Privasi menjadi hal yang sangat diperhatikan saat merancang rumah idaman. Mengusung gaya modern tropis, rumah gubahan Gohte Architects yang berada di kawasan Karawaci ini didesain untuk memiliki tingkat keamanan maksimal tanpa mengurangi fitur bukaan khas gaya desain tersebut.


Manfaat Cross Ventilation Pada Desain Rumah Tropis




Rumah yang dibangun di atas tanah seluas 634 meter persegi ini dirancang sebagai hunian dengan struktur yang masif sebagai cara memaksimalkan fungsi dari setiap ruangan. Kehadiran massa bangunan yang padat juga menjadi salah satu treatment penting yang digunakan untuk menjaga privasi dari luar. Kehadiran dinding vertikal yang terbuat dari batu andesit jumbo di bagian pinggir kolam renang menutup pandangan dari luar yang menghadap ke sebuah sekolah di kawasan tersebut.


Baca juga: Tips Sederhana Buat Halaman Rumah Modern Jadi Cantik


Manfaat Cross Ventilation Pada Desain Rumah Tropis


Kolam renang di rumah ini juga memiliki peran sebagai reflective pond. Peran ini sangat berguna untuk memantulkan cahaya alami dari luar ke dalam rumah. Selain itu, area tersebut memiliki bukaan void yang mampu menghantarkan sirkulasi udara yang baik ke dalam rumah. Konsep cross-ventilation diaplikasikan untuk memaksimalkan sirkulasi udara di dalam rumah. Flow udara sejuk yang datang dari lantai satu menekan udara panas yang datang dari lantai atas sebelum kembali dialihkan ke luar.


Manfaat Cross Ventilation Pada Desain Rumah Tropis


Baca juga: Yuk Hidup ala Samurai di Tempat Ini!


Suasana khas pondokan Bali merupakan keinginan sang pemilik sebagai elemen dalam rumah idamannya. Hal tersebut direalisasikan melalui ukiran khas Bali pada architrave pintu. Tidak hanya itu, penggunaan material seperti kayu bengkirai, batu curi, hingga travertine, serta kombinasi warna natural juga menjadi simbol keharmonisan alam yang terpampang pada eksterior rumah.




Manfaat Cross Ventilation Pada Desain Rumah Tropis


Gaya desain kontemporer dan mid-century kental dan kontras terasa menyelimuti interior rumah tiga lantai ini. Hampir seluruh elemen interior dirancang secara custom dan ada juga yang dibawa langsung dari Bali. Sang arsitek mengaplikasikan pencahayaan dengan mood natural sebagai jembatan yang menggabungkan elemen interior dengan eksteriornya guna mendapatkan kesan layaknya sebuah villa mewah di Pulau Dewata.


Manfaat Cross Ventilation Pada Desain Rumah Tropis


Fitur menarik lainnya dari rumah ini adanya konsep split level yang memisah ruang tamu dan ruang makan yang meliputi pantry. Di lantai dua para anggota keluarga lebih banyak melakukan aktivitas bersama-sama. Oleh karena ini, lantai ini memiliki ruang keluarga yang dirancang dapat menghubungkan kamar-kamar dari seluruh penghuni rumah.


Baca juga: Fleksibel dan Anti Sempit! Solusi Jitu Kamar Tidur Anak


Manfaat Cross Ventilation Pada Desain Rumah Tropis


Selain itu, terdapat sebuah kapel yang didesain cukup spacious nan simple. Fasilitas ruang studi dengan seating layout lesehan membuat nyaman bagi anak-anak saat belajar.


Sumber foto: dok. Mario Wibowo