Sampai saat ini, virus Covid-19 masih terus menyebar di seluruh dunia. Kasus Covid-19 di Indonesia naik dengan jumlah yang signifikan setiap harinya. Virus yang lebih dikenal dengan nama virus korona ini bukan satu-satunya virus yang disebabkan oleh mikroorganisme. Di Indonesia sendiri saja, masih banyak penyakit menular lainnya yang timbul akibat mikroorganisme. 


Sebagai upaya untuk melawan virus ini serta meningkatkan keamanan dan kesehatan masyarakat, Signify telah mengembangkan sebuah teknologi yang dapat membantu menghentikan persebaran virus Covid-19. Signify yang merupakan salah satu perintis bidang teknologi pencahayaan terdepan di dunia telah mengembangkan produk ini melalui riset yang luas mengenai sinar UV dan dampaknya kepada manusia serta berbagai mikroorganisme. 




Teknologi Sinar UV-C Inovasi Signify ini Basmi Covid-19 CASA Indonesia 1


Dalam rangka memperkenalkan teknologi ini, Signify mengadakan diskusi virtual bersama beberapa pembicara ahli untuk menjelaskan mekanisme kerja produk. Melalui riset panjang yang telah dilakukan oleh tim di Signify, ditemukan bahwa sinar UV-C dapat digunakan untuk melawan virus dengan menyerang mikroorganisme di dalamnya. Signify berhasil mengembangkan teknologi pencahayaan UV-C yang dapat membasmi virus Covid-19.


Teknologi pencahyaan UV-C ini mematikan virus dengan menggunakan gelombang elektromagnetik dengan panjang 254nm. Gelombang ini sangat efektif untuk menembus dinding sel agar dapat menguraikan serta melumpuhkan DNA dan RNA mikroorganisme sehingga tidak dapat bereproduksi kembali. Dengan begitu, virus akan berhenti berkembang dan akan mati dengan sendirinya. 


Teknologi Sinar UV-C Inovasi Signify ini Basmi Covid-19 CASA Indonesia 2




Teknologi sinar UV-C ini memiliki beberapa prosedur keamanan yang harus diperhatikan. Efek disinfeksi yang diharapkan akan tercapai dengan dosis paparan yang tepat. Dosis paparan sinar UV-C dipengaruhi oleh daya sumber cahaya, banyak cahaya, jarak sumber cahaya dengan objek, serta lama penyinaran. Produk ini harus digunakan dengan hati-hati karena cahaya UV-C dapat berbahaya bagi kulit dan mata manusia. 


Penemuan teknologi ini harus tetap disertai kesadaran masyarakat, baik saat membeli produk Signify ini maupun saat menyikapi pandemi dalam kesehariannya. Masyarakat yang akan membeli teknologi sinar UV-C harus ingat untuk terus berhati-hati dan menjaga kesadaran diri.


Masyarakat patut menjaga keselamatan dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin dari sumber yang kredibel, membaca label dan petunjuk pemakaian serta keselamatan, dan melakukan pengaduan ke produsen jika produk yang diterima tidak sesuai. Selain itu, masyarakat juga harus selalu mejaga sikap keseharian dalam menghadapi pandemi yaitu terus mengikuti protokol kesehatan dengan patuh dan konsisten.


Teknologi Sinar UV-C Inovasi Signify ini Basmi Covid-19 CASA Indonesia 2


Teks oleh : Bella Aqilah Suhard
Sumber foto : dok. Signify