Beberapa tahun kebelakang ini istilah coworking space seringkali dijumpai, atau bahkan ada yang sudah pernah mengunjunginya. Jadi, apa sebenarnya coworking space itu? Berbeda dengan kantor konvensional, konsep coworking space yang dibuat sedemikian rupa merupakan tempat kerja berisikan beberapa orang yang dapat bekerja bersama-sama namun berasal dari bisnis atau perusahaan berbeda.






Baca juga, Co-Working Space Baru di Jantung Ekonomi Jakarta


Seperti halnya, shared office dibuat memiliki beragam fasilitas yang menyediakan peralatan kantor, ruang kerja, ruang meeting bahkan pantry sekalipun. Tren coworking space ini tidak memiliki patokan umur, tapi saat ini generasi millenials lah yang sedang ramai-ramai merasakannya. Pada 9 Agustus lalu, Kreativv ID sebuah creative content platform bekerja sama dengan Astana Living dan QSpace dalam mengadakan sebuah talk show Millenial Workspace di Kolega Coworking Space, Kuningan, Jakarta Selatan.



Miela Indarto, Chief Design Astana / Dok. CASA Indonesia


Acara yang bertajuk "Memaksimalkan Ruang Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas" ini dibuka oleh Thariq Salam selaku Community Relations dari Kolega dan dipandu oleh Chief Design Astana, Miela Indarto.





Tsamara Alifia dan Aditya Indra Pratama dalam #kreativvsession / dok. CASA Indonesia


Membahas seputar tren coworking space yang sedang berkembang saat ini, Tsamara Alifia, Desainer Interior Kolega Coworking Space dan Aditya Indra Pratama, Desainer Interior QSpace, memaparkan bahwa tren office di kalangan generasi millenial ini juga musti disesuaikan dengan kebutuhan dari para pengguna coworking space itu sendiri. Setiap pengguna coworking space nantinya pasti memiliki kebutuhan yang spesifik untuk menunjang pekerjaannya masing-masing.


Baca juga, 9 Coworking Space Asik yang Cocok Buat Entrepreneur



Dok. Kreativv ID


Tentunya, di dalam membuat sebuah coworking space, perbedaan budaya dari generasi terdahulu dengan millenials sekarang menjadi sebuah tantangan. Budaya perusahaan di Indonesia yang mengedepankan sebuah hierarki yang kuat, untuk itulah coworking space datang menjadi jawaban dalam menjembatani hubungan antara atasan dan bawahan untuk berinteraksi, hal itu membawa keuntungan kepada perusahaan karena dengan itu produktivitas karyawan akan meningkat apabila komunikasi yang terjalin bertambah baik.


Sumber foto + teaser: Dok. CASA Indonesia, Dok. Kreativv ID