Hai! Minggu ini nampaknya akan dipenuhi banyak tanggal merah dan bisa mengambil cuti di tengah minggu sehingga bisa berlibur seminggu penuh. Coba cek tanggalan Anda dan siap terkejut dengan banyaknya hari libur di pertengahan bulan Agustus ini. Mengawali pekan dengan libur Hari Kemerdekaan yang ke-75, menikmati alam Indonesia rasanya bisa menjadi cara untuk menikmati mencintai bangsa dan kian semangat melalui masa pandemi ini. Sebagian besar masyarakat memang masih ragu untuk berlibur jarak jauh karena pandemi Covid-19 memang masih merebak di sekitar kita. Oleh karena itu, CASA Indonesia mengajak Anda untuk menyambangi destinasi wisata alam yang jaraknya terbilang dekat dari Jakarta.

Selain kawasan Puncak yang masih menyimpan pesonanya sendiri (klik link ini untuk melihat hotel di Puncak dengan pemandangan mekajubkan!), kawasan Sentul dan Bogor ternyata mempunyai harta karun alam yaitu curug atau air terjun. Masyarakat Bogor sendiri juga menyebut curug dengan sebutan leuwi. Mengisi libur akhir pekan yang panjang kali ini, CASA Indonesia memilih 10 curug terindah di kawasan Bogor, Sentul, dan Puncak yang harus Anda datangi sambil menghirup segarnya alam pegunungan. Tapi ingat, tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga kebersihan dengan bertanggung jawab pada sampah sendiri ya!





Curug Ciburial

Curug Ciburial termasuk dalam satu lokasi curug Babakan Madang.Curug Ciburial terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan, Bogor. Curug ini lokasinya terbilang tidak jauh dari pusat kota Bogor dengan jarak sekitar 15 km. Anda dapat menyambangi curug Ciburial dan curug lainnya yang terdapat dalam lokasi curug Babakan Madang dengan keindahan yang berbeda-beda.


Curug Babakan Madang (Foto: Instagram @omanhomsa)

Curug Ciburial (Foto: Instagram @abee_aries)


Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo Bogor mengalir di sungai Cileungsi. Salah satu daya tarik utamanya adalah sumber air dengan air yang jernih. Hal ini menyebabkan kolam di air terjun ini menarik perhatian pengunjung untuk bermain air sambil berenang dan mandi di sekitar lokasi curug.

Selain curug Leuwi Hejo, di sekitar lokasi curug ini juga terdapat curug lainnya yang bisa dikunjungi yaitu Curug Cepet, Curug Leuwi Lieuk dan juga Curug Leuwi Bagon. Curug Leuwi Hejo berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor. Lokasi wisata alam yang indah ini berjarak 10 kilometer dari pusat kota Bogor. Jarak tersebut memakan waktu kurang lebih 20 sampai 45 menit. Dari area parkir kendaraan, pengunjung perlu berjalan kaki alias trekking untuk bisa sampai di Curug Leuwi Hejo. Trekking ini akan menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Sepanjang jalur trekking, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Curug Luewi Hejo (Foto: Instagram @aditia.putra)

Curug Leuwi Lieuk (Foto: Instagram @abie.bette)


Lembah Tepus

Lembah Tepus merupakan sebuah kolam renang yang tempatnya masih menyatu dengan alam. Terdapat dua kolam berbeda yakni khusus untuk anak-anak dan orang dewasa. Tempat ini masih berada dalam kawasan Wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kolam alami Lembah Tepus ini berada di Kampung Pasir Rengit tepatnya di Jalan Gunung Bunder, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor Jawa Barat. Wisata ini terbilang sangat mudah diakses karena hanya sekitar 20 kilometer dari Gerbang Tol Sentul City.

Lembah Tepus (Foto: Instagram @hadjukemal)


Curug Kondang

Curug Kondang tadinya dikenal dengan nama Curug Ngumpet karena lokasinya yang tersembunyi. Namun, setelah namanya tersohor di dunia pariwisata, Curug Ngumpet berganti nama menjadi curug Kondang yang artinya terkenal. Lokasi curug Kondang berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan jarak sekitar 38 km dari pusat kota Bogor. Sejak memasuki lokasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang dinaungi hutan pinus, Anda masih harus naik sekitar 2 km untuk sampai ke curug Kondang.



Curug Kondang (Foto: Instagram @abee_aries)


Curug Balong Endah

Curug Balong Endah merupakan salah satu primadona dari curug-curug yang ada di kawasan Bogor. Karena terbilang luas dengan beberapa kolam curug, Balong Endah menjadi favorit wisatawan beragam usia untuk bermain air. Sama seperti curug Kondang, curug Balong Endah juga terletak di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dengan jarak sekitar 38 km dari kota Bogor. Anda dapat menemukan lokasi persis curug Balong Endah dengan aplikasi peta dan begitu memasuki area Taman Nasional, penanda lokasi curug Balong Endah juga mudah ditemui. Selain itu, banyak juga curug-curug lain di sekitar Taman Nasional yang layak dikunjungi.

Curug Balong Endah (Foto: Instagram @danielarganesha)

Curug Cikuluwung (Foto: Instagram @hadjukemal)


Curug Ciampea

Curug berada di lereng barat laut Gunung Salak, tepatnya di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Air Curug sangat jernih dan dingin. Terdapat kolam atau lubuk dengan kedalaman maksimal tiga meter.

Ada dua pilihan rute jika dimulai dari titik keberangkatan Kebun Raya Bogor, yang pertama lewat Ciapus atau kedua lewat IPB Dramaga - Ciampea. Kedua rute itu akan bertemu di pertigaan Terminal Tumaritis di Tenjolaya, tinggal 3 kilometer lagi menuju pintu gerbang Curug Ciampea. Kalau lewat Ciapus, arahkan kedaraan bermotor menuju Curug Luhur, rute yang dilewati berbukit di punggungan utara Gunung Salak. Sesampai di Curug Luhur, terus lagi arahkan ke pertigaan Terminal Tumaritis, Desa Tapos I, Tenjolaya. Untuk menuju Curug Ciampea belok kiri tak jauh dari pertigaan tersebut.

Sedangkan lewat IPB Dramaga - Ciampea, lalu lintas biasanya sering mengalami kemacetan parah di arah Terminal Bubulak hingga Kampus IPB. Setelah sampai di Ciampea, sebelum bukit kapus/karst, belok ke kiri arah Terminal Tumaritis, Tenjolaya. Dari pertigaan Terminal Tumaritis, jalan beton sedikit rusak menanjak sekitar 1 kilometer, selebihnya jalan aspal mulus tapi sempit membelah persawahan hingga menuju pintu masuk Curug Ciampea, harap berhati-hati menggunakan mobil saat berpapasan. Dari pintu masuk sekaligus loket, kita harus trekking ke curug sejauh 1.5 kilometer dengan lama tempuh sekitar 30 - 45 menit.

Curug Ciampea (Foto: Instagram @harunarrasyid18)


Curug Bidadari (Foto: Instagram @999muhamadyusuf)