Menyempitnya ketersediaan lahan untuk mendirikan bangunan di kota-kota besar, membuat semua orang, termasuk para pelaku gubah ruang untuk lebih kreatif dan solutif dalam merealisasikan bangunan impiannya. Sama halnya dengan apa yang dilakukan Dustin Lancaster, seorang entrepreneur asal Amerika Serikat.


Intip Restorasi Kantor Pemadam Menjadi Hotel Unik!




Dustin bekerja sama dengan Creative Space untuk mengalih fungsikan bangunan tua bekas kantor pemadam kebakaran menjadi sebuah boutique hotel di Los Angeles. Bangunan yang pertama kali berdiri di tahun 1927 tersebut, kini memiliki 9 kamar suites, sebuah restoran, bar, cafe, dan retail shop.


Baca juga: Nikmati Hotel Kapsul Mewah & Tenang di Hotel Zen Tokyo


Intip Restorasi Kantor Pemadam Menjadi Hotel Unik!


Konsep dari hotel yang bernama Arts District Firehouse Hotel ini adalah memfungsikan kembali serta merestorasi bangunan bersejarah di kawasan tersebut. Oleh karena itu, sang pemilik hotel masih mempertahankan elemen-elemen asli pada bangunan ini, seperti pintu garasi berwarna merah, serta kode wilayah operasi kantor pemadam tersebut di bagian fasad.


Intip Restorasi Kantor Pemadam Menjadi Hotel Unik!




Courtyard merupakan area eksterior lainnya yang tidak digubah seratus persen. Penambahan furnitur untuk bersantai melengkapi nuansa hangat yang datang dari dominasi terakota.


Baca juga: Wajib Menginap di 10 Hotel Instagramable di Perth Ini


Intip Restorasi Kantor Pemadam Menjadi Hotel Unik!


Sedangkan untuk interior, Sally Breer dari firma ETC.etera menghadirkan filosofi yang bernarasi tentang hubungan ibu dan anak pada desainnya. Hal tersebut dapat terlihat melalui palet-palet yang melambangkan kedewasaan, seperti cokelat, putih, beige, dan hitam pada setiap ruangan dengan ditambahkan aksen-aksen berwarna cerah dan ceria sebagai penyeimbang yang juga memberikan kesan playful.


Intip Restorasi Kantor Pemadam Menjadi Hotel Unik!


Penambahan sound proofing pada bagian dinding, ceiling, serta jendela kamar suites merupakan salah satu proses yang cukup memberikan kendala saat restorasi. Creative Space yang juga berperan sebagai kontraktor memperhitungkan dengan teliti pada proses renovasi kamar sehingga tetap mempertahankan keaslian bangunannya.


Foto: dok. Laure Joliet