Dalam perumusannya, logo dan maskot untuk Asian Games 2018 menjalani proses sayembara yang diprakarsai oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga dan Badan Ekonomi Kreatif yang diikuti oleh banyak penggiat seni Tanah Air.







Setelah semua proses berjalan, pilihannya jatuh kepada Jefferson Edri dari Feat Studio yang menghasilkan logo Asian Games 2018 sekarang serta Bhin-Bhin seekor cendrawasih, Atung seekor rusa dari pulai Bawean, dan Kaka yang merupakan badak bercula satu.


Sumber: Official Asian Games 2018


Logo yang diusung menggambarkan energi yang kuat guna memperkenalkan Indonesia ke kancah internasional, sebagaimana slogan "Energy Of Asia" yang merupakan tema besar dari Asian Games 2018.




Sumber: Okezone


Makna-makna yang menjunjung sportivitas juga disematkan pada setiap karakter maskot Asian Games. Bhin-Bhin memiliki makna penuh strategi, Atung melambangkan kecepatan, dan Kaka menggambarkan kekuatan yang didasari oleh mental juara.


Sumber: Srivijaya


Di area GBK, tidak hanya ditemui patung-patung dari Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka, Anda bisa datang menghampiri zona-zona yang diberi nama dari tiga maskot tersebut. Area Bhin-Bhin menjadi zona terbesar di antara ketiganya, karena tersedia official merchandise store untuk Asian Games 2018 di dalamnya.


Foto teaser: dok. Ultimagz