Sebelum menemukan inspirasi desain kamar mandi modern, CASA Indonesia mau bertanya: apakah Anda tipe mandi cepat atau membutuhkan hampir 1 jam untuk mandi?

Tak banyak yang tahu bahwa mandi itu lebih dari sekadar membersihkan kuman-kuman dari tubuh kita, tapi banyak keuntungannya, seperti dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu Anda bernapas lebih mudah, menjaga kekebalan tubuh, serta menyeimbangkan hormon Anda.


6 Kamar Mandi Modern yang Buat Betah Mandi Berjam-Jam casa indonesia

Fotografer: Janet Kwan (@janetkwan) / Desainer Interior: Ke Design Collective (@kedesigncollective)


Memang tidak ada aturan baku dari para pakar kesehatan tentang durasi mandi yang baik. Namun mengutip dari medicalnewstoday.com, hasil analisis mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk mandi (baik itu take a shower atau merendam di bathtub) adalah 1-2 jam sebelum tidur. Durasi mandi atau mandi tidak perlu lebih dari 10 menit agar seseorang bisa memetik manfaatnya.


Jadi selama pandemi dan #MRApatdirumah, rasanya Anda punya banyak waktu luang untuk menikmati kesegaran air selama mandi. Setelah tahu manfaatnya mandi, tapi jika melihat desain kamar mandinya membosankan, tentu rasanya jadi ingin cepat-cepat mandi bukan? Mari lihat 6 inspirasi desain kamar mandi modern versi CASA Indonesia:


1. Satu tone warna bukan berarti membosankan

Suka desain ruangan dengan hanya menggunakan satu tone warna? Berarti Anda akan suka dengan desain kamar mandi ini. Kamar mandi dengan satu tone warna sering kali menjadi terlihat flat, maka Anda perlu hadirkan akses pencahayaan atau permainan lighting agar kamar mandi memiliki bayangan yang dramatis selayaknya vila di Bali.


6 Kamar Mandi Modern yang Buat Betah Mandi Berjam-Jam casa indonesia

Ramitha Watareka Photography / Arsitektur: Chathurika Kulasinghe - Architect


Tak hanya untuk dinding dan lantai, Anda pun bisa membuat bathtub menggunakan terazzo atau semen yang menyatu dengan elemen interior lainnya. 


2. Kamar mandi modern tapi mudah mudah dibersihkan juga lho!

Kamar mandi simple and clean memang paling buat nyaman kalau di rumah. Namun perawatan juga harus diperhatikan ketika mempunyai dinding kamar mandi dengan keramik putih atau cerah karena harus rajin membersihkan nat atau garis keramik.



Rutinitas bersih-bersih ini harus memperhatikan aspek-aspek apa saja yang harus dibersihkan. Setiap ruangan tentunya memiliki aspek yang berbeda dengan waktu yang berbeda pula. Salah satunya seperti kamar mandi, walau harus dibersihkan secara berkala, ternyata membersihkan kamar mandi tidak perlu menghabiskan waktu yang lama.

Anda bisa menggunakan sistem membersihkan dengan batas waktu yang sudah biasa dilakukan, yaitu 10, 30 hingga 60 menit. Sistem ini dirancang untuk memberikan Anda waktu untuk membersihkan kamar mandi Anda di rumah.


Baca juga, Tips Membersihkan Kamar Mandi Selama 10 Menit!


3. Tanaman jadi teman mandi yang baik

Tak hanya desain kamar mandi yang baik, tapi Anda bisa memasukan tanaman sebagai elemen interior yang segar dan sehat. Apakah Anda sudah terpikir untuk memajang koleksi tanaman hias di kamar mandi? Ini saatnya! Memajang tanaman hias di kamar mandi dapat membuat kamar mandi bebas dari bau tak sedap.


6 Kamar Mandi Modern yang Buat Betah Mandi Berjam-Jam casa indonesia

Sophia (@ahousetomakeourhome)


Tanaman yang bisa Anda pilih adalah Peace Lily, Lidah Buaya, Spider Plant, Pakis, dll


4. Desain roller blinds yang cantik di kamar mandi

Memasang roller blinds di kamar mandi, untuk apa ya? Cara ini dapat dilakukan apabila Anda ingin menambah privasi di area kamar mandi tanpa kehilangan cahaya alami dari matahari. Tipe dan jenis dari roller blinds dapat disesuaikan dengan desain kamar mandi secara keseluruhan untuk menciptakan nuansa yang harmoni.




6 Kamar Mandi Modern yang Buat Betah Mandi Berjam-Jam casa indonesia

Wnetrzewkadrze (@wnetrzewkadrze)


Sistem tirai yang dapat dinaik dan turunkan cukup kuat untuk menopang kain pada tirai tanpa khawatir membengkok akibat bentang blind yang sangat lebar. Contoh bahan yang tepat adalah wooden blinds karena cenderung ringan.


5. Transformasi renovasi kamar mandi

Paling senang kalau lihat foto perubahan before-after. Transformasi desain membuat rumah kembali hidup, setuju ya?

Tips dari CASA Indonesia, rencanakan dengan baik sebelum renovasi rumah, terutama kamar mandi. Karena tak hanya lantai, dinding pun menggunakan keramik/granit; dengan kata lain membutuhkan biaya yang besar. Contohnya, untuk kamar mandi ukuran 1.5 x 2.5 meter persegi, membutuhkan biaya minimal 20 juta (kisaran).


6 Kamar Mandi Modern yang Buat Betah Mandi Berjam-Jam casa indonesia

6 Kamar Mandi Modern yang Buat Betah Mandi Berjam-Jam casa indonesia

Fotografer: Janet Kwan (@janetkwan) / Desainer Interior: Ke Design Collective (@kedesigncollective)


6. Material kayu tapi tahan air, caranya?

Masih tentang pemilihan material di kamar mandi. Jika ingin menambahkan elemen 'kayu' untuk kesan natural di kamar mandi, ide ini menarik untuk dijadikan inspirasi! Zaman sekarang sudah banyak jenis keramik dengan beragam motif, termasuk motif kayu seperti ini. Gunakan ceramic tiles dengan motif kayu di area basah dan susun dengan pola yang menarik, pada gambar adalah pola chevron.


6 Kamar Mandi Modern yang Buat Betah Mandi Berjam-Jam casa indonesia

Ewa Dobrzeniecka ( @dommojehobby )


Anda juga dapat mengaplikasikan kesan 'kayu' di area wastafel. Sebagai info, motif kayu sangat cocok dipadukan dengan motif batu alam! Jadi back to nature!


Foto teaser: Wnetrzewkadrze (@wnetrzewkadrze)