Tahukah Anda bahwa arsitek Kengo Kuma menggunakan kombinasi kerangka kayu dan besi pada Japan National Stadium? Selain stadion utama untuk Olimpiade Tokyo 2020 itu, ada bangunan lain yang juga menggunakan kayu sebagai material utamanya.

Bangunan tersebut adalah Village Plaza, sebuah pusat fasilitas atlet olimpiade yang berlokasi di dalam area Olympic Village. Gedung seluas 5300 meter persegi ini dibangun sepenuhnya menggunakan kayu lokal yang secara spesial didatangkan dari 63 daerah di seluruh Jepang. Sebagian besar kayu ini merupakan jenis larch, Japanese cedar, dan Japanese cypress





Wow 63 Tipe Kayu Lokal Jepang Di Fasilitas Atlet Olimpiade 2

Wow 63 Tipe Kayu Lokal Jepang Di Fasilitas Atlet Olimpiade 3


Baca juga, Venue Skateboarding, Pertama Hadir di Olimpiade Tokyo 2020!


Tiap potongan kayu berjumlah 40.000 buah tampak diberi tulisan nama yang menandakan nama daerah yang turut menyumbangkan material bagi fasilitas ini. Penggunaan material ini merupakan program pemerintah Jepang yang disebut operasi BATON (Building Athletes’ Village with Timber of The Nation)


Wow 63 Tipe Kayu Lokal Jepang Di Fasilitas Atlet Olimpiade 4

Wow 63 Tipe Kayu Lokal Jepang Di Fasilitas Atlet Olimpiade 5


Baca juga, Yuk Lihat Rumah Atlet Indonesia Selama Olimpiade Tokyo 2020




Village Plaza hadir sebagai pusat kegiatan di Olympic Village yang menyediakan pusat media, café, general store, bank, salon, hingga klinik kesehatan. Salah satu hal favorit bagi atlit dan staff di Village Plaza adalah berbelanja merchandise Olimpiade Tokyo 2020 bergambar mascot Miraitowa dan Someity seperti yang diceritakan peraih emas dalam cabang Men's Synchronized 10 m platform, Tom Daley, dalam salah satu vlog nya.


Wow 63 Tipe Kayu Lokal Jepang Di Fasilitas Atlet Olimpiade 6


Usai pertandingan olimpiade, kayu-kayu lokal ini akan dibongkar dan dikembalikan ke tiap daerah. Setelah itu, kayu ini dapat didonasikan untuk digunakan kembali dalam membangun fasilitas lokal seperti, public bench ataupun bagian dari gedung sekolah.




Sumber Foto: Olympics