Belanda merupakan salah satu negara yang banyak penduduknya memilih untuk menggunakan sepeda sebagai moda transportasi sehari-hari, sehingga menjadi sebuah budaya turun-temurun. Tentunya dengan jumlah persebarannya yang luas, negara tersebut memerlukan tempat parkir dengan kuantitas yang banyak atau memiliki daya tampung yang sangat besar.




Parkir Sepeda Bawah Tanah Hadir di Belanda


Berkat isu tersebut, sebuah firma arsitektur asal Amsterdam, Ector Hoogstad Architecten menghadirkan sebuah solusi dengan merancang lahan parkir untuk sepeda di bawah tanah.


Baca juga: Intip Toko Buku Berinterior Penuh Silang di Tiongkok


Parkir Sepeda Bawah Tanah Hadir di Belanda




Berada di bawah stasiun kereta Utrecht, lahan parkir khusus ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 12.500 sepeda. Dilansir Design Boom, rancangan ini tidak hanya berpusat pada kebutuhan akan lahan parkir, melainkan juga berfokus pada kenyamanan serta keamanan dalam berkendara. Salah satunya adalah dengan cara memberi marka berwarna merah, agar para pesepeda mengetahui jalurnya dan meningkatkan kewaspadaannya.


Baca juga: MVRDV Rancang Gerai Transparan untuk Hermes


Parkir Sepeda Bawah Tanah Hadir di Belanda


Lahan parkir bawah tanah tiga lantai yang terintegrasi dengan stasiun kereta Utrecht ini dirancang dengan interior bergaya industrial yang lekat dengan beton ekspos dan baja. Gaya tersebut diimplementasikan untuk menghadirkan kesan natural dan dinamis, menyeimbangkan dengan budaya yang ada di masyarakat. Selain itu, elemen kayu pada cladding juga menambah nuansa hangat dan nyaman bagi para pengguna pelayanan publik tersebut.


Foto: dok. Petra Appelhof