Selamat kepada Momiji Nishiya yang baru saja menyanding title peraih medali emas termuda dari Jepang dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Atlet berusia 13 tahun ini bertanding dalam olahraga terbaru di ajang olimpiade, yaitu Skateboarding. Kemenangan ini turut menjadi emas kedua bagi Jepang dalam cabang skateboarding usai dimenangkan oleh Yuto Horigame dalam kelas Street.








Berlangsung di Ariake Urban Sports Park, venue skateboarding menjadi saksi utama dalam menyaksikan kehadiran laga skateboarding dalam Olimpiade Tokyo 2020. Venue ini dirancang tak hanya untuk skateboarding, tapi juga untuk Cycling, baik BMX Racing serta BMX Freestyle.

Dengan kapasitas menampung sekitar 7000 orang, area ini dibangun di kawasan Ariake, Tokyo yang disuguhi dengan pemandangan indah dari area waterfront Teluk Tokyo serta berlokasi tak jauh dari Olympic Village dan Big Sight.


The Guardian


Baca juga, Yuk Lihat Rumah Atlet Indonesia Selama Olimpiade Tokyo 2020


Termasuk dalam salah satu cabang olahraga yang baru ditambahkan dalam Olimpiade Tokyo 2020, kehadiran ajang ini dijadikan sebagai representasi kebudayaan masa kini yang digemari para remaja di dunia. Sekaligus menyuntikkan street culture dalam ajang olahraga berskala global ini. Terbagi atas dua kelas, yaitu Park dan Street, para atlet pria serta wanita akan menunjukkan aksinya dalam dua tipe venue yang berbeda.

Untuk Park, arena yang digunakan memiliki bentuk menyerupai mangkuk dengan serangkaian lekukan kompleks sebagai wadah aksi atlet selama durasi 45 detik yang diberikan. Atraksi utama saat menyaksikan pertandingan ini adalah ketika para atlet menampilkan mid-air trick berkat lekukan yang dirancang dengan kemiringan cukup curam. Dengan tingkat curam yang relatif tinggi, diharapkan meningkatkan kesempatan para atlit dalam meraih momentum tinggi guna mengaplikasikan trik yang lebih variatif.


Park


Baca juga, 5 Stadion Terkenal di Jepang untuk Venue Olimpiade 2020




Sedangkan untuk venue Street, arena outdoor ini didesain menyerupai keadaan di jalanan. Sejumlah tangga, handrails, dinding, curb, bench, serta slope dihadirkan sebagai tantangan bagi para atlet dalam menyuguhkan kemampuan mereka. Sedikit berbeda dengan Park, atlet yang bertanding dalam kelas ini menampilkan 2 pertunjukan dengan durasi 45 detik serta 5 single trick yang dinilai dalam skala 10.


Street


Selain skateboarding, Olimpiade Tokyo 2020 turut menghadirkan cabang olahraga karate, sport climbing, dan surfing untuk pertama kali.







Sumber foto: Olympics