Seiring berkembangnya zaman, keadaan pun mendorong tren baru pada generasi muda. Kini, tempat tinggal seperti apartemen sudah lebih digemari daripada rumah residensial. Sementara lahan yang menyempit menghasilkan rumah-rumah yang berukuran semakin kecil.




Rumah karya James Warren / homestolove.co.nz


Luas tempat tinggal umum semakin sempit, termasuk kamar tidur. Tapi lebih sempit bukan berarti kalah nyaman! Beberapa tips dekor berikut akan membuat kamar tidur yang sempit terasa senyaman mungkin. 


1. Furnitur Multifungsi : Memenuhi Banyak Kebutuhan dalam Area Kecil

Salah satu kunci utama untuk menjaga kenyamanan kamar yang sempit adalah furnitur multifungsi. Contohnya tempat tidur yang memiliki lemari dan laci penyimpanan dibawahnya. Menggabungkan beberapa fungsi dalam satu furnitur akan mengurangi jumlah barang yang harus muat di satu kamar.


6 Ide Dekor Untuk Kamar Tidur Kecil CASA Indonesia 1

Balázs Glódi / Living.corriere.it

Tempat tidur seperti ini akan mengurangi kebutuhan tempat penyimpanan sehingga kamar tidur tidak perlu dipersempit oleh lemari atau laci yang terpisah. Dengan begini, area yang masih kosong dapat dipergunakan untuk kebutuhan lain seperti meja rias. 

2. Menghemat Ruang dengan Mezanin

Cara lain untuk menghemat ruang kamar tidur adalah menggunakan mezanin. Dengan meletakkan sebagian furnitur pada mezanin, area lantai dibawah mezanin masih kosong dan dapat digunakan untuk barang lain. Contoh efektif ide ini adalah meletakkan kasur pada mezanin karena tempat tidur merupakan furnitur terbesar kamar tidur.


6 Ide Dekor Untuk Kamar Tidur Kecil Casa Indonesia 2

Mezanin kamar tidur / Leroy Merlin

Selain itu, jika mezanin hanyak digunakan sebagai area tidur, maka tinggi langit-langit tidak menjadi kendala besar. Cukup menyisakan ruang yang memadai tinggi badan agar tidak akan terbentur saat bangun. Jadi sekarang area dibawah mezanin masih kosong dan dapat digunakan untuk hal lain seperti lemari, sofa, atau meja belajar tanpa membuat kamar menjadi sempit. 




Baca juga : 10 Desain Kamar Tidur Mungil dan Minimalis


3. Dinding Aksen untuk Kamar Tidur Berkarakter

Banyak orang segan memberi warna selain pastel untuk kamar tidur yang sempit. Memang warna terang memberi kesan yang lebih luas, tetapi bukan berarti tidak boleh menggunakan warna lain. Warna gelap juga dapat terlihat bagus pada dinding kamar yang kecil, dengan dekorasi yang terang untuk menyeimbangi dan menghindari kesan sempit.


6 Ide Dekor Untuk Kamar Tidur Kecil CASA Indonesia 3



Foto & Desain Interior : Lauren / Reside Design 

Bagi para penyuka warna, dinding aksen adalah ide yang cocok! Memberi motif indah atau cat berwarna pada satu dinding dapat benar-benar memberi karakter kepada kamar tidur. Kesan sempit mudah dihiindari dengan menggunakan dekorasi yang terang untuk menyeimbangi warna dinding aksen yang gelap.


4. Kesan Kamar Luas dengan Menggunakan Cermin

Memasang cermin besar di kamar tidur adalah salah satu cara untuk memberi kesan yang luas. Untuk sebuah kamar tidur yang sempit, cermin full body adalah pilihan yang tepat. Semakin besar permukaan cermin, semakin luas juga tampilan kamar.


6 Ide Dekor Untuk Kamar Tidur Kecil Casa Indonesia 4

Cermin kamar tidur / Tua Casa


Selain memberi ilusi kamar yang lebih luas, sebuah cermin juga dapat memantulkan cahaya lampu sehingga kamar terkesan lebih terang.


Baca juga : 15 Kombinasi Warna Cat Kamar Tidur


5. Kamar Tidur Terlihat Megah Tanpa Dipan Kasur

Gaya peletakkan kasur di lantai memang merupakan suatu trend tersendiri. Dalam kamar tidur berukuran kecil, terutama dengan langit-langit yang rendah, meletakkan kasur di lantai tanpa dipan dapat menjadi gaya yang cocok.


6 Ide Dekor Untuk Kamar Tidur Kecil CASA Indonesia 5

Arsitek : Aranza de Arino & Claudio Sodi

Menghilangkan dipan juga berarti mengurangi tinggi tempat tidur, sehingga akan membuat langit-langit terlihat lebih tinggi juga. Tampilan tersebut dapat menghasilkan kesan kamar tidur yang terasa sedikit lebih luas. Tentunya dengan menggunakan kasur tanpa dipan, beberapa furnitur lain harus disesuaikan dengan tinggi kasur.


6. Penyimpanan Rapi dan Ringkas dengan Built-in Storage

Cara utama untuk penggunaan ruang yang efisien adalah dengan furnitur built-in. Kamar tidur yang sempit biasanya kurang nyaman karena penuh dengan banyak barang. Tapi tenang, dengan menggunakan sebanyak mungkin area dinding untuk penyimpanan built-in, kamar tidur akan menjadi jauh lebih efisien dan nyaman!


6 Ide Dekor Untuk Kamar Tidur Kecil Casa Indonesia 6

Built-in storage / Domino Magazine

Furnitur built-in sangat cocok untuk kamar yang kecil karena sifatnya yang menyatu dengan ruang dan tidak memiliki tampak berantakkan. Bahkan, ketika menggunakan satu bidang dinding penuh untuk furnitur built-in, akan menimbulkan ilusi dinding baru seolah-olah area dinding itu masih kosong.


6 Ide Dekor Untuk Kamar Tidur Kecil CASA Indonesia 7

Built-in storage / IKEA


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : IKEA