Kamar kos bukan sekedar tempat untuk melepas lelah setelah seharian berkutat dengan dunia kampus. Melalui kamar kos, ekspresi diri dapat dituangkan sekreatif mungkin. Menambahkan beberapa pernak-pernik yang kita sukai, menjadi cara yang mudah untuk mengubah kamar kos agar terlihat unik dan berbeda dari yang lainnya


Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian



Kamar kos / Roundecor


Menghias kamar kos pun tak selalu harus menguras kantong yang begitu dalam. Dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar, dan sedikit sentuhan kreativitas. Kamar kos dapat disulap dengan dana yang bersahabat, khususnya bagi kalangan mahasiswa. Untuk itu, berikut beberapa inspirasi yang dapat dicoba untuk mempercantik kamar kos kalian!


1. Photo Display

Mejalani kehidupan di kampus tidaklah mudah dan singkat, pasti ada satu dua momen yang tidak akan pernah terlupakan. Foto yang menjadi penyimpan momen tersebut, layaknya kita simpan pada tempat yang spesial. Dan untuk membuatnya lebih istimewa dan cantik tentunya, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri photo display untuk kamar kos kalian.


Hula Hoop

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Bingkai foto dari hula hoop / Apartment Therapy


Sewaktu kecil kalian suka bermain dengan hula hoop? Jika kalian masih menyimpannya namun jarang sekali digunakan, lebih baik ubah hula hoop tersebut menjadi photo display. Agar nampak baru kembali dan warnanya sesuai dengan selara, gunakan cat semprot untuk mewarnainya. Kemudian tambahkan pita melintang dari atas ke bawah, untuk tempat menempelkan foto-foto nantinya. 


Botol / Stoples Kaca

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Bingkai foto dari botol kaca / Lifestyle Trends & Tips


Banyak botol atau stoples kaca berserakan di dalam kamar kos? Daripada hal tersebut merusak pemandangan saat sedang istirahat di kamar, coba manfaatkan itu menjadi bingkai foto kalian. Hanya perlu membersihkannya dan siapkan foto yang ukurannya sesuai dengan botol atau toples kacanya. Momen-momen manis kalian akan terlihat lebih menarik dan cantik dari dalam wadah kaca tersebut.


2. Wallpaper Kamar

Merasa tidak cocok dengan warna dinding di kamar kos? Ingin merubahnya sesuai dengan keinginan, namun ada peraturan kos yang melarangnya. Tak perlu risau, coba gunakan beberapa barang dibawah ini untuk merubah tampilan dinding kamar kos menjadi tak membosankan.


Selotip Warna

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Wallpaper dari selotip warna / Remodelaholic


Tak perlu banyak bahan dan alat, siapkan saja beberapa selotip warna dan tentunya gunting. Cari dan tentukan terlebih dahulu motif atau desain wallpaper seperti apa yang hendak dibuat. Setelah itu tinggal tempelkan potongan-potongan selotip ke dinding satu demi satu sesuai polanya.


Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Wallpaper dari selotip warna / Freckle and Fair


Tapi jika kalian tidak menemukan pola yang cocok untuk diterapkan, menempelkan potongan selotip secara acak pun tak ada salahnya. Yang perlu diperhatikan hanya soal komposisinya nanti, jangan sampai terlihat begitu banyak atau sedikit di salah satu titik saja. Mudah bukan?


Kartu

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Wallpaper dari kartu bermain / Wallpaper from the 70s


Alat permainan yang satu ini dapat dialihfungsikan menjadi wallpaper kamar. Caranya dengan menempel satu demi satu kartu ke permukaan dinding menggunakan lem. Dan jangan lupa untuk menyususnnya dengan memperhatikan gambar pada kartu, supaya nantinya tercipta corak yang menarik. 


3. Tanaman Hias

Tak bisa dipungkiri, dengan adanya tanaman di dalam kamar akan membawa mood yang lebih baik untuk penghuninya. Supaya tidak habis banyak uang untuk membeli tanaman hias sekaligus dengan potnya. Ada baiknya untuk membuat sendiri pot tanamannya, dengan barang-barang yang sudah tidak digunakan


Terrarium

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Terrarium / DIY Candy


Menggunakan botol, stoples atau wadah kaca lagi, namun kali ini untuk media menanam tanaman hias. Sehingga tak perlu pusing dengan harga pot atau vas cantik, untuk tanaman hias di kamar. Dengan wadah kaca bekas, tanaman hias tidak akan kalah untuk dijadikan pajangan.


Baca juga, Agar Tak Suntuk, Hadirkan 5 Tanaman ini di Kamar Kosan


Kaleng

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Pot tanaman dari kaleng / DIY Crafts and Decor


Setelah mengonsumsi susu kental manis kaleng, jangan buang kalengnya jika sudah habis. Karena, dengan kaleng tersebut kita dapat menggunakananya sebagai pot tanaman hias. Cukup buka sisi atas kaleng dan poles dengan warna yang sesuai. Maka pot cantik pelengkap tanaman hias pun siap untuk mempermanis kamar kos kalian.


4. Rak Barang

Kebiasaan anak kos pada umumnya adalah sering membiarkan barang-barangnya berserakan. Lupa dan malas menatanya kembali sering kali merusak estetika di dalam kamar. Namun bisa juga disebabkan kurangnya tempat penyimpanan yang bisa digunakan. Daripada membeli kotak penyimpanan barang baru, yang bisa mengikis anggaran hidup anak kos. Lebih baik manfaatkan barang bekas yang ada, untuk dijadikan rak barang serbaguna.


Box Kayu

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Rak dari box kayu / Heart Home


Sering melihat box buah atau sayuran dari kayu, yang banyak terdapat di pasar? Bila dipoles sedikit, maka box-box tersebut dapat diubah menjadi rak cantik yang dapat menambah aksen interior dalam kamar. Cukup dengan menyususnnya sesuai dengan ukuran dan warna kayunya, rak dari box kayu ini akan terlihat cocok diletakan di sudut kamar mana saja. 


Batako

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Rak dari batako / Homedit




Material bangunan yang satu ini jika tidak digunakan, bisa dimanfaatkan untuk rak barang di dalam kamar kos. Pilih beberapa batako dengan berbagai ukuran dan tipe yang berbeda, susun agar dapat berdiri dan letakan rak barang dari batako di sudut kamar yang tidak terpakai.


5. Note Board

Kalian para mahasiswa, pasti punya segudang aktivitas di luar sana yang menyimpan berbagai macam tugas dan kewajiban. Agar tidak ada tugas yang terlewat, ada baiknya buatlah sebuah papan catatan di salah satu sisi kamar kos. Gunakan barang berikut ini untuk mengkreasikan papan catatan sesuai dengan selera masing-masing.


Wall Grid

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Wall grid / Godiygo


Ada berbagai macam ukuran wall grid di pasaran yang dapat dipilih. Untuk kamar kos, pilih yang tidak begitu besar agar tidak terlalu memenuhi ruang dan tentunya nyaman di kantong saat membelinya. Setalah terpasang di dinding kamar, tambahkan beberapa klip kertas untuk menggantung notes atau pernak-pernik lainnya. 


Cork Sheets

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Note board berbentuk rubah dari cork sheets / Tesa


Bahan yang satu ini, lebih mudah untuk dikreasikan menjadi papan catatan di dalam kamar kos kalian. Wujud awalnya yang lembaran dan punya beberapa macam ketebalan, dapat diubah menjadi berbagai bentuk sesuai ide kalian.


Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Note board berbentuk heksagonal dari cork sheets / Weekend Knack


Untuk meletakan notes pada cork sheets, gunakan pin atau jarum pentul yang warna-warni. Supaya semakin mempercantik papan catatan kalian. 


Baca juga, Tinggal di Kosan? Siap Sedia 17 Barang Wajib Ini!


6. Kapstok Baju

Agar pakaian tertata dengan rapi, jangan lupa sediakan kapstok di dalam kamar kos kalian. Ada berbagai macam bentuk kapstok yang unik di pasaran, namun tentunya dibandrol dengan harganya yang cukup tinggi juga. Oleh karena itu jika kalian ingin kapstok yang unik namun tak perlu merogoh kocek yang dalam, coba beberapa kapstok di bawah ini.


Tangga

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Kapstok baju dari tangga / Sorting With Style


Tangga yang sudah tak terpakai, daripada tergeletak memenuhi gudang. Alangkah baiknya jika digunakan sebagai kapstok baju di dalam kamar. Tak perlu panjang-panjang, cukup gunakan 5-8 ruas anak tangga saja atau sesuaikan dengan kebutuhan. Tangga siap digunakan untuk menaruh pakaian dengan menyandarkannya di dinding.


Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Kapstok baju dari tangga / Lifestyle Sspace


Selain diletakan begitu saja, kapstok baju dari tangga juga bisa dibuat menempel di dinding. Yang diperlukan hanya membuat siku-siku untuk menopangnya di dinding. Gunakan hanger, maka baju-baju kalian akan tergantung rapi dengan kapstok ini.


7. Karpet

Bersantai di atas karpet dengan camilan di sampingnya, sering dilakukan beberapa anak kos saat sedang tidak ada kerjaan. Tapi jika tidak punya cukup dana untuk membeli karpet, tak perlu risau karena kini kalian dapat membuatnya sendiri di kamar.

Benang Wol


Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Karpet dengan pom-pom benang wol / Icreatived


Benang wol yang diubah menjadi pom-pom, dapat dijadikan karpet dengan merangkainya di selembar net. Untuk membuatnya lebih berwarna, gunakan benang wol dengan berbagai warna.


Kain Perca

Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Karpet dengan kain perca / The Spruce


Selain dengan pom-pom dari benang wol, membuat karpet nyaman juga bisa menggunakan kain perca. Kain yang sudah tak terpakai tersebut, hanya perlu kita gunting memanjang kecil-kecil, supaya bisa diikat pada net sebagai dasarannya.


Baca juga, 18 Desain dan Layout Kamar Kosan Kecil Tapi Stylish


8. Sarung Bantal

Daripada menambah biaya untuk membeli sarung bantal, coba manfaatakn kain-kain yang ada di dalam lemari kalian. Pilih kain dengan corak yang menarik, agar tampilan bantal kalian dapat menambah elemen dekor di dalam kamar.


Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Sarung bantal dari kain / Creature Comforts Blog


Tak perlu menjahitnya, cukup lipat-lipat dan ikat. Maka bantal kalian akan terbungkus rapi dengan kain yang telah kalian pilih. Jika bosan dengan corak kainnya, tinggal lepas kainnya dan ganti dengan kain dbaru yang lebih fresh warna dan motifnya.


Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian

Tahap membuat sarung bantal dengan kain / Ngeblogre



Teks oleh Aryo Sumbogo
Foto dan teaser dari Pinterest