Seperti ruangan lainnya di dalam sebuah hunian, kamar mandi juga membutuhkan memiliki perlakuan khusus. Hal ini diperlukan agar, kesatuan tema dan konsep dari sebuah rumah dapat terjaga dan saling bersinergi. 



Selain untuk estetika, melakukan perawatan khusus pada kamar mandi juga penting dilakukan agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan dalam ruangan tersebut. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menghadirkan tanaman hias yang diletakkan di dalam kamar mandi.


Manfaat tanaman hias pada kamar mandi


1. Menghilangkan bau tak sedap



Pada pagi hingga sore hari, tanaman mengeluarkan oksigen sebagai bentuk fotosintesis. Dengan adanya kadar oksigen tambahan pada ruang, tentu akan cepat membantu menghilangkan bau tak sedap yang menempel pada kamar mandi.


2. Menjaga kelembapan kamar mandi


Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi

Bekahbee


Oksigen yang tersebar berkat kehadiran tanaman hias juga berfungsi sebagai pengatur kelembapan ruang. Zat tersebut mampu memengaruhi suhu udara agar tetap kering dan segar untuk dihirup.


Baca juga: Agar Tak Suntuk, Hadirkan 5 Tanaman ini di Kamar Kosan


3. Memperbaiki mood


Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi

House On Longwood Lane


Menyaring udara merupakan salah satu kelebihan yang ada pada tanaman hias di dalam kamar mandi. Berkat hal tersebut, udara yang dihisap ke dalam tubuh akan membantu memperbaiki mood serta meningkatkan kreativitas penguni rumah.


Jenis tanaman hias untuk kamar mandi


banyaknya varian tanaman hias dengan motif dan struktur yang indah, seakan membuatnya cocok untuk ditempatkan di mana saja. Namun ternyata, untuk menghadirkan dekorasi tanaman pada kamar mandi, Anda perlu membutuhkan jenis tertentu sehingga tidak hanya enak dipandang, tapi dapat memberi manfaat juga.


1. Peace Lily


Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi

Etsy


Peace Lily merupakan tanaman hias yang sangat menyukai kondisi tanah yang lembap. Oleh karena itu, tanaman hias ini cocok sekali untuk diletakkan di dalam kamar mandi Anda. Memiliki bau yang harum, kehadirannya juga bisa menjadi pengharum ruangan alami.


2. Lidah Buaya


Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi

21ninety




Dijuluki sebagai tanaman abadi, Lidah Buaya bisa jadi alternatif untuk tanaman hias di kamar mandi Anda. Anda tidak perlu melakukan perawatan secara ruitn, cukup letakkan saja di sudut kamar mandi dan pastikan untuk cek kelembapan tanah 2-3 hari sekali.


Baca juga: Sangat Mudah! Ikuti Cara Menanam dan Merawat Aglaonema


3. Spider Plant



Tanaman yang berasal dari benua Afrika ini ternyata sangat cocok melengkapi rumah di kawasan perkotaan. Bernama Spider Plant, tanaman ini dapat menyerap zat beracun, seperti karbon monoksida dan formaldehyde. 


4. Pakis


Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi

Gardenista


Jika lahan di kamar mandi Anda terbatas namun ingin menghadirkan hijaunya tanaman hias, kehadiran pakis tentu menjadi pilihan yang cocok. Tanaman ini memiliki struktur daun yang menjuntai tentu akan terlihat manis jika digantung di sudut kamar mandi dekat dengan ventilasi.



5. Anggrek




Untuk memberi sentuhan personal pada kamar mandi, tanaman hias seperti Anggrek bisa Anda pilih sebagai opsi. Meskipun anggrek tumbuh sehat di kondisi tanah yang lembap, pencahayaan natural juga menadi kunci penting untuk keberlangsungan hidupnya. Pastikan Anda meletakkan tanaman tersebut dekat jendela. 


Baca juga: 6 Trik Khusus Mengubah Kamar Mandi Kecil Jadi Mewah


6. Aglaonema


Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi

Sympa-sympa


Memiliki julukan sebagai “ratu tanaman hias” menjadikan Aglaonema mudah untuk disematkan di segala area di dalam rumah, termasuk kamar mandi. Untuk perawatan, Anda hanya butuh memastikan kadar air cukup umtuk membuat tanah lembap dan gembur, sehingga tidak perlu rutin untuk disiram


7. Sirih Gading


Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi

Plant Decor


Jenis tanaman merambat ini sangat mudah untuk hidup di medium apapun, baik tanah ataupun air. Sifatnya yang mudah untuk beradaptasi menjadikan Sirih Gading cocok untuk berada di kamar mandi. Asupan air yang tersedia dan tingkat kelembapan yang tinggi, tentunya akan membuat tanaman ini lebih sehat.


Foto teaser: Millionfeed