Belakangan ini sering kita jumpai keberadaan tanaman hias dalam tiap dekorasi interior. Dan salah satu yang tak pernah absen digunakan adalah Monstera. Hal tersebut tak luput karena keunikan yang melekat pada tanaman yang masih tergolong talas-talasan ini.


Monstera, Sumber Kesegaran dan Inspirasi Untuk Ruang

Lindsay


Dan salah satu jenis Monstera yang banyak digandrungi oleh kalangan pecinta tanaman hias adalah Monstera deliciosa. Bentuk daunnya yang lebar seperti hati namun berlubang-lubang bahkan sampai sobek. Menjadi ciri khas utama, yang membuat orang selalu ingat terhadap tanaman rambat satu ini.


tanaman hias Monstera deliciosa

The Houseplant Hunter


Disamping itu, jika memiliki keinginan untuk menghadirkan Monstera sebagai dekorasi di dalam rumah, perhatikan informasi yang telah AlaCASA rangkum berikut ini. Supaya lebih mengenal dan tak akan salah dalam perawatannya nanti.


Monstera sebagai dekorasi di dalam rumah

Bay On A Budget


Cara Menanam Monstera

Bagi yang ingin memelihara dan bercocok tanam Monstera di rumah, solusi mudahnya adalah dengan cara setek batang. Dengan adanya akar pada batangnya, Monstera akan mudah untuk dibudidayakan dengan cara vegetatif tersebut. Dengan pemilihan indukan yang tepat serta pemupukan yang benar, bibit Monstera akan tumbuh dengan subur.


Cara Menanam Monstera

Cate St Hill


Cara Merawat Monstera

Meski berasal dari hutan belantara di Meksiko selatan hingga Panama, Monstera dapat diklasifikasikan sebagai tanaman tropis yang tidak harus banyak terpapar sinar matahari. Bahkan, tanaman ini pun mampu bertahan hidup jika diletakan di tempat yang menggunakan pendingin ruang. Asalkan temperatur udara ruangnya berkisar di angka 23-30 derajat celcius pada siang hari dan 15 derajat celcius saat malam hari. 



Selanjutnya, pemberian pupuk untuk Monstera sendiri cukup dilakukan sebulan sekali. Dan, tidak lupa untuk penyiraman rutin seminggu dua sampai tiga kali, serta pemangkasan daun-daun keringnya, Monstera pasti akan tumbuh subur jika Anda ikuti cara tersebut dan semakin mempercantik dekorasi interior maupun eksterior.


Baca juga, Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua dan Cara Merawatnya


Tahan Hama, Namun Beracun

Selain aman untuk ditanam di daerah yang lembab, Monstera juga termasuk tanaman yang memiliki ketahanan kuat terhadap hama dan penyakit. Meski perawatannya terbilang cukup mudah, namun yang perlu dijadikan perhatian dari tanaman ini adalah racunnya.


buah Monstera muda

Mother Nature Network


Dilarang untuk mengonsumsi setiap bagian dari tanaman ini, tak terkecuali buah dan daunnya. Sebab pada buah Monstera muda, terdapat kadar asam oksalat yang tinggi sehingga berbahaya jika dimakan. Dan ketika sudah matang pun, buah tersebut dapat menyebabkan urtikaria (ruam kulit berair) pada beberapa orang.


Monstera mampu mengakibatkan keracunan

Leaf & Paw


Sama halnya dengan buahnya, daun Monstera mampu mengakibatkan keracunan pada orang atau binatang yang mengkonsumsinya. Gejala keracunannya mulai dari rasa pahit dan iritasi di mulut, pelepuhan di tenggorokan, sampai aphonia atau kehilangan suara.


Monstera Sebagai Inspirasi Dekorasi Interior

Untuk keperluan dekorasi interior, Monstera memang sangat dapat dihandalkan. Tanaman ini tak akan terlihat ganjil di berbagai ruangan, misalnya ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, dapur, bahkan untuk kamar mandi sekalipun. Dimana saja Monstera berada, kehadirannya pasti akan memberi atmosfer positif bagi sekitarnya.


mendekorasi ruangannya dengan Monstera

Coco Lapine Design


Saking besarnya hype dari tanaman ini, banyak bermunculan komponen dekorasi interior yang terinspirasi dari bentuk Monstera. Sehingga bagi yang belum bisa mendekorasi ruangannya dengan Monstera, bisa menggunakan dekorasi berikut yang bisa dijadikan sebagai pilihan.


1. Wallpaper

Wallpaper dengan motif khas dari daun Monstera, pasti akan terlihat cantik dan selaras untuk dipasang di ruang-ruang santai. Seperti ruang keluarga ataupun kamar tidur, warnanya yang menyegarkan membuat mata lebih segar saat menatapnya.


Wallpaper motif daun Monstera

Urban Walls


Jika ingin nuansa yang lebih formal namun tetap menenangkan. Coba gunakan wallpaper dengan motif daun Monstera dengan warna latar yang lebih gelap, misalnya abu-abu. Dengan wallpaper yang satu ini, ruangan akan tetap terlihat sopan namun juga rileks.


khas dari daun Monstera

Anthropologie


2. Lukisan

Jangan biarkan dinding dalam ruangan terlihat kosong begitu saja. Beri sentuhan yang tenteram pada bidang dinding polos lewat lukisan tanaman Monstera. Meski hanya lukisan namun pesonanya akan tetap mengeluarkan kenyamanan bagi yang melihatnya.


lukisan Monstera di dinding

Forest Homes


Ingin lebih ada permainan pada lukisan Monstera di dinding? Cara mudahnya dengan menggunakan bingkai berbagai bentuk atau ukuran. Sentuhan kreatif tersebut akan menambah kesegaran ruang dengan irama estetikanya.


lukisan Monstera di dinding estetik

Etsy




3. Bantal

Sebagai pelengkap pada sofa santai di rumah, tambahkan bantal-bantal lembut dengan berbalut cover yang bercorak daun Monstera. Secara tidak langsung duduk di sofa dan ditemani dengan bantal tersebut akan tingkat kenyamanan dan estetika rumah semakin apik.


lukisan Monstera di bantal

Redbubble


Namun jika bosan dengan bantal yang bentuknya itu-itu saja. Ada juga lho bantal unik yang bentuknya menyerupai daun Monstera. Bantal ini akan sangat pas untuk ornamen ruangan tapi tetap fungsional.


bantal model Monstera

A Kailo Chic Life


4. Kap Lampu

Supaya lampu penerangan di dalam rumah lebih terlihat elok, bagaimana seandainya kap lampunya diganti dengan yang berlukiskan daun Monstera? Tak hanya cantik, lampu dengan kap seperti itu akan mejadi aksen dekoratif yang minimalis di dalam sebuah ruang.


Monstera, Kap Lampu

Etsy


Tidak hanya kap lampu saja yang bisa dihias dengan motif Montera. Lampu gantung pun dapat dipersolek dengan beberapa tiruan daun Monstera, dengan kertas DIY lalu susun rapi hingga membentuk kap lampu yang unik seperti di bawah ini.


Monstera, tirai

Hometoz

5. Tirai / Gorden

Sudah saatnya untuk meninggalkan gorden dengan warna polos sebagai dekorasi interior. Hadirkan nuansa baru yang lebih fresh, dengan gorden bermotif daun Monstera yang memiliki warna sejuk bagi mata. Dari penampilannya yang atraktif dan dapat menjadi penyeimbang bagi dinding polos di kanan dan kirinya.


Monstera, Sumber Kesegaran dan Inspirasi Untuk Ruang

Society6


Walaupun coraknya yang kompleks, tidak menjadi masalah jika menggabungkan dua gorden yang berbeda untuk satu bidang jendela dalam ruangan. Keduanya akan tetap terlihat serasi dengan tambahan tanaman serta perabot minimalis di sekitarnya.


Gorden lukisan Monstera

High End Curtain


6. Karpet 

Ruang pribadi seperti kamar tidur akan terasa lebih lengkap dengan sesuatu yang menyegarkan. Jika enggan menaruh terlalu banyak tanaman sebagai pencuci mata, coba gunakan karpet dengan motif daun Monstera sebagai penggantinya. Pilih dengan kualitas yang lembut serta warna menyejukan, supaya menggiring mood yang positif bagi penghuni kamar. Sedangkan untuk ruangan yang lebih santai, karpet dengan bentuk menyerupai daun Monstera akan lebih cocok karena memilik sisi menarik tersendiri.


Karpet Monstera dan Inspirasi Untuk Ruang

Lorena Canals Rugs 


Baca juga, Agar Tak Suntuk, Hadirkan 5 Tanaman ini di Kamar Kosan


7. Bed Cover

Bagaimana rasanya tidur beralas dan berselimutkan daun-daun seperti berada di dalam hutan? Coba gunakan sprei dan bed cover dengan corak daun-daun Monstera untuk kamar tidur, agar konsep urban jungle di dalam rumah semakin terasa. 


bed cover dengan corak daun-daun Monstera

Spotlight Stores


Untuk rumah bergaya minimalis pun, sprei dan bed cover seperti itu akan tetap terlihat pas untuk dipasang pada tempat tidur. Tidur di atasnya pasti akan segar saat bangun di pagi harinya


bed cover dengan corak Monstera

Wayfair


8. Cermin

Untuk keperluan fungsi dan dekorasi interior pasti cermin jadi benda utama yang terlintas untuk dibeli. Anda bisa menghias serta mendapatkan fungsi dengan memakai cermin yang bentuknya mirip dengan daun Monstera ini,  Apalagi jika diletakan di sela-sela rerimbunan tanaman hias di dalam ruang, kehadirannya menambah eksentrik.


dekorasi interior cermin Monstera

Etsy


9. Piring

Untuk peminat piring hias, sudahkah melengkapi koleksi Anda dengan piring cantik berbentuk daun Monstera seperti ini? Selain memberikan sentuhan yang khas pada ruang, pajangan ini juga bisa menjadi pelengkap dekorasi interior dengan konsep urban jungle namun tetap memberi efek eksklusif pada ruang. 


Monstera, piring hias

Flickr


Jangan lupa pula untuk memperhatikan keselarasan antara piring-piring cantik tersebut dengan item dekorasi interior lainnya. Pasangkan dengan pajangan-pajangan lucu lainnya, supaya semakin menciptakan kesegaran untuk dipandang.


Monstera, Sumber Kesegaran dan Inspirasi Untuk Ruang

Decocrush

tanaman hias di meja tamu

Homeplace


10. Gantungan Cantik

Yang satu ini khusus untuk kamar buah hati di rumah. Menyulap kamar jagoan kecil agar terlihat lebih sejuk dan nyaman, tak harus dengan effort yang besar. Cukup tambahkan pernak-pernik cantik yang punya efek menyejukan ruang agar si kecil nyaman di dalamnya. Gantungan cantik berbentuk daun Monstera ini salah satu contohnya.


Gantungan cantik berbentuk daun Monstera

Kelly Blog



Teks oleh Aryo Sumbogo