Penuh pertanyaan dan rasa ingin tahu merupakan sebagian kecil dari sifat milik Alvin Tjitrowirjo. Kedua nilai tersebut kerap ia satukan dalam usaha untuk meraih pengetahuan lebih mendalam akan desain serta seni. Inilah dia sosok desainer yang telah menggawangi AlvinT sejak tahun 2006.


Salah satu proyek mutakhir yang ia garap adalah Kopi Lokal yang berlokasi di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan. Tak hanya itu saja, ia aktif pula dalam mengikuti kompetisi desain seperti BWI Design Competition 2019 yang didukung oleh Montana dan BWI Furniture.




Baca juga, Pantonova, Montana: Kursi Legendaris di Film James Bond



Karya ALvinT untuk BWI Design Competition with Montana:

Karya bertajuk Purpose oleh AlvinT


Karya bertajuk Purpose oleh AlvinT



Sebagai desainer muda, ia menyongsong visi besar, yaitu memperkenalkan kearifan Indonesia melalui desain berparas kontemporer. Hal ini ia eksplorasi karena sesuatu yang gamblang tak cukup dalam menyuarakan nilai budaya nusantara ke masyarakat global.



Penting sekali makna budaya untuk terus dieksplorasi agar turut beradaptasi dengan roda kehidupan modern. Namun faktor timeless tetap perlu diutamakan agar desain menjadi tak lekang oleh waktu.


Baca juga, Apa Perbedaan Desain Produk dan Industrial Design?


Dalam merintis karirnya di industri desain, Alvin kerap ikut serta dalam beragam pameran. Dimulai dari Salone Satellite di Milan, Italia, lalu Stockholm Furniture and Lighting Fair 2019, hingga Design Pier 2019 di New York, Amerika Serikat. Begitu pula di pameran Casa Indonesia, baik dalam segmen Designer Showcase maupun sebagai tenant.



Baca juga, CASA Indonesia 2015 Hadirkan 8 Karya Designer Showcase


Material seperti aluminium dan stainless steel kerap dipadukan bersama material lokal seperti kayu jati serta rotan. Melalui kombinasi ini, Alvin menciptakan produk yang bergaya modern dan bahkan dibaluri kesan fun berkat bentuk yang diadaptasi, 



Apa sajakah produk ikonis yang menjadi andalan dari desainer jebolan RMIT University dan IED European Design Lab ini?

Simak rangkuman lengkapnya di bawah ini.




1. Linger chair

Produk bench yang diciptakan Alvin ini seakan mengajak sekumpulan orang untuk berkumpul lebih lama sembari bersosialisasi. Terbuat dari rotan, furnitur ini turut hadir dalam pilihan warna natural dari rotan, putih, serta hitam.




2. Lumping

Tarian lokal bertajuk kuda lumping menginspirasi produk yang dapat digunakan di indoor maupun outdoor. Siluet kuda mungil seolah ditampilkan dengan lebih jenaka sambil diselubungi oleh permukaan terbuat dari metode anyaman.




3. Angan Floor Shelf

Bentuk menyerupai cage pada karya bertajuk Angan merupakan terjemahan Alvin atas kondisi pikiran di tengah keinginan untuk berkembang namun takut akan perubahan.




4. Malya

Sebuah armchair yang mengekspresikan keluwesan serta kelenturan material rotan dalam paras gaya yang modern.




5. Loop Bench

Motif rajutan yang sering ditemukan saat melihat rotan sebagai kursi dan sofa seolah diperbesar hingga menjadi bench berukuran 78 x 42 x 45,5 sentimeter.




Karya unik serta menarik seperti apakah yang akan ia cetuskan berikutnya? 


Foto teaser: Profil Alvin Tjitrowirjo / Alvin Tjitrowirjo