Bagaimana kah caranya menghadirkan desain ruang tamu berkonsep mewah dalam apartemen berukuran 70 meter persegi?

Sebuah unit apartemen studio di kawasan Senopati, Jakarta Selatan telah direnovasi oleh Tri Hikmawati dari TMS Creative. Tak hanya mewah, hunian hadir dengan perancangan ruang yang mampu mengoptimalkan penggunaan ruang yang ada. Sesuai dengan keinginan penghuni yang menginginkan kesan luas tanpa mengindahkan batas antara kamar tidur dan ruang lainnya.

Beragam siasat desain disuguhkan dalam apartemen ini dengan tampilan yang maskulin. Apa sajakah siasat tersebut?





Konsep kamuflase pada pembatas ruang

Tiga swivel panel terlihat pada salah satu sisi ruang tamu. Nyatanya, panel ini berfungsi sebagai pemisah ruang antara ruang tamu dan kamar tidur. Bisa diputar hingga 360 derajat, dinding panel dengan leluasa dapat dibuka dan tutup oleh penghuni sehingga mempermudah pengaturan privasi bagi pemilik rumah. Uniknya, sebuah televisi disematkan pada panel yang tengah, sehingga bisa menikmati tayangan di dalamnya dari ruang tamu maupun kamar tidur.




Baca juga, 10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit


Penggunaan panel bermotif

Elemen panel dinding kian terelevasi dengan penerapan motif geometri dengan detail garis berwarna emas, biru, dan hijau. Motif inilah yang diterapkan pada swivel panel dan kedua sisi panel mengadaptasi dua motif yang berbeda. Ini memberikan pilihan pada pemilik untuk menampilkan visual dinding panel sesuai keinginannya pada kedua ruang.




Baca juga, Warna Apa yang Sesuai dengan Zodiak Anda? Yuk Simak!


Optimalisasi ruang dapur

Mengadaptasi layout berbentuk U, desainer mengubah ruang dapur yang dahulunya menyatu dengan ruang makan menjadi sebuah konsep desain yang lebih compact. Terciptalah susunan desain yang menggabungkan pantry dengan meja makan berupa breakfast table. Dengan demikian, jalur sirkulasi menjadi lebih leluasa di area ini.






Baca juga, 5 Desain Dapur Compact 3x3 Untuk Rumah Minimalis Anda


Interior bernuansa maskulin

Nuansa maskulin dihadirkan dalam pemakaian elemen kayu warna hitam dan ebony serta warna emas sebagai aksen. Lalu, trik desainer untuk menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan mewah adalah penggunaan material reflektif serta aksen warna emas yang diterapkan di area ruang tamu dan kamar tidur. Didukung pencahayaan warm light, suasana apartemen menjadi lebih hangat dan homey.




Baca juga, Desain Rumah Mewah 150 M2 seperti Hotel? Ini Tipsnya


Another camouflage trick!

Beranjak ke area kamar tidur, elemen kamuflase turut hadir pada pintu geser kamar mandi. Permintaan pemilik yang menginginkan kamar mandi diubah total dari nuansa krem menjadi lebih maskulin dan elegan diwujudkan desainer dengan mengganti semua material menjadi marmer hitam. Pintu ini memakai black glass mirror dan ditutupi dengan panel laser cutting bermotif geometri. Dengan demikian orang dari luar tidak bisa melihat kegiatan dalam kamar mandi. Namun kebalikannya orang dari dalam dengan leluasa bisa melihat ke luar.






Berdasarkan artikel dalam majalah Bravacasa edisi Desember 2015 – Januari 2016 oleh Kiki Pakaya.
Sumber foto: Saeffie Adjie Badas / CASA Indonesia