Sebagai murid di kelas seni rupa, pasti akan bertemu dengan sebuah karya lukisan yang identik dengan geometri dalam balutan warna primer, putih, dan garis hitam. Betul, ini merupakan karya pelukis asal Belanda, Piet Mondrian. Kerap hadir sebagai pembelajaran terkait komposisi, karya bernama Composition with Red Blue and Yellow kini ditranslasi menjadi sebuah kursi lipat untuk auditorium.


Lukisan Piet Mondrian Diubah Menjadi Kursi Lipat / Hamari 2





Baca juga, Ketika Arsitek Legendaris Mendesain Kursi, Hasilnya?


Diproduksi oleh Hamari, desainer Philip Kronqvist menciptakan seri produk bertajuk Mono Chair, sebuah kursi lipat dengan bentuk compact cocok untuk dipasang pada auditorium. Jika dilipat, kursi ini memiliki ketebalan 12 cm dan dalam satu kali tarikan secara otomotatis menarik terbuka sandaran, dudukan, hingga lengan kursi.




Lukisan Piet Mondrian Diubah Menjadi Kursi Lipat / Hamari 3




Edisi spesial yang terinspirasi oleh lukisan Piet Mondrian, terbuat dari kerangka metal yang dilapisi dengan pilihan kayu ataupun laminated sesuai kebutuhan warna. Agar memberikan kenyamanan kepada pengguna, sandaran serta dudukan terbuat dari busa yang diberi upholstered. Sandaran ini dirancang untuk terbuka hingga 20 derajat demi memberikan kenyamanan saat duduk.


Lukisan Piet Mondrian Diubah Menjadi Kursi Lipat / Hamari 4

Lukisan Piet Mondrian Diubah Menjadi Kursi Lipat / Hamari 5




Sumber foto: Hamari