Pangeran Diponegoro Terluka oleh Hendra Gunawan


Ciputra Artpreneur merayakan seratus tahunnya karya maestro seni rupa asal Indonesia, Hendra Gunawan dalam 100 Years of Hendra Gunawan. Seniman yang dikenal sebagai sahabat oleh Ir. Ciputra ini, memiliki karya dengan komposisi warna berani dan tegas saat merepresentasikan keindahan dan sisi eksotis Indonesia.



Vivi Yip, Rina C. Sastrawinata, Ir. Ciputra, Agus Dermawan T. dan Rifky Effendy.


Pada selebrasi kali ini, Ciputra Artpreneur mengadakan dua pameran, yaitu Hendra Gunawan: Prisoner of Hope dan Spektrum Hendra Gunawan. Berlangsung dari tanggal 5 hingga 16 Agustus 2018, pameran menjadi pameran tunggal terbesar untuk karya Hendra Gunawan di Indonesia.



Museum menampilkan 32 karya Hendra Gunawan yang dikurasi oleh Agus Dermawan T. dan Aminudin T.H. Siregar. Tajuk Prisoner of Hope terinspirasi dari kisah sang seniman saat beliau ditahan selama tiga belas tahun. Serangkaian karya yang ditampilkan menghadirkan gagasan bagaimana Hendra Gunawan terus memupuk harapan di masa tahanannya.


Lukisan Digigit Kepiting oleh Hendra Gunawan


Selain itu, museum juga ingin mengenalkan sang maestro kepada generasi muda Indonesia. Dikarenakan perbedaan zaman, kerap kali generasi zaman sekarang tidak mengenal sosok seniman Hendra Gunawan. Tujuan untuk mensosialiasi figur sejarah dalam seni rupa ini dicetuskan, terkait dengan bermunculannya kolektor-kolektor muda di Indonesia dalam beberapa tahun ini.

Tak luput untuk disimak adalah pameran Spektrum Hendra Gunawan yang terdiri dari seratus karya seni oleh tujuh puluh seniman lokal. Para seniman diundang untuk menceritakan perspektifnya akan sosok dan karya Hendra Gunawan dalam karya seni kontemporer. Beberapa seniman yang berpartisipasi di antaranya adalah Davy Linggar, Eddy Susanto, Hanafi, Heri Dono, Jumaldi Alfi, Natisa Jones, dan Nasirun.

Lukisan Dear Painter, Paint for me (I like to see my self) oleh Jumaldi Alfi


Versions of Part Two oleh Natisa Jones 


Jangan lewatkan serangkaian acara lainnya seperti workshop terapi seni bersama Ananda Sukarlan, Monty Setiadarma, Puri Hadiprana, dan Caecilia Trijata. Begitu juga talkshow bersama kurator pameran serta pertunjukan tari oleh Gigi Art of Dance. Untuk informasi lebih lengkap kunjungi akun sosial media dan website Ciputra Artpreneur. 




Lokasi : Ciputra World 1 Jakarta, Retail Podium Level 11, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Jakarta.


Pantau terus informasi acara dan inspirasi desain lainnya di instagram dan website CASA Indonesia.


Foto dok. Ciputra Artpreneur, CASA Indonesia