Seni menjadi semakin dekat dengan keseharian salah satunya berkat kolaborasi berbagai merk dengan para seniman.

Selain merk produk-produk fashion yang sudah lazim berkolaborasi dengan para seniman, merk peralatan rumah tangga berikut juga tak ketinggalan meremajakan tampilan produk-produknya dengan hiasan goresan tangan para seniman di permukaannya.

Kini, seni tidak lagi menjadi hal yang eksklusif dan jauh dari aspek kehidupan masyarakat urban.

1. Smeg x Dolce Gabbana





Seperti yang pernah kami ulas pada artikel sebelumnya, pertengahan tahun 2017 ini, Smeg dan Dolce & Gabbana berkolaborasi untuk koleksi Sicily is My Love. Dengan warna-warna atraktif, produk peralatan dapur, seperti toaster, citrus juicer, espresso machine, kettle, blender, stand mixers dan slow juicer, terinspirasi dari cerita rakyat Italia bagian Selatan dan Sisilia.


2. Nescafé Dolce Gusto x Billy the Artist


Mesin pembuat kopi satu ini memang populer dengan pembawaan gaya orisinil dan bentuknya yang playful sekaligus fun. Sama seperti gaya seniman kontemporer jalanan yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Billy the Artist; Nescafé Dolce Gusto limited edition ini tak hanya menarik perhatian para pencinta kopi namun juga penikmat karya seni.


3. Russell Hobbs x Karabo Poppy, Sindiso Nyoni, dan Kisua Africa


Merk kitchen appliances premium dari Inggris ini mengawinkan semarak rona Afrika dari ilustrator dan desainer, Karabo Poppy, seniman grafis Sindiso Nyoni, dan brand fashion Kisua Africa pada ketiga produknya.

Digital coffee maker, kettle, dan pressure cooker stylish ini dihadirkan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan konsumen pasar Afrika Selatan yang semakin berkembang melalui kampanya The Art of Living.



Kolaborasi teranyarnya ini dibawa pada sebuah pengalaman eksperimental melalui instalasi jendela yang khas sekaligus atraktif pada key stores-nya di Johannesburg, Durban, dan Cape Town.


4. Modena x  Hendra 'Hehe' Harsono, Radi Arwinda, dan Kemal Ezedine


Kulkas seri Retro dari Modena ini menjadi kanvas bagi karya seni ketiga seniman Indonesia; Hendra 'Hehe' Harsono, Radi Arwinda, dan Kemal Ezedine. Tiga buah kulkas spesial ini adalah sebuah mahakarya yang berhasil dilelang pada ajang Art Jakarta 2017 yang hasilnya didonasikan untuk pengembangan seni rupa Indonesia.

Karakter-karakter anomali khas dari karya seorang Hehe, ilustrasi bertajuk Kulakineko dari Radi Arwinda, dan eksplorasi garis oleh Kemal yang berjudul Dedikasi ini menjadi karya seni koleksi terbatas Masterpiece Retrofridge.


(Sumber foto: www.dolcegabbana.com, www.dolce-gusto.ru, www.visi.co.za, Modena)