Seiring berjalannya waktu, tren desain pada interior terus berubah dan berkembang. Tentu sebagai pemilik rumah, Anda memiliki keinginan untuk selalu menghadirkan suasana baru pada rumah. Namun terkadang, budget yang terbatas sering kali menjadi penghalang dalam merealisasikan rencana dekorasi rumah.


Untuk menyiasati kendala tersebut, semangat dan desain Do It Yourself dapat menjadi alternatif dalam menghadirkan nuansa interior yang fresh. Konsep DIY juga meminmialisasi pengeluaran berlebih dalam berbelanja elemen interior baru. Selain itu, menentukan area mana yang mendapatkan prioritas juga dapat membantu Anda memaksimalkan konsep ruang yang senada. 





Untuk awal, Anda bisa coba untuk mendekor ulang area living room. Area yang sering kali menjadi jantung rumah dan juga ruang bertamu ini memang sangat perlu untuk diperhatikan, sehingga memberikan first impression yang baik dan juga melekat pada setiap tamu yang datang. Ikuti tips-tips berikut.


1. Ubah motif sarung bantal secara berkala


7 Cara Menyulap Living Room Menjadi Baru Secara DIY

Paynes Gray


Mengubah motif sarung bantal untuk sofa Anda ternyata mampu menghadirkan nuansa yang berbeda pada interior living room. Tentunya hal tersebut akan lebih terjangkau daripada harus membeli set furnitur baru. Selain itu, Jika Anda tidak memiliki banyak pilihan dalam motif sarung bantal, coba untuk menjahit sendiri pola yang diinginkan.


2. Gunakan karpet berona monokromatis


7 Cara Menyulap Living Room Menjadi Baru Secara DIY

West Elm


Elemen interior dengan rona monokromatis sangat cocok untuk menjadi pelengkap dalam setiap gaya interior. Salah satu elemen yang bisa anda hadirkan adalah karpet. Pilih karpet yang juga memiliki pola kontemporer agar menambah kesan modern untuk living room Anda.


Baca juga: Siasat Dalam Memilih Karpet Lantai Untuk Dekorasi Ruang


3. Perbarui hiasan dinding


7 Cara Menyulap Living Room Menjadi Baru Secara DIY

Nordic


Terkadang area dinding pada living room sering kali terabaikan untuk didekorasi ulang. Padahal dengan menata ulang secara berkala, ruang kumpul keluarga bisa terasa lebih fresh dan menarik. Anda bisa menukar foto keluarga yang terpajang dengan gambar atau poster Anda dan anggota keluarga suka lain untuk menambah sentuhan personal.




4. Atur kembali posisi furnitur



Jika Anda rasa tidak memiliki waktu untuk mengganti hiasan dinding, menjahit sarung bantal baru, atau berbelanja elemen interior lainnya, Anda bisa mengatur ulang posisi furnitur yang ada. Cara ini juga terbilang hemat dalam biaya serta menstimulasi Anda sekeluarga untuk menuangkan ide kreatif dalam menata rumahs secara DIY.


5. Kehadiran centerpiece sebagai aksen


7 Cara Menyulap Living Room Menjadi Baru Secara DIY

Etsy


Aksesori interior seperti centerpiece yang berukuran kecil pun bisa memberikan dampak yang besar dalam menghadirkan suasana berbeda. Letakkan aksesori seperti vas bunga dan aromatic candle untuk menambah warna di ruang keluarga Anda.


Baca juga: Unik! 5 Trik Menghias Dinding Seperti Galeri Seni


6. Tambahkan rak pada dinding


7 Cara Menyulap Living Room Menjadi Baru Secara DIY


Agar menjaga kerapian ruang, Anda bisa juga membuat rak secara DIY dengan menggunakan balok kayu. Dengan membuat rak sendiri, tentunya Anda akan memiliki keleluasaan dalam menambahkan sentuhan personal dalam finishing.


7. Tanaman hias hadirkan suasana asri


7 Cara Menyulap Living Room Menjadi Baru Secara DIY

Nyde


Tidak hanya hadir untuk menambah warna hijau pada living room, tanaman hias juga memiliki manfaat untuk kesehatan penggunanya. Beberapa tanaman hias mampu berperan sebagai pembersih udara ruangan secara alami sehingga Anda dan keluarga terbebas dari debu-debu yang mengganggu.


Foto teaser: dok. Crystalin Marie