Tak pernah ada batasan dalam merancang furnitur. Begitu banyak eksplorasi bentuk yang terbayangkan oleh para desainer produk sehingga menghadirkan desain yang menarik. Orisinalitas desain menjadi faktor penting dan kesuksesan sebuah produk. Dengan desain yang ergonomis dan tampilan yang menarik, sebuah furnitur bisa digunakan dan direproduksi hingga puluhan tahun kemudian. 




Pantonova / Montana Furniture


Pantonova merupakan salah satu contoh furnitur legendaris yang memiliki bentuk yang eye-catching dan masih sukses hingga kini. Pantonova adalah sofa modular yang dirancang oleh desainer Verner Panton pada tahun 1971. Sofa ini terbuat dari besi baja dengan lapisan chrome atau hitam yang mewah.

Verner Panton adalah salah satu desainer furnitur dan interior asal Denmark yang paling berpengaruh pada abad ke-20. Selama kariernya, ia menciptakan desain yang inovatif dan futuristik dalam berbagai bahan dan warna-warna.


Verner Panton (1926-1998)


Awalnya, Verner Panton merancang kursi Pantonova untuk restoran Varna di Denmark. Sebuah restoran yang mengusung desain era 1970-an yang tak lekang oleh waktu dan dipenuhi oleh warna-warna cerah. Di tengah desain interior yang vokal, kursi Pantonova nampak futuristis dan nyawan untuk setiap tamu.


Varna restaurant di Denmark / Flashbak


Koleksi furnitur ini semakin naik daun saat digunakan di film James Bond “The Spy Who Loved Me” (1977). Kursi-kursi tersebut nampak mengesankan di tengah-tengah scene yang dirancang oleh Ken Adam, movie production designer yang bertanggung jawab atas desain set film Bond pada tahun ‘60-an dan ‘70-an. 


Pantonova di film James Bond “The Spy Who Loved Me” (1977) / Bond Lifestyle




Pantonova system terdiri dari tiga desain yaitu Linear, Concave, dan Convex / Montana Furniture


Hadir dalam komposisi yang fleksibel dan cocok untuk segala tipe living room ataupun area lobby, Pantonova system terdiri dari tiga desain yaitu Linear, Concave, dan Convex. Pantonova juga dilengkapi oleh bantalan empuk dari berbagai macam bahan seperti kulit, fabric, ataupun beludru untuk meningkatkan estitika dan kenyamanan. Temukan sofa legendaris ini yang tersedia secara eksklusif melalui distributor tunggal, Montana Furniture di Indonesia, PT Bahana Wisesa Intiberkat.


Dengan passion akan desain, Montana Furniture bersama dengan distributor tunggal di Indonesia, PT Bahana Wisesa Intiberkat (BWI) mengadakan mengadakan BWI Design Competition with Montana yang melibatkan desainer terkemuka dari Tanah Air. Nama-nama biro desain yang masuk ke dalam nominasi antara lain:

1. AlvinT Studio
2. Bobos Design
3. Cerita Design 
4. DMDIO 
5. Eugenio Hendro Studio
6. Genius Loci
7. Magi Design Studio 

Acara ini didukung oleh CASA Indonesia. Karya-karya dari ketujuh desainer ini akan dipamerkan di Museum MACAN. Pameran sekaligus pengumuman pemenang akan diadakan pada pertengahan Januari 2020. Mari dukung desainer lokal menuju market global!



#RupaRupa

#BWIDesignCompetition

#BWIxMontanaxCasa

#investinyourpeople

#montanafurniture


Sumber foto: Dok. Montana Furniture, Bond Lifestyle