Siapa yang termasuk dalam kelompok orang yang butuh kopi biar otak lebih on fire saat kerja?

Jika sebelum pandemi, Anda bisa dengan mudah mampir ke coffee shop favorit untuk take away kopi favorit. Kini dengan segala pembatasan mobilisasi selama pandemi, saatnya untuk mempertimbangkan kebiasaan lain untuk memenuhi kebutuhan ini. Salah satunya adalah memiliki coffee maker pribadi yang siap digunakan untuk menyuguhkan kopi penuh aroma nikmat selama di rumah saja.

Saat berpikir untuk memiliki sebuah coffee maker, Anda tak perlu terpaku dengan alat dengan kompleksitas tinggi yang kerap digunakan oleh barista di coffee shop. Beragam tipe dan bentuk coffee maker telah hadir di pasaran dan bahkan ada yang termasuk mudah digunakan bagi newbie untuk home brewing.


Baca Ini Dulu Biar Tidak Bingung Pilih Coffee Maker Di Rumah 2

Momoze


Baca juga, Suka Bikin Konten Home Café? Beli Gelas Estetiknya Di Sini


Ketimbang tergoda atau terpengaruh dengan coffee maker instagrammable yang pernah dilihat saat browsing sosial media, sebaiknya pahami dahulu kebiasaan dan kesukaan Anda sendiri. Apakah Anda memiliki cukup waktu untuk meracik secara manual sembari menuang air panas dari ketel dalam pour over set atau justru butuh kopi dengan cepat sehingga single-serve coffee maker terasa sudah cukup?

Daripada bingung dan justru membeli barang yang tidak sesuai, yuk baca ulasan ini dulu sebelum pilih coffee maker terbaik untuk Anda.


Single-Serve Coffee Maker

Bagi yang butuh quick fix berupa secangkir kopi sebelum beraktivitas, tipe coffee maker ini akan cocok untuk Anda. Kopi hadir dalam bentuk small pod yang dengan mudah dapat ditaruh pada alat guna menghasilkan secangkir kopi. Walaupun demikian, Anda musti rajin mengisi ulang air serta memiliki suplai coffee pod yang mencukupi. Beberapa brand populer di Indonesia yang bisa Anda coba adalah seperti Nespresso dan Excelso.


Baca Ini Dulu Biar Tidak Bingung Pilih Coffee Maker Di Rumah 3

Nespresso


Baca juga, Pecinta Kopi: Belum Lengkap Kalau Belum Punya Ini


Drip Coffee Maker

Jika Anda termasuk yang gemar bereksperimen dalam membuat racikan kopi favorit selama di rumah saja, maka Anda bisa mencoba memakai tipe drip coffee maker. Walaupun tidak sekompleks mesin di coffee shop, pengguna alat ini dapat dengan leluasa menentukan tipe biji kopi yang dikonsumsi (contohnya, light, medium, ataupun dark roast) serta racikan kopi sesuai selera. Contohnya saja Delonghi Icona Vintage yang dirilis oleh Otten Coffee.


Baca Ini Dulu Biar Tidak Bingung Pilih Coffee Maker Di Rumah 4

@anakjajan


Mesin Espresso

Black and intense! Penyuka espresso sebaiknya memilih untuk menggunakan mesin espresso khusus. Yang perlu diperhatikan sebelum membuat kopi adalah tipe mesin kopi ini membutuhkan biji kopi dark roast agar tetap menghasilkan racikan yang aromatik dan tidak terlalu asam. Dengan ouput single atau double shot dalam satu waktu, biji kopi sebaiknya telah diolah dengan coffee grinder sebelum mulai diracik dengan alat ini.




Baca Ini Dulu Biar Tidak Bingung Pilih Coffee Maker Di Rumah 5

Rocket Espresso


Baca juga, Cara Membuat Kopi dengan Penuh Gaya, Yuk Simak!


Metode Manual

Beberapa metode manual yang diminati adalah Pour Over, French Press, dan AeroPress. Alat-alat ini cocok digunakan bagi Anda yang ingin menikmati proses pembuatan kopi. Selain alat utama, Anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan lainnya, seperti tempat air panas dengan corong yang kecil, filter, grinder untuk biji kopi.


Baca Ini Dulu Biar Tidak Bingung Pilih Coffee Maker Di Rumah 6

Amazon Home



Jadi, tipe coffee maker manakah yang cocok bagi Anda?



Foto teaser: Cody Guilfoyle