Silahkan akses Google Maps di smartphone maupun gadget kesayangan Anda dan mulai tandai lokasi pameran spektakuler yang wajib didatangi tahun ini.

Seiring dengan dilonggarkannya kebijakan mengunjungi tempat umum di masa pandemi, ranah publik seperti galeri dan museum mulai bisa dikunjungi dengan wajib mengikuti protokol kesehatan masa kini.







Ini bisa menjadi kesempatan bagi publik untuk mengunjungi pameran yang masih berlangsung hingga akhir tahun 2020 bahkan 2021 mendatang. Dimulai dari tokoh ternama di dunia mode hingga seni yang berlangsung di beragam belahan dunia. Seperti di benua Eropa, Amerika, serta Asia.


Baca juga, Ghibli Park Siap Buka 2022, Ini Bocoran Desainnya!


Pameran apa sajakah yang wajib Anda datangi tahun ini?


1. Christian Louboutin: L’Exhibition[nist]

Cerita milik tokoh di balik produk sepatu ikonis bertapak warna merah kini hadir dalam pameran yang berlokasi di kota kelahiran miliknya. Koleksi pribadi yang belum pernah ditampilkan ke khalayak umum hingga beragam koleksi andalan Louboutin hadir bersama dengan karya kolaborasi eksklusif.




Lokasi: Palais de la Porte Dorée, Paris, Perancis. Berlangsung hingga 3 Januari 2021


2. Uniquely Hong Kong – A Celebration of Hong Kong Art

Sejumlah 28 artis lokal dari Hong Kong yang kini mulai menjajaki karirnya di dunia seni menyuguhkan beragam karyanya dalam rangka selebrasi komunitas seni setempat.

Lokasi: Alisan Fine Arts Central Gallery, Hong Kong. Berlangsung hingga 3 September 2020


3. Andy Warhol

Karya milik maestro pop art akhirnya dapat dinikmati publik setelah penantian dua dekade lamanya. Berlangsung di Tate Modern, rentetan karya ikonis (Campbell’s soup can) beserta karya yang belum pernah ditampilkan di United Kingdom turut hadir dalam perhelatan ini. Di antaranya adalah potret dalam seri Ladies and Gentlemen dan karya terakhir sebelum Warhol meninggal dunia bertajuk Sixty Last Suppers.




Lokasi: Tate Modern, London, UK. Berlangsung hingga 15 November 2020


4. Black is Beautiful: The Photography of Kwane Brathwaite

Sebagai penghormatan perannya di masa Harlem Renaissance kedua, traveling exhibition ini menyuguhkan sosok Kwame Brathwaite saat meniti karirnya. Karya fotografi miliknya tercatat pernah menjadi slogan politik bertajuk Black is Beautiful pada akhir tahun 1950-an dan 1960-an.




Lokasi: Columbia Museum of Art, South Carolina, Amerika Serikat. Berlangsung hingga 6 September 2020


5. Cao Fei: Blueprints

Ini dia pameran solo pertama dan terbesar bagi Cao Fei di United Kingdom. Meleburkan karya lama serta yang teranyar, ajang kali ini memfokuskan pada topik dunia virtual dan realitas serta teknologi dan automation.

Lokasi: Serpentine Galleries, London, United Kingdom. Berlangsung hingga 13 September 2020


Baca juga, Cuma Ada 300 Di Dunia! Buku Eksklusif Karya Eko Nugroho


6. Steve McQueen Year 3

Merepresentasikan tajuk pameran, Steve McQueen mengundang beragam murid yang kini berada di tahun ketiga menjalani sekolah di kota London sebagai objek foto. Ia berintensi menyinggung topik terkait kapitalisasi di masa depan melalui potret generasi muda yang penuh harapan positif menyongsong masa mendatang.




Lokasi: Tate Britain, London, United Kingdom. Berlangsung hingga 31 Januari 2021




7. Otobong Nkanga: There’s No Such Thing as Solid Ground

Seniman Nkanga mengeksplorasi hubungan antara kemanusiaan dan bumi sekaligus menyinggung isu global terkait penggarapan sumber daya alam. Pameran solo ini turut diadakan usai Nkanga menjalani satu tahun residensi di Gropius Bau yang fokus terhadap visual serta tampilan milik karyanya.




Lokasi: Gropius Bau, Berlin, Jerman. Berlangsung hingga 13 Desember 2020


Baca juga, Intip Karya Seniman Ini Di Tengah Penggalangan Dana!


8. Artemisia

Pameran ini merupakan pameran terbesar di United Kingdom bagi seniman baroque asal Italia yang pada abad ke-17 karyanya tidak terlalu mudah diterima oleh masyarakat pada masanya. Perhelatan kali ini turut menampilkan karya potret dirinya yang bertajk Judith Beheading Holofernes.

Lokasi: The National Gallery, London, United Kingdom. Berlangsung dari 3 Oktober 2020 hingga 24 Januari 2021


9. Lygia Clark: Painting as an Experimental Field, 1948 – 1958

Saatnya menjelajahi kembali titik awal jejak karir sosok seniman Lygia Clark. Berasal dari Brazil, pameran menghadirkan karya milik Clark yang mengeksplorasi konsep figure serta abstrak yang nantinya menjadi fondasi dari karya seninya.




Lokasi: Guggenheim Bilbao, Spanyol. Berlangsung hingga 25 Oktober 2020


10. Peter Lindbergh: Untold Stories

MK&G Hamburg mempersembahkan pameran yang pernah dikurasi oleh fotografer asal Jerman, bernama Peter Lindbergh yang telah meninggal dunia pada bulan September 2019. Sederetan 140 karya fotografi ditampilkan yang merupakan hasil karya beliau sejak tahun 1980 hingga 2019.




Lokasi: MK&G Hamburg, Jerman. Berlangsung hingga 1 November 2020


11. Afterglow: Yokohama Triennale

Bertajuk Afterglow, ajang Yokohama Triennale 2020 yang ketujuh kembali hadir dipimpin oleh Raqs Media Collective sebagi creative director. Judul ini dipilih guna membicarakan topik bagaimana manusia menjalani kehidupan sehari-hari usai merasakan percikan cahaya di pagi hari.

Lokasi: Yokohama Museum of Art, Kanagawa, Jepang. Berlangsung hingga 11 Oktober 2020


Baca juga, Seniman asal Korea ini Ciptakan Karya Seni Unik


12. Millet and Modern Art: From Van Gog to Dalí

Sebagai sosok pionir dalam menyajikan penggambaran akan kehidupan rural, lanskap, hingga nudes, kini karya ciptaan pelukis Perancis Jean-François Millet menjadi fokus utama dalam pameran Millet and Modern Art. Tak hanya itu saja, pameran turut menyuguhkan karya ciptaan Vincent van Gogh, Claude Monet, dan Salvador Dali.

Lokasi: Saint Louis Art Museum, Missouri, Amerika Serikat. Berlangsung hingga 7 September 2020


13. Latif Mohidin: Pago Pago

Usai hadir di Paris serta Kuala Lumpur pada tahun 2018, pameran Latif Mahidin: Pago Pago kembali ke Singapura. Melalui rangkaian karya seni, tulisan, film, hingga fotografi, ajang ini menunjukkan jejak karir Latiff Mohidin saat ia berkenala di benua Eropa serta Asia Tenggara pada tahun 1950-an dan 1960-an.




Lokasi: National Gallery Singapore. Berlangsung hingga 27 September 2020


14. Aubrey Beardsley

Pameran dari karya Aubrey Beardsley kini diperpanjang hingga akhir bulan September 2020. Melalui perhelatan ini, pengunjung dapat menyaksikan jejak karya Victorian artist yang dikenal intens namun hanya berlangsung dalam waktu singkat.




Lokasi: Tate Britain, London, United Kingdom. Berlangsung hingga 20 September 2020



Foto teaser: Pameran Christian Louboutin
Artikel asli berasal dari Net-A-Porter