Memiliki rumah yang kecil bukan berarti tidak ada ruang untuk kolam renang. Ada berbagai cara untuk memasukkan kolam renang ke ruang yang sempit. Berikut 11 ide dan inspirasi kolam renang untuk area-area sempit dan bagaimana membuatnya terlihat indah!


1. Mengganti Area Taman dengan Kolam Renang yang Asri

Pada rumah-rumah kecil, kebanyakan orang merasa harus memilih antara taman dan kolam renang karena ruang yang terbatas. Tetapi, dengan peletakkan yang strategis, keduanya dapat dimuat kedalam area yang kecil sekalipun.


11 Ide Unik Kolam Renang Untuk Rumah Kecil CASA Indonesia 1

Casa e Jardim


Tips dari CASA Indonesia : Gantikan area taman dan kebun dengan vertical garden, dimana tanaman diposisikan vertikal pada dinding. Jadinya, permukaan tanah yang masih kosong dapat digunakan untuk kolam renang. Selain peletakkan yang strategis, cara ini juga menghasilkan pemandangan area kolam renang yang asri. 


2. Plunge Pool yang Cocok untuk Bersantai

Rumah yang kecil mungkin tidak memiliki ruang yang cukup untuk kolam renang biasa. Sebagai alternatif, plunge pool merupakan ide yang cocok! Plunge pool adalah jenis kolam renang kecil yang kegunaannya untuk bersantai, bukan berolahraga.


11 Ide Unik Kolam Renang Untuk Rumah Kecil CASA Indonesia 2

DigsDigs


Tips dari CASA Indonesia : Plunge pool cocok untuk rumah yang kecil karena tidak memakan banyak ruang seperti kolam renang biasa. Dengan plunge pool, desain juga dapat lebih leluasa dan kreatif karena ukurannya yang kecil. Contohnya, plunge pool berbentuk lingkaran yang cocok untuk duduk melingkar saat bersantai bersama keluarga.


3. Kolam Renang yang Berdempetan dengan Dinding

Kebanyakan sisa area kosong berada di dekat dinding. Beberapa pojok rumah dimana tidak ada furnitur yang menempel kepada dinding biasanya menjadi ruang kosong yang tidak terpakai.


11 ide unik kolam renang untuk rumah kecil casa indonesia 3

digsdigs


tips dari casa indonesia : daripada mengisinya dengan barang-barang yang tidak berguna, area kosong tersebut dapat digunakan untuk kolam renang. meletakkan kolam renang berdempetan dengan dinding juga berfungsi untuk menghemat ruang.


baca juga : 9 inspirasi desain kolam renang


4. pinggiran batu untuk kesan kolam renang yang alami

rumah yang kecil biasanya hanya memiliki sisa area untuk kolam renang di taman belakang. kolam yang dikelilingi tanaman lebih indah jika diberi pinggiran khusus. selain itu, tidak semua orang menyukai tampilan kolam renang yang berdempetan dengan dinding.


11 Ide Unik Kolam Renang Untuk Rumah Kecil CASA Indonesia 4

DigsDigs


Tips dari CASA Indonesia : Berikan pinggiran batu pada kolam renang. Pinggiran batu akan tampak indah dan alami saat bertemu dengan rerumputan. Pinggiran batu juga memberi batas yang terasa alami antara kolam renang dan dinding agar tidak terlihat berdempetan langsung. 


5. Kolam Renang Indoor  Sebagai Bagian dari Ruang Keluarga

Beberapa rumah yang kecil mungkin tidak memiliki taman atau kebun. Kolam renang tidak harus diletakkan diluar, tetapi bisa juga didalam rumah. 


11 Ide Unik Kolam Renang Untuk Rumah Kecil CASA Indonesia 5

Apartemen oleh Aquiles Jarrin


Tips dari CASA Indonesia : Letakkan kolam renang dekat area keluarga. Rumah yang kecil umumnya tidak memiliki area khusus kolam renang indoor, maka kolam dapat dijadikan bagian dari salah satu ruangan rumah. Pada ruang keluarga, kolam renang kecil cocok diposisikan sebagai salah satu titik berkumpul keluarga. 


6. Kolam Renang Bisa Menjadi Ceiling yang Unik

Kolam renang indoor dapat diletakkan dimana saja didalam rumah, termasuk di lantai dua. 


11 ide unik kolam renang untuk rumah kecil casa indonesia 6



secret lives of the rich 


tips dari casa indonesia : letakkan kolam renang di lantai dua rumah dan berikan lantai kaca yang terlihat dari ruangan di bawah kolam renang. dengan desain seperti ini, ruangan di bawah kolam renang akan memiliki langit-langit unik bersuasana air kolam renang. bahkan, orang di ruangan bawah akan bisa melihat orang yang sedang berenang di atas.


baca juga : kolam renang di ruang keluarga, kok bisa?


7. gunakan kolam renang sebagai pembatas ruangan

kolam renang indoor di rumah yang kecil tidak perlu memiliki area khusus sendiri. justru, kolam renang dapat digunakan untuk mengisi ruang yang kosong.


11 Ide Unik Kolam Renang Untuk Rumah Kecil CASA Indonesia 7

Founterior


Tips dari CASA Indonesia : Letakkan kolam renang diantara area berbeda sebagai pembatas. Selain mempergunakan kolam renang dengan strategis, peletakkan ini juga menghemat ruang! 


8. Kolam Renang Kecil Tampak Istimewa dengan Air Terjun Hiasan

Rumah yang kecil tentu tidak memiliki banyak ruang untuk kolam renang. Tetapi, kolam renang yang berukuran kecil juga dapat terlihat indah.


11 Ide Unik Kolam Renang Untuk Rumah Kecil CASA Indonesia 8

DigDigs


Tips dari CASA Indonesia : Berikan air terjun buatan sebagai hiasan untuk kolam renang yang kecil. Dekorasi ini akan langsung memberi kolam renang yang kecil sekalipun tampilan yang indah dan menawan.

 

9. Infinity Pool yang Tampak Mewah dan Hemat Ruang

Rumah yang terletak di tanah yang lebih tinggi dari area sekitarnya cocok diberikan infinity pool, yaitu kolam renang yang bagian tepinya dirancang seolah menghilang tanpa batas.


11 ide unik kolam renang untuk rumah kecil casa indonesia 9

premier pools & spas


tips dari casa indonesia : letakkan infinity pool di bagin ujung rumah yang menghadap ke pemandangan langit yang luas atau bahkan ke laut. infinity pool memiliki kesan yang mewah dan elegan, terutama saat bagian tepi terlihat seolah menyatu dengan pemandangan di hadapannya.


San Diego Pools


Baca juga :  Buat Rumah Sejuk! Ini 12 Inspirasi Desain Kolam Ikan


10. Tampilan Kolam Renang Unik dengan Glass Edge

Kolam renang yang kecil sekalipun dapat terlihat indah dan unik dengan desain yang baik.


11 Ide Unik Kolam Renang Untuk Rumah Kecil CASA Indonesia 11

Diamond Spas


Tips dari CASA Indonesia : Rancang kolam renang diatas permukaan tanah dengan dinding kaca. Dengan begitu, kolam renang sederhana di taman belakang pun dapat terlihat menarik dan elegan.

 

11. Whirlpool Sebagai Alternatif Seru Kolam Renang

Kolam renang memang umumnya memakan tempat karena tidak bisa dirancang terlalu kecil tanpa jadi membosankan. Tapi tenang, ada pilihan lain untuk kolam yang seru dan lebih hemat ruang, yaitu whirlpool!


11 Ide Unik Kolam Renang Untuk Rumah Kecil CASA Indonesia 12

Eduardo Calvo

Tips dari CASA Indonesia : Berikan sebuah whirlpool di bagian rumah yang masih kosong sebagai pengganti kolam renang. Dengan memilih whirlpool, rumah akan memiliki spot yang mengasyikkan untuk berendam tanpa memakan terlalu banyak ruang!


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : Dea Sian