Kamar kosan identik dengan anak rantau, bagi mahasiswa yang menuntut ilmu ataupun para pekerja yang sedang meniti karier. Kamar kosan ini juga bisa menjadi bagian dari perjalanan kehidupan Anda.

Ditengah-tengah padatnya pekerjaan atau jadwal perkuliahan, Anda pasti menginginkan suasana tenang untuk menghilangkan beban pikiran saat sampai di kamar, salah satu nya dengan cara mendesainnya. Meskipun ukuran ruangnya tidak terlalu besar, Anda tetap bisa bereksplorasi dengan imajinasi Anda untuk mendesainnya.






Ilustrasi kamar 3x4 / mydomaine.com

Pilihan layout kamar tidur untuk kosan

Ukuran tidak menjadi masalah dalam pembuatan desain kamar kosan yang stylish, Anda tetap bisa memaksimalkan penggunaan ruang atau mendekorasinya seindah mungkin, mulai dari kamar berukuran 3x2,5, 3x3, hingga 3x4 bisa tetap terlihat nyaman untuk digunakan.




Layout kamar 3x3 / casa conceptual



Layout kamar 3x4 / Elmueble


Banyak model kamar kosan yang bisa diterapkan oleh Anda, seperti minimalis, atau sesuai dengan tema yang anda sukai bohemian misalnya, bisa dipakai untuk kamar kosan Anda. Oleh karena itu ingin tahu ide desain apa saja yang bisa kalian tiru? Berikut adalah 11 inspirasi desainnya:


Baca juga, Tinggal di Kosan? Siap Sedia 17 Barang Wajib Ini!


1. Warna Putih untuk Kesan Ruang Luas

Model minimalis menjadi salah satu pilihan gaya yang diterapkan ke dalam dunia arsitektur atau interior sekarang. Konsep ini juga bisa digunakan untuk penggunaan kosan yang tidak terlampau besar. Dengan menata kamar tidur secara sederhana dengan jumlah aksesoris interior dan furnitur secukupnya, Anda tetap bisa memaksimalkan area kamar kosan untuk relaksasi.



Home designs


2. Hiasan lampu di sekeliling dinding kamar

Agar kamar kosan tidak terlihat membosankan, coba tambahkan hiasan lampu yang bisa menghiasi sekeliling kamar, selain itu menambah penerangan. Tambahan lampu hias juga bisa memberikan efek hidup untuk kamar sehingga membuat kualitas tidur Anda lebih nyaman.



Bocadalobo




Baca juga, Agar Tak Suntuk, Hadirkan 5 Tanaman ini di Kamar Kosan


3. Pernak-pernik do it yourself untuk meramaikan kamar

Memiliki kamar yang dirancang sendiri merupakan suatu impian yang bisa diwujudkan di kamar kosan ini. Banyak cara untuk mendekorasinya salah satunya adalah dengan membuat prakarya do it yourself, seperti hiasan lampu kecil, lukisan, koleksi hiasan bisa di letakan di kamar dan memberi kepuasan tersendiri saat sudah jadi pada nantinya.



Elevated Room


4. Sulap bagian bawah bunk bed sebagai ruang penyimpanan baru

Dengan kebebasan Anda bereksplorasi merancang desain kamar kosan, Anda bisa memaksimalkan tempat penyimpanan, salah satunya adalah pengalihan fungsi bawah bunk bed dengan penggunaan yang baru. Anda bisa meletakan kotak penyimpanan untuk menyimpan barang-barang agar tetap terlihat rapi namun tetap muda dicari.



Abbigail Benessa

Baca juga, Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian



Barcelona Apartment karya Naimi Architecture / Dezeen


5. Maksimalkan setiap area

Sudah terbiasa memiliki ukuran kamar besar lalu dipertemukan dengan kamar kosan yang memiliki keterbatasan luas. Anda masih bisa untuk menatanya secara maksimal, salah satunya adalah jangan biarkan dinding Anda kosong. Dengan tambahan hiasan seperti lukisan, lampu, kalender, bahkan cermin bisa menjadi salah satu dekorasi yang membuat kamar Anda semakin terasa nyaman dan menyenangkan.





Sack Cloth and Ashes


Baca juga, 10 Desain Kamar Tidur Mungil dan Minimalis


6. Siasati tempat penyimpanan dengan rak 

Memilih tempat penyimpanan untuk pernak-pernik kosan bisa disesuaikan dengan fungsi dan juga kebutuhan. Sebelum itu Anda harus mengorganisir barang-barang yang dibawa untuk mengetahui mana barang yang penting dan mana yang perlu disingkirkan. Setelah menentukan, barang-barang tersebut bisa diletakan di tempat yang mudah untuk diraih.

Seperti bila ingin menyimpan buku dengan rapi, rak buku open shelf bisa menjadi salah satu pilihan. Desain simple yang berguna untuk memanimalisir tempat namun memaksimalkan penggunaan itu dapat memudahkan Anda saat mencari.  



Inspiring home


7. Tambahkan tanaman hijau

Adanya tanaman hias bisa memberikan sentuhan personal untuk menambah dekorasi di kamar kosan. Tetapi, di balik alasan itu ternyata tanaman hias juga memiliki banyak manfaat yang bisa menyegarkan ruangan, membantu mengurangi debu yang terdapat di kamar dan bisa menghilangkan stress yang juga bisa memberikan relasksasi terhadap mata yang lelah. 



Urbanoutfitters


Baca juga, Sudah Dicoba! 10 Cara Menghias Kamar Menjadi Baru Lagi


8. Papan agenda menjadi pengingat yang tidak membosankan

Memiliki kamar yang nyaman adalah impian setiap orang, dengan dekorasi yang menarik akan membuat Anda lebih betah untuk berdiam diri dikamar. Tetapi jangan sampai melupakan pekerjaan atau perkuliahan, papan agenda bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengingatkan to do list Anda tanpa membebani. Apalagi papan ini dibuat sendiri, jadi Anda bisa berkreasi dalam membuatnya terlihat lebih hidup.



Sophie Timothy


9. Kombinasikan warna untuk kamar yang lebih hidup

Mengaplikasikan warna-warna cerah pada kamar kosan bisa memberikan kesan yang lebih hidup. Menurut penelitian, warna cerah yang dipakai untuk dinding ataupun furnitur ternyata bisa menambah dimensi ruang agar terlihat lebih luas. Hal ini bisa menjadi salah satu referensi yang digunakan untuk kamar kosan Anda nantinya.



Cultura Colectiva



Annabode


Baca juga, 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Namun Terasa Luas


10. Letakkan kasur di pinggir jendela

Untuk memberikan kesan yang luas, model kamar kosan dengan peletakkan kasur samping jendela bisa menjadi alternatif pilihan. Selain memberikan efek luas, pada siang hari Anda bisa menghemat penggunaan listrik dengan cara membuka jendela serta gorden yang ada. Dan secara tidak sadar, kamar kosan pun akan terasa lebih segar.



Texals

11. Penggunaan sofa bed untuk kamar tidur yang lebih luas

Memiliki keterbatasan ruang bukan berarti Anda tidak bisa bereksplorasi untuk mendekorasinya. Pemakaian sofa bed bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamar kosan Anda yang cukup terbatas ukurannya, karena dengan pemakaian sofa bed ini dimensi kamar akan terasa lebih luas saat dijadikan sofa sehingga Anda bisa bebas beraktifitas di dalam kamar.



Studiomama

Sumber teaser: Clem around the corner