dirawat. Ikan hias ini termasuk omnivora, namun pilihan makanan terbaik untuk ikan zebra danio adalah cacing, serangga, dan crustacea. Ini karena karakteristik makanan-makanan tersebut kurang lebih mirip dengan makanan alami ikan zebra danio. 


Ikan zebra danio dikenal bisa melompat, jadi pastikan Anda tidak terlalu penuh mengisi air dalam akuarium dan mungkin Anda ingin menjaga akuarium tetap tertutup. 


7. Ikan Neon Tetra

jenis ikan hias air tawar kecil

(aquaticstoyourdoor.co.uk)


Ikan neon tetra termasuk jenis ikan hias air tawar kecil yang mudah dirawat, sehingga cocok bagi aquarist pemula. Panjang ikan neon tetra bisa mencapai sekitar 2,2 sentimeter. 


Ikan hias air tawar ini memiliki beragam warna-warna cerah dan memiliki garis horizontal biru warna-warni di seluruh tubuhnya, yang membuatnya terlihat indah saat berenang di dalam akuarium Anda. 


Sama dengan beberapa jenis ikan hias air tawar kecil lainnya, ikan neon tetra suka hidup berkelompok. Merawat ikan neon tetra juga terbilang cukup mudah karena tidak membutuhkan makanan khusus -- omnivora -- dan hanya memerlukan air yang bersih. 


8. Ikan Corydoras Cat

jenis ikan hias air tawar kecil

(azgardens.com)


Ikan corydoras cat, atau dikenal juga sebagai ikan cory cat, adalah ikan hias air tawar kecil yang biasa mencari makanan di permukaan pasir atau di antara kerikil di dasar akuarium. Ikan hias ini tergolong catfish, namun berbeda dengan jenis catfish pada umumnya. 


Apabila jenis ikan catfish lainnya akan terlihat aktif di malam hari, ikan cory cat ini justru akan terlihat aktif di siang hari. Panjang ikan ini sekitar 5 hingga 6 sentimeter. Ikan hias air tawar ini akan berkelompok dengan spesies yang sama serta terkadang berkelompok dengan ikan lain yang masih satu keluarga dengan keluarga cory.


Ikan cory cat cukup digemari oleh aquarist karena memiliki corak warna yang cantik, dan ikan hias ini juga berperan dalam menjaga kebersihan akuarium. 


Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar kecil yang mudah dirawat, memiliki corak dan warna yang cantik, dan tentu saja bisa mengurangi tingkat stres, yang pada gilirannya bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. 


Bagaimana, tertarik untuk memelihara ikan hias air tawar kecil untuk akuarium di rumah Anda? 



(Teaser: MART PRODUCTION on Pexels)