Sebuah bangunan tentunya memiliki pintu sebagai akses keluar masuk, karena pintu menjadi penghubung antara ruang yang satu dengan ruang yang lain. Beragam model pintu juga bisa menjadi pertimbangan pemilik bangunan saat membangunnya.

Oleh karena itu banyak jenis pintu yang bisa dijadikan opsi, mulai dari materialnya, motif, desain, dan warna. Pemilihan tersebut bisa disesuaikan dengan selera, konsep rumah atau bahkan tujuan pada nantinya karena itu akan membantu memperlihatkan sisi hunian yang rapi dan menghemat penggunaan tempat. 






Etsy


Jika Anda ingin menghemat penggunaan tempat dan memperlihatkan luas hunian Anda, ternyata pintu geser bisa menjadi solusi yang tepat. Dibandingkan dengan pintu engsel biasa yang memakan banyak tempat saat dibuka, pintu geser ini juga dapat membantu mempercantik tampilan rumah.

Akan tetapi, dengan banyaknya variasi dalam pemilihan pintu geser Anda juga bisa melihatnya dari segi kebutuhan, bahan baku dan fungsi masing-masing dari pintu geser tersebut, seperti beberapa jenis yang ada dibawah ini.


Baca juga, 12 Inspirasi Pintu Minimalis Terbaik Untuk Rumah Anda


Material kayu dapat memberikan privasi yang lebih di hunian Anda

Solid dan tidak tembus pandang itulah yang mendeskripsikan pintu kayu ini. Sehingga menjadikan pintu geser kayu ini cocok untuk menjaga privasi Anda di rumah, seperti diletakkan di gudang. Barang-barang yang bertumpuk di gudang tidak akan terlihat dan tentunya mudah untuk disembunyikan. Selain gudang, pintu ini juga cocok untuk ruangan kecil tempat penyimpanan peralatan kebersihan rumah. Motif kayu yang unik juga membantu membuat rumah terlihat rapi dan pintu ini juga akan memberikan efek hidup dalam ruang.



Dekostile


Panel kaca yang dikelilingi oleh kayu

Berbeda dengan pintu geser material kayu, pintu geser kayu dengan panel kaca ini tetap memberikan efek privasi dan memberikan konektivitas dengan ruangan lain secara bersamaan. Seperti ruang keluarga dan halaman belakang, pintu ini dapat membantu pencahayaan matahari yang masuk dalam ruangan dan sirkulasi udara yang terasa lebih segar. 



Bedroom Ideas

Baca juga, 32 Inspirasi Pagar Rumah Minimalis untuk 2019


Material kaca buram yang membatasi penglihatan

Kaca buram dan kaca bening pada umunya memiliki perbedaan. Material kaca buram ini tetap mendapatkan cahaya yang masuk namun akan membatasi penglihatan bagian dalam ruang, sehingga privasi Anda tetap terjaga didalam. Jenis pintu ini bisa digunakan untuk dapur yang berantakan, sehingga Anda bisa menyembunyikan bumbu-bumbu dan peralatan masak, juga digunakan di kamar mandi yang terletak dalam kamar yang tidak terlalu memakan banyak tempat.



Est_living


Penyekat ruang dari pintu geser alumunium

Memiliki fungsi sebagai penyekat ruang, pintu geser berbahan alumunium ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengemat ruang. Berbagai macam model pintu geser alumunium, seperti campuran kaca dan alumunium yang tetap memperlihatkan kebersihan dan elegan secara bersamaan. Pintu ini cocok untuk hunian Anda yang bergaya minimalis.





The Stables


Corat-coret resep masakan di pintu geser papan tulis

Dengan menyediakan pintu yang memiliki media tulis, pemilihan papan tulis sebagai panel bisa membantu Anda dalam memaksimalkan kreativitas. Anda tidak perlu repot dalam mencari kertas untuk mencatat. Pintu ini merupakan salah satu pintu geser yang cocok berada di dapur dengan pertimbangan dapat mempermudah Anda untuk menulis resep makanan yang mudah dilihat.



The Handmade Home


Melipat pintu geser untuk ruang yang lebih luas

Memiliki ruangan yang membutuhkan pintu besar tapi tidak ingin memakai banyak tempat? Pintu geser lipat jawabannya. Walaupun pintu geser jenis ini merupakan salah satu yang memakan tempat saat dibuka, tetapi pintu ini cocok digunakan untuk garasi ataupun ruang keluarga. Sehingga ruang-ruang tersebut akan terasa lebih lega saat pintu ditumpuk untuk membuka jalan.



Kitchen Architecture


Baca juga, 9 Desain Rumah Idaman yang Paling Disukai Banyak Orang


Terasa ringan, ciri khas pintu geser ala rumah tradisional Jepang

Dibuat lebih ringan daripada pintu geser lainnya, pintu geser yang terdapat di rumah-rumah tradisional Jepang ini menggunakan kayu dengan panel kotak-kotak sebagai daun pintu yang menggunakan material kertas. Sehingga pintu ini diharapkan kuat saat terkena guncangan. Tetapi jangan khawatir pemilihan material panel seperti kaca buram ataupun kaca bening dapat disesuaikan dengan kebutuhan.



Contemporist


Partisi antar ruang oleh pintu geser kaca bening

Memiliki sifat tembus pandang, pintu geser kaca bening ini bisa digunakan sebagai partisi antar ruang dirumah. Bisa saja Anda meletakkannya di antara ruang keluarga dan ruang makan. Walaupun ruangan tersebut memiliki batasan oleh pintu geser, sebenarnya ruangan tersebut menyatu dan mendapatkan efek luas ketika pintu geser ini dibuka.



The Stables

Baca juga, 10 Desain Kamar Tidur Mungil dan Minimalis


Dinding rumah yang terbuat dari pintu geser

Pintu geser memiliki beragam fungsi, salah satunya bisa dijadikan sebagai dinding rumah. Rel geser yang tersembunyi di langit-langit dapat memperlihatkan ruang tersebut dan warna pintu yang gelap dapat memperlihatkan aksen dinding yang berbeda. Panel pintu geser ini dapat memakai bermacam-macam material, mulai dari kayu, kaca, cermin, bahkan metal. Pintu ini bisa juga digunakan sebagai penghubung kamar tidur, karena tetap bisa menjaga privasi dari dalam kamar itu.



Wall Sweet Wall

Sumber teaser: Meir Australia