Apakah Anda berencana untuk mengisi ruang kosong pada dinding rumah? Jika iya, mungkin Anda bisa menempatkan kolase bingkai foto. Ini adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghias dinding agar tampak lebih estetik. Tak hanya itu saja, menempatkan kolase bingkai foto pada dinding rumah juga bisa membuat Anda bernostalgia. 


Namun sayangnya, asal dalam menempatkan kolase bingkai foto justru dapat membuat ruangan tampak lebih berantakan, lebih sempit, dan tidak menawan. Oleh karena itu, Casa Indonesia telah merangkum beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyusun kolase bingkai foto agar terlihat lebih estetik. 




1. Susun Bingkai Foto Secara Sejajar

kolase bingkai foto

                                                        (Kolase bingkai foto. Foto: Dok. Beach Pretty/Pinterest)


Anda dapat menyusun bingkai-bingkai foto secara sejajar. Ini akan membuat ruang kosong pada dinding tampak lebih estetik dan menawan. Pastikan untuk tidak menempatkan terlalu banyak bingkai foto pada satu dinding agar keseluruhan ruangan tidak tampak berat sebelah. Sebagai tambahan, Anda bisa meletakkan sofa panjang tanpa sandaran dan beberapa bantal sofa untuk memberikan kesan cozy pada area rumah tersebut. 


2. Susun Bingkai Foto Paling Besar Di Tengah

kolase bingkai foto

                                                          (Kolase bingkai foto. Foto: Dok. John Lewis/Pinterest)


Selain dapat menyusun bingkai foto secara sejajar, Anda juga bisa menyusun bingkai foto dimana bingkai foto paling besar diletakkan di tengah. Tentukan foto yang ingin dijadikan center piece atau foto yang dijadikan pusat perhatian.


3. Kelompokan Foto Berdasarkan Warna atau Tema

kolase bingkai foto

                                                                    (Kolase bingkai foto. Foto: Dok. Etsy/Pinterest)




Anda dapat menyusun bingkai-bingkai foto berdasarkan warna bingkai, tema foto atau tone foto yang sama, semisal foto monokrom (hitam-putih). Hal ini akan membuat kumpulan foto lebih terlihat terkoordinasi, lebih rapi, dan tidak berantakan.


4. Menata Sesuai dengan Bentuk yang Diinginkan

kolase bingkai foto

                                                        (Kolase bingkai foto. Foto: Dok. Way Fair/Pinterest)


Anda tidak hanya bisa menyusun bingkai-bingkai foto secara sejajar, dengan bentuk persegi atau persegi panjang saja, lho! Anda bisa menyusun bingkai foto sesuai dengan bentuk yang diinginkan, seperti membentuk segitiga, hati, lingkaran, atau bentuk-bentuk lainnya.


5. Menyusun Bingkai Foto Sesuai dengan Kondisi Ruangan

Kolase bingkai foto

                                            (Kolase Bingai Foto. Foto & Desain Interior: Amanda Coakley (@floraandfont)


Susun bingkai foto menyesuaikan dengan kondisi ruangan atau posisi dinding untuk memasang kolase bingkai foto. Semisal, Anda ingin memasang kolase bingkai foto di dinding tangga, susun foto menyesuaikan dinding kosong pada tangga, sehingga seluruh area dinding tampak lebih menawan. Sementara itu, semisal Anda ingin menyusun bingkai foto di atas sofa ruang tamu, pastikan untuk memberikan jarak antara sofa dengan foto agar Anda dan orang-orang bisa duduk dengan nyaman tanpa mengenai foto.


(Foto teaser: Manuel Sá Arsitek: Byn Studio)